Sudut Pandang Media Online Dalam Pemberitaan Mengenai Gerakan Sosial (Analisis Pemberitaan Kompas.Com Mengenai Aksi Kamisan)

Yessica Yulia Kurniawan, Riris Loisa, Ahmad Junaidi
| Abstract views: 215

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai bagaimana sudut pandang yang dimiliki oleh sebuah media online dalam memberitakan mengenai suatu gerakan sosial Aksi Kamisan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan konsep-konsep tentang ideologi media, konstruksi realitas, framing dan jurnalisme makna dalam paradigma kritis. Metode yang digunakan yaitu analisis framing model Entman dengan empat perangkat utama yaitu Problem Identification, Causal Interpretation, Moral Evaluation, dan Treatment Recommendation. Hasil penelitian menunjukan bahwa ideologi humanis yang dimiliki dan dibangun oleh pemilik kompas.com mempengaruhi keseluruhan redaksi, sudut pandang, dan sikap para pekerja media dalam menanggapi suatu isu. Permasalahan mengenai isu HAM dalam Aksi Kamisan dianggap sebagai sesuatu yang wajib diketahui oleh masyarakat luas. Pemberitaan secara intens yang dilakukan kompas.com dalam membingkai dua pihak sebagai korban yaitu aktivis dan sebagai pelaku yaitu pemerintah menunjukkan bahwa ideologi dan konsep mengenai jurnalisme makna lebih diterapkan daripada Kode Etik Jurnalistik dalam keredaksian kompas.com. Hal ini mengakibatkan adanya sudut pandang kompas.com yang mendukung terhadap adanya gerakan sosial Aksi Kamisan.

Keywords

Sudut Pandang, Media Online, Gerakan Sosial

References

Eriyanto. (2012). Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: PT LkiS Pelangi Aksara.

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nazir, Mohammad. (2011). Metode Penelitian. Cetakan keenam. Bogor: Ghalia Indonesia.

Oetama, Jakob. (2009). Bersyukur dan Menggugat Diri. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Sobur, Alex. (2012). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Junaidi, Alex. (2017). Media dan Keberagaman: Analisis Pemberitaan Media Daring Seputar Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni Vol. 1, No. 1, April. Jakarta: Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Tarumanagara.

Loisa, Riris. (2009). Alat-alat Propaganda di Dalam Iklan Para Calon Presiden. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara Tahun I, Vol 01. Jakarta: Universitas Tarumanagara.

Aksi Kamisan. (2014). Tentang Aksi Kamisan. Retrieved December 18, 2017, from Aksi Kamisan: http://www.aksikamisan.net/tentang/

Copyright (c) 2018 Koneksi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.