Representasi Nilai-Nilai Kepahlawanan Iklan Gojek (Studi Semiotika Iklan Gojek Versi Kamu-Gozali)
Main Article Content
Abstract
Along with developments, technology has also developed so that it can help carrying out various human activities especially those living in urban areas. Gojek is one of the the work of the nation’s children that provides services for ordering the first online motorcycle taxi in Indonesia. The ads presented by Gojek are also unique and have their own charm. Research purposes of this Gojek Versi Kamu – Gozali ads to find out the heroism values contained therein. The research method used is a qualitative approach with a descriptive type along with using Charles Sander Peirce's semiotics as an analysis technique. In this research, authors find a heroism values in Gojek Versi Kamu – Gozali ads are a sense of sacrifice, independence, equality shown by Gojek partners with their relationship to daily life.
Seiring perkembangan zaman, teknologi juga turut berkembang sehingga dapat memudahkan menjalankan berbagai aktivitas manusia terutama yang tinggal di daerah perkotaan. Gojek adalah salah satu aplikasi karya anak bangsa yang menyediakan layanan untuk memesan ojek secara online pertama di Indonesia. Iklan yang disajikan oleh Gojek juga unik dan mempunyai daya tarik tersendiri. Tujuan penulis melakukan penelitian terhadap iklan Gojek Versi Kamu - Gozali untuk mengetahui nilai-nilai kepahlawanan yang terdapat di dalamnya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif beserta menggunakan semiotik Charles Sander Peice sebagai teknik analisis. Dalam penelitian ini, ditemukan makna dan beberapa nilai-nilai kepahlawanan dalam iklan Gojek Versi Kamu – Gozali yaitu rasa rela berkorban, kemerdekaan, kesetaraan yang ditunjukkan oleh mitra Gojek dengan relasinya kepada kehidupan sehari-hari.
Article Details
References
Azwar, Idham. (2015). Konsep Multikultural Melalui Pendidikan Serta Implementasi Dalam Dunia Pendidikan di Indonesia. Universitas PGRI Pontianak, Jurnal Pendidikan Sosial. Vol.2, No.2. Desember 2015 : 2407-5299.
Budiyono, Kabul. (2007). Nilai-nilai Kepribadian dan Kejuangan Bangsa Indonesia. Bandung: Alfabeta.
Dev. (2019, April 7). 5 Iklan Gojek yang Kelewat Kreatif, Dari Kuntilanak Sampai Billboard. Oktober 07, 2019. https://kumparan.com/karjaid/5-iklan-gojek-yang-kelewat-kreatif-dari-kuntilanak-sampai-billboard-1qqJQblWz9r
Gojek. (n.d.). Situs resmi Gojek. September 04, 2019. https://www.gojek.com/about/
Hall, S., Evans, J., Nixon, S., (2013). Representation. United Kingdom: The Open University.
Kurniawan, Yudi A. (n.d.). Representasi Kepahlawanan Orang Jawa dalam Film Java Heat. Vol 3, No 4.
Kaparang, Olivia M. (2013). Analisa Gaya Hidup Remaja Dalam Mengitimasi Budaya Pop Korea Melalui Televisi. Vol.2, No.2.
Lantowa, J., Marahayu, Nila M., Khairussibyan, M. (2017). Semiotika: Teori, Metode dan Penerapannya dalam Penelitian Sastra. Yogyakarta: Deepublish.
Murdiono, Mukhamad. (2010). Strategi Internalisasi Nilai-nilai Moral Religius Dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Universitas Negeri Yogyakarta. Vol.3.
P.N.H Simanjuntak. (2007). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT.Grasindo.
Rohimin., Hasyim, Adelina., Nurmalisa, Yunisca. (2013). Pengaruh Tipe Kepemimpinan Aparat Terhadap Pengamalan Nilai Kebersamaan Masyarakat lingkungan 08 Kabupaten Tulang Bawang Barat. Vol.1, No.9.
Sari, Wulan P. (2015). Konflik Budaya Dalam Konstruksi Kecantikan Wanita Indonesia (Analisis Semiotika Dan Marxist Iklan Pond’s White Beauty Versi Gita Gutawa). Jurnal Komunikasi, Diakses tanggal 16 Januari 2020 di http://dx.doi.org/10.24912/jk.v7i2.18.
Sobur, Alex. (2009). Analisis Teks Media. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sobur, Alex. (2017). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Wibowo, Indiwan Seto Wahyu. (2011). Semiotika Komunikasi. Aplikasi Praktis Bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.