Strategi Promosi Industri Jasa Perhotelan Melalui Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Pengunjung pada Era New Normal (Studi Kasus Pada Swissbel Resort Belitung)

Main Article Content

Yolinda Destyana
Roswita Oktavianti

Abstract

Covid-19 pandemic have an impact on Indonesia tourism.  This happen because government decided to ban all flights mid-February. Belitung is one of 34 provinces affected by Covid-19. Belitung Government had closed the airport for one month. The hotel was forced to close because there were no tourists / visitors. After reopening on 15 June 2020 all hotels starts to operate. This purpose of this research was to determine the promotion strategy of Swissbel Resort Belitung as one of the hospitality service industries in Belitung to increasing visitors through social media Instagram in the new normal era. The research method used in this study is a qualitative method with a case study approach. Interview, observation and documentation are technique to collect data for this research. This research shows that Swissbel Resort Belitung used free and paid Instagram features as a tool for promotion in the new normal era. Swissbel Resort Belitung uploads photos and videos to promote products and services they offer, they also used captions to provide information about the new normal program run by Swissbel Resort Belitung, used several Instagram features to interact with consumers and potential consumers. Swissbel Resort Belitung also used other Instagram features such as hashtags, geotags, insight and an Instagram for business account as their strategic to promote their products and services.

Kondisi pandemi Covid-19 memberikan dampak bagi pariwisata Indonesia. Hal ini sejalan dengan adanya larangan penerbangan antar negara yang mulai diberlakukan pada pertengahan Februari lalu. Belitung merupakan salah satu dari 34 provinsi yang terdampak Covid-19. Pemerintah Kabupaten Belitung sempat menutup bandara selama satu bulan. Hotel terpaksa tutup karena tidak ada wisatawan/pengunjung. Setelah dibuka kembali pada 15 Juni 2020  hotel kembali beroperasi. Penelitian ini mengangkat persoalan mengenai strategi promosi Swissbel Resort Belitung sebagai salah satu industri jasa perhotelan di Belitung dalam meningkatkan pengunjung melalui sosial media Instagram di era new normal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Studi kasus dilakukan pada Swissbel Resort Belitung. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa Swissbel Resort Belitung menggunakan fitur Instagram yang gratis maupun berbayar sebagai alat untuk promosi di era new normal. Swissbel Resort Belitung mengunggah foto maupun video untuk mempromosikan produk dan jasa yang ditawarkan. Swissbel Resort Belitung juga menggunakan caption untuk memberikan informasi mengenai program new normal yang dijalankan oleh Swissbel Resort Belitung. Tak hanya itu, Swissbel Resort Belitung menggunakan beberapa fitur Instagram untuk berinteraksi dengan konsumen serta calon konsumen dan menggunakan fitur Instagram lainnya seperti hashtag, geotag, insight serta akun Instagram for bussines sebagai strategi dalam mempromosikan produk dan jasa mereka.

Article Details

How to Cite
Destyana, Y., & Oktavianti, R. (2021). Strategi Promosi Industri Jasa Perhotelan Melalui Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Pengunjung pada Era New Normal (Studi Kasus Pada Swissbel Resort Belitung). Prologia, 5(2), 253–260. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10161
Section
Articles
Author Biographies

Yolinda Destyana, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Roswita Oktavianti, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV. Jejak (Jejak Publisher).

Bilqis, F. (2018). Penggunaan Instagram Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Klinik Kopi di Yogyakarta). Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Huey, L. S., & Yazdanifard, R. (2014). How Instagram Can Be Used As A Tool In Social Network Marketing. Doctoral Dissertation, Master's Thesis.

Nasution, M. F. (2014). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia SEI Mencirim Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 14(2).

Panggabean, A. P. (2017). Kualitas Interaksi Sosial antara Penjual dan Pembeli di Taman Pintar Book Store Yogyakarta. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2).

Pertiwi, W. K. (2019). https://tekno.kompas.com/read/2019/12/23/14020057/sebanyak-inikah-jumlah-pengguna-instagram-di-indonesia#:~:text=Jumlah%20tersebut%20naik%20tipis%20dari,yang%20mencapai%2049%2C2%20persen.

Rahman, I. A., & Panuju, R. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Fair N Pink Melalui Media Sosial Instagram. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(2), 214-224.

Romadhan, M. I., & Rusmana, D. S. (2017). Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Media Promosi Pariwisata Berbasis Partisipasi Masyarakat. Prosiding Seminar Dan Call For Paper Vol. 85, 90.

Sakti, N. W. (2020). https://money.kompas.com/read/2020/05/10/091500226/perekonomian-indonesia-pasca-pandemi-covid-19?page=all

Setiawati, M. C., & Rusdi, F. (2020). Strategi Penyanyi Cover di Media Sosial Instagram. Prologia, 264-271.

Simarmata, S. (2014). Media Baru, Ruang Publik Baru, dan Transformasi Komunikasi Politik di Indonesia. Jurnal Interact, 3(2), 18-36.

Tresnawati, Y., & Prasetyo, K. (2018). Pemetaan Konten Promosi Digital Bisnis Kuliner Kika's Catering di Media Sosial. PRofesi Humas, 3(1), 102-119.

Yulna, A. P. (2020). https://osc.medcom.id/community/melemahnya-perekonomian-indonesia-akibat-pandemi-covid-19-1107