Komunikasi Persuasif Public Speaker Pada Audiens Berbeda Negara (Studi Fenomenologi Master Of Ceremony Pada Audiens China dan Amerika)

Isi Artikel Utama

Calvin Dion
Roswita Oktavianti

Abstrak

Seorang public speaker harus menentukan komunikasi persuasif seperti apa yang akan digunakan pada audiens yang berbeda negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi persuasif public speaker pada audiens berbeda negara. Penelitian ini menggunakan konsep komunikasi persuasif yang dalam penelitian ini membahas tentang tiga faktor yang perlu diperhatikan seorang komunikator yaitu ethos, pathos, dan logos. Peneliti melakukan studi fenomenologi terhadap Master Of Ceremony pada audiens China dan Amerika. Peneliti memperoleh data dengan melakukan observasi, dokumentasi, studi pustaka dan wawancara dengan tiga orang Master Of Ceremony sebagai informan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, seorang komunikator dalam melakukan komunikasi persuasif pada audiens yang berbeda negara terutama audiens dari negara China dan Amerika harus memperhatikan tiga unsur yang penting yaitu ethos, pathos dan  logos seperti penampilan, persiapan, daya tarik emosional, logika, dan pesan yang masuk akal.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Dion, C., & Oktavianti, R. (2019). Komunikasi Persuasif Public Speaker Pada Audiens Berbeda Negara (Studi Fenomenologi Master Of Ceremony Pada Audiens China dan Amerika). Koneksi, 2(2), 246–252. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3892
Bagian
Articles
Biografi Penulis

Calvin Dion, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Roswita Oktavianti, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Referensi

Beebe, Steven A. Susan J. Beebe and Diana K. Ivy. (2010). Communication Principles For A Lifetime. Boston: Allyn& Bacon Publishing.

Creswell W. John. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Effendy, Onong Uchjana. (2005). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lucas, S. E. (2007). The Art of Public Speaking. United State: McGraw Hill

McQuail, Denis. (1997). Audience Analysis. London: SAGE Publications, Inc.

Misiak, H.M dan Sexton, V.S. (2005). Psikologi Fenomenologi, Eksistensial, dan Humanistik Suatu Survei Historis. Bandung: Refika Aditama.

Rakhmat, Jalaludin. (2010). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ritonga, Jamiluddin. (2005). Riset Kehumasan. Jakarta: PT Grasindo.

Smith, Mark K. (2009). Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Yogyakarta: Mirza Media Pustaka.

Sugiyono. (2007). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>