Komunikasi Pedagogi dalam Pengembangan Diri Siswa-Siswi SMA

Main Article Content

Mayciel Chen
Riris Loisa

Abstract

Komunikasi merupakan unsur penting dalam pedagogi. Namun, terkadang pesan yang disampaikan guru sebagai komunikator, ditafsirkan berbeda oleh siswa sebagai komunikan. Padahal, pedagogi tak hanya sebatas komunikasi akademis, tetapi juga untuk pengembangan diri siswa-siswi. Perumusan penelitian ialah memahami bagaimana komunikasi pedagogi dalam pengembangan diri siswa-siswi SMA. Melalui teori komunikasi, yang dipadukan dengan pedagogi, dan pengembangan diri siswa-siswi SMA. Penelitian dilakukan di SMA Damai Jakarta Barat. Penelitian dilakukan dengan metode studi kasus. Pengumpulan data diperoleh secara observasi, dan wawancara mendalam. Dalam analisis data, peneliti menggunakan koding kualitatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa komunikasi pedagogi dalam pengembangan diri siswa-siswi dilakukan dengan berfokus pada komunikasi yang bersifat interaktif, dengan mengedepankan potensi siswa yang dapat memberi manfaat kepada masyarakat.

Article Details

How to Cite
Chen, M., & Loisa, R. (2018). Komunikasi Pedagogi dalam Pengembangan Diri Siswa-Siswi SMA. Koneksi, 2(1), 125–131. https://doi.org/10.24912/kn.v2i1.2439
Section
Articles

References

Barnlund, D.C. (2008). Komunikasi AntarPersonal. Jakarta: PT Kencana Prenada Media Group.

Damai. (2017). Diakses 4 Juni 2018 dari www.Damai.sch.id/sejarah sekolah.

Deny, Septian. (2017). Anggaran Sama Kualitas Pendidikan RI Jauh Dari Vietnam. Diakses pada 15 Maret 2018 dari Http://bisnis.liputan6.com/read/3173788/anggaran-sama-kualitas pendidikan-ri-kalah-jauh-dari-vietnam.html

Devito, Joseph. (2009). Komunikasi Antar Personal. Jakarta: PT Kencana Prenada Media Group.

Http://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/79/646 Diakses 22 Maret 2018

Koran, Jakarta. (2017). Pendidikan Karakter Anak. Diakses 22 Maret 2018 dari Http://www.koran-jakarta.com/pendidikan-karakter-anak.

Liliweri,Alo. (2015). Komunikasi Antar Personal. Jakarta: PT. Kencana Prenada Media Group.

Loisa, R., & Setyanto, Y. (2014). Penyingkapan Diri Melalui Internet di Kalangan Remaja (Studi Komunikasi Antar Pribadi). Jurnal Komunikasi Universitas Tarumanagara, 6(3), 32.

Moleong, Lexy J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. (2013). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Safitri, Desy. (2007). Metode Edukatif yang Interaktif. Jurnal Akademika Komunikasi Universitas Tarumanagara, 9(1),16.

Schlinger, H.D. (2009). Komunikasi AntarPersonal. Jakarta: PT. Kencana Prenada Media Group.

Sudarwan, Danim. (2010). Pedagogi Andragogi dan Heutagogi. Bandung: PT Alfabeta.

Sugiyono. Prof. (2011). Pendekatan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suprapto, Tommy. (2009). Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi. Yogyakarta: Medpress.

Yin, Robert K. (2012). Studi Kasus. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Yusuf, Pawit. (2010). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>