Representasi Perempuan dari Video Iklan Victoria's Secret Koleksi The Icon (Studi Wacana Kritis Sara Mills)
Main Article Content
Abstract
Stereotypes about women's bodies are one of the constructs of advertising. It grows in society and continues to be repetition so that it becomes a normality. This makes the ideal female body shape often represented in the mass media. One company that often represents the ideal female body shape in its advertisements is Victoria's Secret. However, in 2018 they were accused of physically insulting large women and transgender groups. So in 2021 they changed their model lineup to be more inclusive. Then last August 2023 they re-launched an advertisement for their latest women's underwear collection called The Icon. This research aims to see how the representation of the female body is seen from the advertisement for The Icon women's underwear collection. The research uses descriptive qualitative research methods, and is analyzed using the critical discourse analysis model proposed by Sara Mills by paying attention to the position of the subject-object and reader/viewer seen from the scenes and dialogue in the advertisement. This research shows the company's efforts to convey that women in any form deserve to be accepted in society. However, there is still a form of alienation shown from the few scenes of large women from the advertisement.
Stereotip mengenai tubuh perempuan merupakan salah satu hasil konstruksi dari iklan. Hal ini tumbuh di masyarakat dan terus berepetisi sehingga menjadi suatu kewajaran. Hal ini menjadikan bentuk tubuh ideal perempuan kerap direpresentasikan dalam media massa. Salah satu perusahaan yang sering merepresentasikan bentuk tubuh ideal perempuan dalam iklannya ialah Victoria’s Secret. Namun pada tahun 2018 lalu mereka dituding melakukan penghinaan fisik kepada perempuan bertubuh besar dan juga kelompok transgender. Sehingga pada tahun 2021 lalu mereka merubah jajaran model mereka untuk lebih inklusif. Kemudian Agustus 2023 lalu mereka kembali meluncurkan iklan untuk koleksi pakaian dalam perempuan terbaru mereka yang diberi nama The Icon. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana representasi tubuh perempuan dilihat dari iklan koleksi pakaian dalam perempuan The Icon tersebut. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dan dianalisis menggunakan model analisis wacana kritis yang dikemukakan oleh Sara Mills dengan memperhatikan terhadap posisi subjek-objek dan pembaca/penonton yang dilihat dari adegan dan dialog dalam iklan tersebut. Penelitian ini memperlihatkan usaha perusahaan untuk menyampaikan bahwa perempuan bagaimanapun bentuknya layak untuk diterima di masyarakat. Namun masih ada bentuk pengasingan yang diperlihatkan dari sedikitnya adegan perempuan bertubuh besar dari iklan tersebut.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Koneksi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Angela, M., & Winduwati, S. (2019). Representasi Kemiskinan dalam Film Korea Selatan (Analisis Semiotika Model Saussure pada Film Parasite). Koneksi, 3(2), 478–484.
Annafi, S. P., & Azizah, L. N. (2020). Representasi Tubuh Ideal Perempuan dalam Iklan WRP Versi Limited Edition. Jurnal Audiens, 1(2). https://doi.org/10.18196/ja.12025
Annur, C. M. (2023, September 26). Daftar Media Sosial Terpopuler di Dunia April 2023, Facebook Masih Juara. Databoks.Katadata.Co.Id.
Badara, A. (2014). Analisis Wacana: Teori, Metode, dan Penerapannya pada Wacana Media (3rd ed., Vol. 1). Kencana.
Bagadiya, J. (2023, October 18). 70+ Instagram Statistics Marketers Need to Know in 2023. SocialPilot.Co. https://www.socialpilot.co/instagram-marketing/instagram-stats
Budi Hapsari, A., & Sari Sukardani, P. (2018). Representasi Konsep Kecantikan Perempuan Di Era Millenials Melalui Beauty Influencer Pada Media Sosial Instagram (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Akun Instagram @sarahayuh_, @abellyc, dan @rachgoddard). Commercium, 2(2), 59–62.
Budi Hapsari, A., & Sukardani, P. S. (2018). Representatif Konsep Kecantikan Permpuan Di Era Millenials Melalui Beauty Influencer Pada Media Sosial Instagram (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Akun Instagram @sarahayuh_, @abellyc, dan @rachgoddard). Commercium, 2(2), 59–62.
Lukitaningsih, A. (2013). Iklan Yang Efektif Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(2), 116–129.
