Mengandung Bawang, Iklan Gojek Mengajak Masyarakat untuk Berbagi Kasih dan Tangis Kebahagiaan di Bulan Ramadan

Main Article Content

Calliana Apriani
Riris Loisa
Nigar Pandrianto

Abstract

Indonesia is a country that is rich of its diversity, race, ethnicity, ethnicity, and culture. According to data from Global Religious Futures in 2020, Muslims in Indonesia reached 229 million people or 87% of the total population of Indonesia. This shows the importance of Islam and all forms of traditions that exist in Indonesia, one of which is Ramadan. This study examines the meaning of creative messages in online transportation advertisements, namely the Gojek Ramadan 2021 advertisement "Contains Onion.” The analysis of this research uses a semiotics analysis of Roland Barthes version based on observation data, library data, and interview results. The results of this study indicates that color composition, and shooting techniques are very influential in attracting the attention of the audience and the emotions that are created. The word “Contais Onion” refers to the feeling of warmth and happiness felt from the efforts of the Indonesian people to send packages/gifts to celebrate Ramadan 2021. Gojek positions itself as a company that does not only sell services, but also acts as a bridge between every Indonesian citizen to spread love and happiness, in Ramadan 2021 by sending a “meaningful” stuff. This researcher suggests that creative people continue to provide meaningful messages that can broaden the perspectives/mindset of the Indonesian people through the creation of creative advertisements.


Indonesia merupakan negara yang kaya akan keberagaman, baik dari ras, etnis, hingga budaya. Menurut data Global Religious Futures pada tahun 2020, umat Islam di Indonesia mencapai 87% dari total penduduk Indonesia atau sebesar 229 juta jiwa. Hal ini menunjukkan pentingnya agama Islam dan segala bentuk tradisi yang terdapat di Indonesia, salah satunya bulan Ramadan. Penelitian ini mengkaji makna pesan kreatif pada iklan transportasi online, yaitu iklan Gojek Ramadan 2021 “Mengandung Bawang” melalui tanda-tanda yang terdapat didalamnya. Analisa penelitian menggunakan pisau analisa semiotika versi Roland Barthes berdasarkan data observasi, data kepustakaan, dan hasil wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komposisi warna, dan teknik pengambilan gambar sangat berpengaruh dalam menarik perhatian dan fokus penonton hingga emosi yang diciptakan. Kata “mengandung bawang” merujuk pada rasa hangat dan kebahagiaan yang dirasakan dari upaya masyarakat Indonesia untuk mengirim paket/hadiah dalam merayakan Ramadan 2021. Gojek menempatkan diri sebagai perusahaan yang tidak hanya menjual jasa, melainkan sebagai jembatan antara setiap masyarakat Indonesia untuk menebarkan kasih hingga kebahagiaan pada Ramadan 2021 dengan cara “kirim yang bermakna”.  Adapun saran yang dapat peneliti sampaikan adalah agar para insan kreatif terus memberikan makna dan pesan yang dapat memperluas perspektif masyarakat Indonesia melalui penciptaan iklan kreatif.

Article Details

How to Cite
Apriani, C., Loisa, R., & Pandrianto, N. (2022). Mengandung Bawang, Iklan Gojek Mengajak Masyarakat untuk Berbagi Kasih dan Tangis Kebahagiaan di Bulan Ramadan. Prologia, 6(2), 402–411. https://doi.org/10.24912/pr.v6i2.15596
Section
Articles

References

Antelope, S. (n.d.). (2016). Apa Itu Bokeh Dalam Fotografi Dan Videografi? <https://studioantelope.com/apa-itu-bokeh-dalam-fotografi-dan-videografi/>, diunduh tanggal 27 Oktober 2021

Aprilia, L., Candraningrum, D. A., & Pandrianto, N. (2019). Strategi Content Marketing Untuk Membangun Brand Awareness (Studi Kasus Video Aftermovie Djakarta Warehouse Project). Prologia, 3(1), 177.

Badara, A. (2014). Analisis Wacana: Teori, Metode, dan Penerapannya pada Wacana Media. Jakarta: Prenada Media.

Dyah, E. (2021). Luncurkan Kampanye Ramadhan, Gojek Ajak Jaga Hubungan Bermakna. <https://inet.detik.com/cyberlife/d-5524859/luncurkan-kampanye-ramadhan-gojek-ajak-jaga-hubungan-bermakna>, diunduh tanggal 20 September 2021

Fauziah, L. (2021). Bahasa Slang Penggemar Webtoon Pada Akun Instagram @linewebtoon.id. Bapala, 8(5), 153–164. <https://ejournal.unesa.ac.id/ index.php/bapala/article/view/41401>, diunduh tanggal 24 November 2021

Febrianita, R. (2021). Modul Abdimas Pelatihan Dasar Produksi Film. (May), 25.

Kholisdinuka, A. (2021). Ketua MPR Sebut 2050 Islam Jadi Agama Terbesar, Indonesia Punya Pengaruh. <https://news.detik.com/berita/d-5368116/ketua-mpr-sebut-2050-islam-jadi-agama-terbesar-indonesia-punya-pengaruh>, diunduh tanggal 6 September 2021

Kriyantono, R. (2018). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Prenada Kencana Media Group.

Monica, M., & Luzar, L. C. (2011). Efek Warna dalam Dunia Desain dan Periklanan. Humaniora, 2(2), 1084. <https://doi.org/10.21512/humaniora.v2i2.3158>, diunduh tanggal 10 November 2021

Noriega, O., & Sukendro, G. G. (2020). Satirisme Cerdas Iklan Djarum 76 Filter Gold Versi Caleg Cerdas (Analisis Semiotika Roland Barthes). Prologia, 4(1), 82–89.

Nugroho, B. D. S., & Nurfebiaraning, S. (2019). Makna Pesan Non Verbal dalam Iklan Tokopedia “Jadikan Ramadan Kesempatan Terbaik”. 4933–4944.

Pandrianto, N., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis Strategi Pesan Content Marketing untuk Mempertahankan Brand Engagement. Jurnal Komunikasi, 10(2), 167–176.

Putri, G. S. (2020). Misteri Tubuh Manusia: Kenapa Mengiris Bawang Bikin Menangis? <https://www.kompas.com/sains/read/2020/05/04/170000023/ misteri-tubuh-manusia--kenapa-mengiris-bawang-bikin-menangis-?page= all>, diunduh tanggal 22 November 2021

Samsu. (2017). Metode Penelitian: Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development. Jambi: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

Kurniawan, A. (2020). Makna Warna Hijau dan Fakta Terlengkap Perihal Warna Alami Ini! <https://klikhijau.com/read/makna-warna-hijau-dan-fakta-terlengkap-perihal-warna-alami-ini/>, diunduh tanggal 19 Desember 2021

Mantolas, S. (2016). Pink adalah Warna Maskulin. <https://tirto.id/pink-adalah-warna-maskulin-b5hP>, diunduh tanggal 19 Desember 2021