Peran Buzzer Politik dalam Aktivitas Kampanye di Media Sosial Twitter
Main Article Content
Abstract
Article Details
References
Abugaza, Anwar. (2013). Social Media Politica: Gerak Massa Tanpa Lembaga. Tangerang: PT Tali Writing & Publishing House.
Bungin, Burhan. (2011). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Data Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2017). Infografis: Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia. , diunduh tanggal 6 September 2018
Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ihsanuddin, & Fatimah Kartini Bohang. (2017). “Buzzer” Politik Diusulkan Jadi Profesi Terlarang di Indonesia. 22 Februari 2017. <https://tekno.kompas.com/read/2017/02/22/15170807/.buzzer.politik.diusulkan.jadi.profesi.terlarang.di.indonesia>, diunduh tanggal 4 September 2018
Jati, W. (2016). Aktivisme Kelas Menengah Berbasis Media Sosial: Munculnya Relawan dalam Pemilu 2014. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 20(2), 147-162. /*doi:http://dx.doi.org/10.22146/jsp.24795*/ doi:https://doi.org/10.22146/jsp.24795
Kominfo. (2013). Kominfo: Pengguna Internet di Indonesia 63 Juta Orang. 7 November 2013. <https://www.kominfo.go.id/content/detail/3415/kominfo-pengguna-internet-di-indonesia-63-juta-orang/0/berita_satker>, diunduh tanggal 2 September 2018.
Kriyantono, Rachmat. (2012). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Pernada Media Group.
KumparanNews. (2018). Suburnya Buzzer dan Berkembangnya Bisnis Penggiringan Opini. 5 September 2018. <https://kumparan.com/@kumparannews/suburnya-buzzer-dan berkembangnya-bisnis-penggiringan-opini-1536203838240146622>, diunduh tanggal 3 September 2018
Loisa, R., & Setyanto, Y. (2012). Mencari Bentuk Kampanye Politik Khas Indonesia: Pencitraan Berbasis Dimensi Budaya. (Online). <http://komunikasi.unsoed.ac.id/sites/default/files/52.RIRISLOISA_tarumanagara.pdf>, diakses 29 Desember 2018
Yuliahsari, D. (2016). Pemanfaatan Twitter Buzzer Untuk Meningkatkan Partisipasi Pemilih Muda dalam Pemilihan Umum. Jurnal The Messenger, 7(1), 41-48. doi:http://dx.doi.org/10.26623/themessenger.v7i1.288
https://en.oxforddictionaries.com/definition/buzzer diakses tanggal 2 September 2018