Micheal, M., & Azeharie, S. S. (2020). Perlawanan Penyintas Body Shaming Melalui Media Sosial. Koneksi, 4(1), 138. https://doi.org/10.24912/kn.v4i1.6642
Nariswari, S. L., & Anna, L. K. (2021, June 17). Mengenal 7 Wanita Inspiratif Yang Jadi Duta Terbaru Victoria’s Secret. Kompas.Com - Parapuan. https://lifestyle.kompas.com/read/2021/06/17/142312220/mengenal-7-wanita-inspiratif-yang-jadi-duta-terbaru-victorias-secret?page=all
Nasiha, N. F., & Yunaldi, A. (2019). Representasi Kecantikan Dalam Iklan Slimmewhite (Studi Wacana Sara Mills). Al-Munzir, 12(1).
Nathaniela, R. A., & Widiarti, P. W. (2021). Representasi Pola Komunikasi Keluarga Dalam Film “Dua Garis Biru” (Analisis Semiotika Roland Barthes. Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 111–121.
Nursafitri, F., & Kusdibyo, L. (2019). Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan Rasional dan Emosional Terhadap Sikap Iklan Konsumen pada Produk High Involvement. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 10(1), 646–653.
Poliziani, K. (2023, August). Victoria’s Secret Icons Model New “The Icon” Collection — GRAZIA USA. Graziamagazine.Com.
Putri, C. N. (2021a, June 18). Victoria’s Secret Ganti Sejumlah Model The Angels, Apa Alasannya? Fashion & Beauty - Parapuan.Co - Kompas.Com. https://www.kompas.com/parapuan/read/532747881/victoria-secret-ganti-sejumlah-model-the-angels-apa-alasannya
Putri, C. N. (2021b, July 10). Berkat Kampanye Body Positivity, Kini Industri Fashion Lebih Inklusif. Fashion & Beauty - Parapuan - Kompas.Com. https://www.kompas.com/parapuan/read/532782183/berkat-kampanye-body-positivity-kini-industri-fashion-lebih-inklusif
Putri, V. K. M. (2022, April 21). Stereotip: Makna dan Contohnya. Kompas.Com - Skola. https://www.kompas.com/skola/read/2022/04/21/083000069/stereotip--makna-dan-contohnya
Rizaty, M. A. (2023, November 28). Data Jumlah Pengguna Media Sosial di Dunia (Oktober 2020-Oktober 2023). DataIndonesia.Id. https://dataindonesia.id/internet/detail/data-jumlah-pengguna-media-sosial-di-dunia-oktober-2020oktober-2023.
Rizkiana, M., & Natalia, E. C. (2021). Representasi Citra Victoria’s Secret di Forbes.com terkait Kasus Body Shaming. Jurnal InterAct, 10(2), 1–11. https://doi.org/10.25170/interact.v10i2.2784
Saguni, F. (2014). Pemberian Stereotype Gender. Musawa, 6(2), 195–224. http://www.komnasperempuan.or.id/en/2009/07/membangun-kepekaan-
Sahan, Y. M., & Witarti, I. D. (2021). Representasi Perempuan Cantik di Media Feminis Daring Jurnal Perempuan dan Magdalene. Avant Grade Jurnal Komunikasi, 9(2), 210–229.
Salam, O. D. (2020). Personal Branding Digital Natives Di Era Komunikasi Media Baru (Analisis Personal Branding Di Media Sosial Instagram). JURNAL BECOSS, 2(1), 19–30.
Sicca, S. P. (2020, September 30). Perempuan Berdaya: Bagaimana Standar Kecantikan Berevolusi dari Era Primitif hingga Sekarang Halaman all - Kompas.com. Kompas.Com - Global. https://www.kompas.com/global/read/2020/09/30/200554170/perempuan-berdaya-bagaimana-standar-kecantikan-berevolusi-dari-era?page=all#page2
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D (19th ed., Vol. 1). Alfabeta.
Suryowati, E. (2021, July 29). Konsep Body Positivity Kian Populer, Kosmetika Segmen Plus Size Tumbuh. JawaPos. https://www.jawapos.com/bisnis/01336542/konsep-body-positivity-kian-populer-kosmetika-segmen-plus-size-tumbuh
Tiggemann, M., Anderberg, I., & Brown, Z. (2020). #Loveyourbody: The effect of body positive Instagram captions on women’s body image. Body Image, 33, 129–136. https://doi.org/10.1016/J.BODYIM.2020.02.015
Victoria’s Secret & Co. (2023, August 9). Victoria’s Secret Launches The Icon by Victoria’s Secret Collection with All-Star Cast, Featuring. Victoria’s Secret& Co. https://instagram.com/VictoriasSecret
Wardani, W. S., Purnomo, D., & Lahade, J. R. (2016). Analisis Wacana Feminisme Sara Mills Program Tupperware She Can! ON Radio (Studi Kasus Pada Radio Female Semarang). Cakrawala Jurnal Penelitian Sosial, 2(1), 185–210.

