Pembentukkan Konsep Diri Beauty Vlogger Laki-Laki Dalam Instagram

Christivia HadiPutri, Ahmad Junaidi
| Abstract views: 107 | views: 164

Abstract

Beauty vlogger merupakan sebutan untuk seseorang yang membagikan konten kecantikan di media sosial seperti Instagram dalam bentuk video maupun foto. Pada perkembangannya kini fenomena beauty vlogger tak lagi dilakukan oleh perempuan saja, tetapi laki-laki juga sudah mulai membagikan konten kecantikannya di media sosial Instagram. Adapun pada saat pengunggahan konten dilakukan, banyak yang memberikan respon dari pengikut maupun pengguna lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukkan konsep diri seorang beauty vlogger laki-laki di media sosial Instagram, sehingga teori yang digunakan adalah teori konsep diri. Metode yang digunakan adalah metode fenomenologi dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun metode pengumpulan data yang menggunakan wawancara mendalam dengan beberapa beauty vlogger laki-laki, observasi tanpa partisipasi langsung dan data online. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah faktor citra orang lain yaitu, dukungan dari orangtua, teman-teman, serta para pengikutnya di Instagram. Selanjutnya dalam faktor perbandingan sosial, beauty vlogger laki-laki melihat kelemahan dan kelebihannya melalui perbandingan yang mereka lakukan dengan kompetitornya. Selain itu,  dalam faktor ajaran budaya, ada ajaran agama atau petuah-petuah yang dianut oleh orang tuanya dan diturunkan kepada para beauty vlogger lak-laki Kemudian faktor yang terakhir, yaitu faktor evaluasi diri, beauty vlogger laki-laki melihat bahwa makeup ini merupakan hal yang positif dan sesuai dengan apa yang mereka yakini.

Keywords

Konsep Diri; Media Sosial Instagram; Fenomenologi

Full Text:

PDF

References

A Devito, Joseph. (2012). The interpersonal communication book thirteenth edition. Pearson Education

Azeharie, S., & Sari, W. (2015). Penyingkapan Diri Ibas Yudhoyono Dalam Instagram Dan Reaksi Ani Yudhoyono Terhadap Postingan Instagram Ibas. Jurnal Komunikasi, 7(1), 108-117.

Fitriah, Lestari & Sakari, Gufron. 2017. Pemanfaatan Media Sosial Youtube yang digunakan Beauty Vlogger dalam mengedukasi Viewer : Jurnal Komunikasi, 1(2), 1&24, diakses pada tanggal 20/9/2018 pukul 21.12

Haryanto, Nurul. 2017. Konstruksi Identitas Gender Beauty Vlogger Laki-laki pada Youtube : Jurnal Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. 1-3. http://repository.unair.ac.id/69243/3/JURNAL_Fis.K.11%2018%20Har%20k.pdf ,diakses pada tanggal 5/9/18 pukul 19.00 WIB.

Herdiansyah, Haris. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. Salemba Humanika.

Jasa All Sosmed. (2018). Instagram Follower. < https://jasaallsosmed.co.id/services/instagram/follower> , diakses pada tanggal 20/09/18 pukul 22.01 WIB.

Kemenperin. (2018). , diakses pada tanggal 19/9/2018 pukul 16.00 WIB.

Maharani, Diah P. 2010. Konsep Diri Anak Jalanan : Jurnal Sosial dan Humaniora. 3.http://digilib.uin-suka.ac.id/5312/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf (Diakses pada 3/10/18 pada pukul 13.30 WIB.

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaluddin. (2011). Psikologi komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

We Are Social. (2018). Digital in 2017 in Southeast Asia. , diakses pada tanggal 28/08/18 pukul 13.10 WIB.

We Are Social. (2018). Digital in 2018 in Southeast Asia. , diakses pada tanggal 28/08/18 pukul 13.15 WIB.

We Are Social. (2018). Global Digital Report 2018. , diakses pada tanggal 28/08/18 pukul 13.15 WIB.

Copyright (c) 2019 Koneksi
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.