Pentingnya Komunikasi Terencana dan Diskusi Melalui Media Sosial Bagi Komunitas OTO Krew

Main Article Content

Vania Adiyani
Riris Loisa

Abstract

In communication science there are various kinds of communication, one of which is group communication. Group communication is a group of people who interact with each other. Community is one part of a social group. In Indonesia, there are various kinds of communities, one of which is the sports car community. In a community requires the role of communication in it. Group communication that exists within a community is used to maintain the cohesiveness of a community. Cohesiveness is an attraction possessed by a community so that members have an attachment and choose to continue to be in the community. This research was conducted to find out how sports car community groups communicate in maintaining cohesiveness. The purpose of this study was to determine the sports car community group communication in maintaining cohesiveness. This study uses Group Communication Theory. This research approach uses a qualitative approach with a case study research method. The results of this study are that the OTO Krew community group communication is carried out with consistent activities in accordance with the yearly planner promised by the community since the beginning of the year so that members often meet and gather. Group communication is also carried out by chatting through the Whatsapp Group. Intense communication by community members creates good relationships among fellow members. This is what makes community members feel comfortable with this community so they have an attachment and choose to remain in the OTO Krew community.


Komunikasi kelompok merupakan sekumpulan orang yang saling berinteraksi satu sama lain. Komunitas merupakan salah satu bagian dari kelompok sosial. Di Indonesia, terdapat berbagai macam komunitas, salah satunya komunitas mobil sport. Dalam sebuah komunitas memerlukan peran komunikasi di dalamnya. Komunikasi kelompok yang terjalin di dalam sebuah komunitas digunakan untuk mempertahankan kohesivitas sebuah komunitas. Kohesivitas merupakan sebuah daya tarik yang dimiliki sebuah komunitas agar anggota memiliki keterikatan dan memilih untuk terus berada di dalam komunitas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana komunikasi kelompok komunitas mobil sport dalam mempertahankan kohesivitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi kelompok komunitas mobil sport dalam mempertahankan kohesivitas. Penelitian ini menggunakan Teori Komunikasi Kelompok. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Hasil dari penelitian ini adalah komunikasi kelompok komunitas OTO Krew dilakukan dengan kegiatan yang konsisten sesuai dengan rencana tahunan (yearly planner) yang dijanjikan komunitas sejak awal tahun membuat anggota sering bertemu dan berkumpul. Komunikasi kelompok juga dilakukan dengan berbincang melalui aplikasi Whatsapp Group. Komunikasi yang intensif dilakukan anggota komunitas menciptakan hubungan yang baik antar sesama anggota. Hal inilah yang membuat anggota komunitas merasa nyaman dengan komunitas ini sehingga memiliki keterikatan dan memilih untuk tetap berada di dalam komunitas OTO Krew.

Article Details

How to Cite
Adiyani, V., & Loisa, R. (2023). Pentingnya Komunikasi Terencana dan Diskusi Melalui Media Sosial Bagi Komunitas OTO Krew. Koneksi, 7(2), 355–364. https://doi.org/10.24912/kn.v7i2.21388
Section
Articles
Author Biographies

Vania Adiyani, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Riris Loisa, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Alfian, F., & Sari, W. P. (2022). Pola Komunikasi Kelompok Virtual dalam Game PUBG Mobile (Studi Kasus Tim Redlineze E-Sport). Koneksi, 6(1), 29-35. https://doi.org/10.24912/kn.v6i1.10665

Damanik, S. A., & Dalimunthe S. K. (2019). Komunikasi Kelompok Dalam Meningkatkan Kualitas Kerja Team Redaksi Bidang Berita Lembaga Penyiaran Publik TVRI Sumatera Utara di Medan. Jurnal Prointegrita, 2(348/PASCA-), 1-33. https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalprointegrita/article/view/94

Diana, E., & Rofiki, M. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Efektif di Era New Normal. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 3(2), https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/1356/1039

