Interaksi Simbolik pada Host Livestreamer di TikTok @Luunashop
Main Article Content
Abstract
Media sosial menjadi saluran pemasaran produk dan komunikasi secara online. Salah satu akun jualan yang menggunakan media sosial Tiktok sebagai media promosi adalah @luunashop. Terdapat berbagai macam cara yang dilakukan oleh penjual untuk berinteraksi dengan audiens, salah satunya melalui kegiatan live streaming. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kegiatan host livestreamer dalam melakukan kegiatan live streaming di akun Tiktok @luunashop. Penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik dan konsep host livestreamer dan brand recognition. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Penelitian ini menunjukkan host livestreamer memegang peran penting dalam kegiatan penjualan untuk membuat brandtersebut dikenal oleh banyak orang.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Koneksi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. Proceedings, 1(1), 173–186.
Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Helm LTD (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Pendekatan. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 897.
Budiani, N. A., & Darmawan, F. (n.d.). Strategi Komunikasi Pemasaran House Of Smith Melalui Live Streaming Tiktok dalam Meningkatkan Brand Awarenes dan Penjualan di Era New Normal. 825–828.
Bulele, Y. N., & Wibowo, T. (2020). Analisis Fenomena Sosial Media Dan Kaum Milenial: Studi Kasus Tiktok. Conference on Business, Social Science and Innovation Technology, Vol 1(No 1), 565–572. http://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102
Moshinsky, M. (2019). Pembahasan Studi Kasus Sebagai Bagian Metodologi Penelitian. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.
Ramadayanti, F. (2019). Peran Brand Awereness terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 111–116. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6690
Ranti, S. (2023). Cara Live TikTok untuk Pemula, Syarat, dan Tips-tipsnya.
Ridho. (2018). Bab II Landasan Teori. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Rizaty, M. A. (2022). Pengguna Instagram di Indonesia Bertambah 3,9 Juta pada Kuartal IV-2021. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/10/pengguna-instagram-di-indonesia-bertambah-39-juta-pada-kuartal-iv-2021
Sandewi, C. J. (2017). Metode Penelitian. Unikom, 3, 52–74.
Tiktok. (2023). (3)Luunashop (@luunashop) | TikTok. https://www.tiktok.com/@luunashop?lang=en.