Gumilang, G. S. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2), 144-159. https://doi.org/10.52657/jfk.v2i2.218

Harwon, W. P. (2015). Analisa Perencanaan Suksesi Pada UD. Hoki Jaya. Agora, 3(1), 554-558. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/2911

Herlambang, Y. (2014). Participatory Culture dalam Komunitas Online sebagai Representasi Kebutuhan Manusia. Tematik: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi (e-Journal), 1(2), 26-34. https://doi.org/10.38204/tematik.v1i2.45

Hidayat, T. (2019). Pembahasan Studi Kasus Sebagai Bagian Metodologi Penelitian. (Universitas Muhammadiyah Purwokerto). https://www.researchgate.net/publication/335227300

Lapelani, A. F. (2010). Jogja Car Modification di Yogyakarta. (Tesis S1, UAJY). http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3313

Luqman, A. H. (2018). Sistem Sosial Komunitas Sepeda Onthel Dalam Mempertahankan Eksistensi Komunitas (Studi Kasus: Bintaro Onthel Solidarity (BOS), Tangerang Selatan). (Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah). http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42793

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. JIKM, 12(3), 145-151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Mitanto, M., & Nurcahyo, A. (2012). Ritual Larung Sesaji Telaga Ngebel Ponogoro (Studi Historis dan Budaya). Agastya, 2(2), 36-53. http://doi.org/10.25273/ajsp.v2i2.1459

Muliawan, T., Afrilla, N., & Burhanudin, B. (2013). Komunikasi Kelompok Suporter Bola Dalam Membentuk Kohesivitas (Studi Kasus Pada The Jakmania UNJ). (Skripsi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa). http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/538

Prihapsari, D., & Indah, R. (2021). Coding Untuk Menganalisis Data Pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan. JKS (Jurnal Kedokteran Syiah Kuala), 21(2), 130-135. https://doi.org/10.24815/jks.v21i2.20368

Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional. JOPE (Journal of Sport Education), 2(1), 10-15. http://dx.doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15

Sari, Y., Erlyani, N., & Akbar, S. N. (2017). Peranan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kohesivitas Kelompok Pada Komunitas Motor di Banjarbaru. Jurnal Ecopsy, 3(2), 103-107. http://dx.doi.org/10.20527/ecopsy.v3i2.2658

Sholeh, F. (2017). Membangun Kohesivitas Kelompok dalam Bingkai Ukhuwah Wathaniah. Qolamuna: Jurnal Studi Islam, 3(1), 21-36. https://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/qolamuna/article/view/71

Surokim, Rakhmawati, Y., Suratnoaji, C., Wahyudi, M., Handaka, T., Dartiningsih, B. E., Julijanti, D. M., Rachmawati, F. N., Kurniasari, N. D., Trisilowaty, D., Suryandari, N., Cholil, H. A., Quraisyin, D., Moertijoso, B., Rachmad, T. H., Arifin, S., Rozi, F., & Camelia, A. (2016). Riset Komunikasi: Strategi Praktis Bagi Peneliti Pemula. Prodi Komunikasi FISIB, UTM dan Elmatera.

Tanujaya, C. (2017). Perancangan Standart Operational Procedure Produksi Pada Perusahaan Coffeein. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 2(1), 90-95. https://doi.org/10.37715/jp.v2i1.441

Trihapsari, V. R., & Nashori, F. (2022). Kohesivitas Kelompok dan Komitmen Organisasi Pada Financial Advisor Asuransi “X” Yogyakarta. Proyeksi, 6(2), 12-20. http://dx.doi.org/10.30659/jp.6.2.12-20

Wahyono, E. (2018). Komunikasi Kelompok (Studi Dialog Komunitas dalam Pengembangan Masyarakat di Perkotaan). Nyimak: Journal of Communication, 2(2), 113-130. http://dx.doi.org/10.31000/nyimak.v2i2.961

Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 79-96. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.357

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>