Kreativitas Konten Iklan Mobil Listrik untuk Meningkatkan Brand Awareness

Main Article Content

Sandia Ivan Rahmat
Rezi Erdiansyah

Abstract

Electric cars are the latest innovation in the modern era and have become a popular trend among young people, both in Indonesia and abroad. Several automotive companies have introduced the latest innovations in electric vehicle production to reduce air pollution. This research employs a quantitative research method using survey techniques by distributing questionnaires to collect data from respondents through Google Forms. The study population consists of individuals aged 18-25 who have seen electric car advertisements in various media, with a sample size of 100. The collected research data is tested using the IBM SPSS version 29. The research findings indicate that creativity in advertising has a positive impact on brand awareness related to electric car advertising content, amounting to 66.2%. These findings affirm that innovative advertising strategies, particularly in the form of creative content, play a role in shaping perceptions and increasing awareness among the target audience, contributing to the formation of brand awareness. This research also provides insights into how the role of creativity in advertising can be a key factor in attracting interest and brand awareness regarding innovations such as electric cars among young people. Creating innovative advertising creativity becomes an effective tool in shaping brand image and enhancing public acceptance of environmentally friendly technology.


Mobil listrik merupakan inovasi terkini dalam era modern dan menjadi tren yang digemari oleh anak muda, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Beberapa perusahaan otomotif telah menghadirkan inovasi terbaru dalam produksi kendaraan listrik guna mengurangi polusi udara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik survei dengan cara melakukan penyebaran kuesioner untuk mengumpulkan data dari responden menggunakan google form. Populasi individu dalam melakukan penelitian ini adalah remaja yang berusia 18-25 tahun yang pernah melihat iklan mobil listrik di berbagai media dengan sampel yang digunakan berjumlah 100. Data peneliti yang diperoleh diuji menggunkaan aplikasi IBM SPSS versi 29. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa kreativitas dalam iklan memberikan dampak yang positif terhadap kesadaran merek terkait konten iklan mobil listrik sebesar 66,2%. Dalam temuan ini menegaskan bahwa strategi periklanan inovatif dalam bentuk kreativitas konten iklan yang dapat memainkan peran dalam membentuk persepsi dan meningkatkan kesadaran di kalangan target audiens, yang memiliki berkontribusi dalam pembentukan brand awareness. Penelitian ini juga dapat memberikan pengetahuan tentang bagaimana peran kreativitas dalam iklan dapat menjadi faktor kunci dalam menarik minat dan kesadaran merek terhadap inovasi seperti mobil listrik di kalangan remaja. Dalam membuat kreativitas iklan yang inovatif menjadi alat efektif dalam membentuk citra merek dan meningkatkan penerimaan masyarakat terhadap teknologi ramah lingkungan.

Article Details

How to Cite
Rahmat, S. I., & Erdiansyah, R. (2024). Kreativitas Konten Iklan Mobil Listrik untuk Meningkatkan Brand Awareness. Koneksi, 8(1), 225–232. https://doi.org/10.24912/kn.v8i1.27650
Section
Articles

References

Basri, H. (2018). Pemodelan Regresi Berganda Untuk Data Dalam Studi Kecerdasan Emosional. http://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/didaktika/article/view/179

Budiman, R., & Erdiansyah, R. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser, Kualitas Pesan Iklan, Kreativitas Iklan terhadap Efektivitas Iklan Gojek Cerdikiawan. 5(1), 88–93. https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/8140

Eme Pepayosha Gurusinga. (2018). Pengaruh Terpaan Iklan Dan Kreativitas Iklan Indoeskrim Nusantara “Kisah Legenda Nusantara (3’)” di Youtube Terhadap Brand Awareness Indoeskrim (Studi Kuantitatif Pada Generasi Y dan Z Kota Bandung). https://repository.telkomuniversity.ac.id/pustaka/142495/pengaruh-terpaan-iklan-dan-kreativitas-iklan-indoeskrim-nusantara-kisah-legenda-nusantara-3-di-youtube-terhadap-brand-awareness-indoeskrim-studi-kuantitatif-pada-generasi-y-dan-z-kota-bandung-.html

Endang, L. A., Astuti, S., & Prasetya, A. (2016). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Employee Engagement Generasi Y (Studi Pada Karyawan PT Unilever Indonesia Tbk-Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 37(2). https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=635349&val=6468&title=FAKTOR-FAKTOR%20YANG%20MEMPENGARUHI%20EMPLOYEE%20ENGAGEMENT%20GENERASI%20Y%20Studi%20Pada%20Karyawan%20PT%20Unilever%20Indonesia%20Tbk-Surabaya

Martha Martha. (2018). Pengaruh Kredibilitas Endorser Dan Teknik Persuasi Iklan Terhadap Brand Awareness Iklan TOP Coffee Versi “Bongkar Kebiasaan Lama.” 1(1). https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/1427

Maulana, R. I. (2018). Pengaruh Awareness, Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Attitude Indomie Kota Tangsel. Jurnal Ecodemica, 2(1). https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1211358&val=10493&title=Pengaruh%20Awareness%20Daya%20Tarik%20Iklan%20Terhadap%20Brand%20Attitude%20Indomie%20Kota%20Tangsel

Mutia, A., Mutia Rahmanita, A., & Masnita, Y. (2022). Anteseden Bank Marketing Activity Dan Social Media Influencer Terhadap Customer Well-Being Melalui Bank Image. 7(7), 11. http://repository.trisakti.ac.id/usaktiana/index.php/home/detail/detail_koleksi/0/THE/judul/00000000000000111436/

Nafanu, S. (2020). Pengaruh Media Iklan, Pesan Iklan dan Kreativitas Iklan Terhadap Efektivitas Iklan Dalam Menumbuhkan Brand Awareness Produk Lee Minerale Pada Masyarakat Kota Kefamenanu Kabupaten TTU The Influence of Advertising Media, Advertising Messages and Advertising Creativity on Advertising Effectiveness in Fostering Brand Awareness of Lee Minerale Products in Society Kefamenanu City, TTU Regency. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 32. http://jurnal.unimor.ac.id/JEP

ND Yanti. (2020). Daya Tarik Iklan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Transportasi Ojek Online Go-Ride. Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Transportasi Ojek Online (Go-Ride) 1 st Novria Dewi Yanti, 2 nd Drs. Krishna Kamil. Jurnal STIE Indonesia. http://repository.stei.ac.id/id/eprint/2949

Ramadianti Nadya. (2020). Pengaruh Advertising Creativity, Brand Image, Brand Trust, Dan Brand Affect Terhadap Brand Loyalty Merek Teh Botol Sosro. http://eprints.iain-surakarta.ac.id/215/1/SKRPSI%20AKHIR%20NADYA%20RAMADIANTI%20165211142.pdf

Safitri, A., & Raya, I. P. (2018). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Prokrastinasi Akademik Dalam Menyelesaikan Skripsi. 14(2), 2503–0949. Diambil 11 Desember 2023, dari http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/INSIGHT/article/view/Ari

Siahaan, R. (2021). Pengaruh Stres, Motivasi Kerja, Dan Kepuasaan Terhadap Kinerja Driver Online GrabBike Di Masa Covid-19 (Studi Pada Driver GrabBike di Jakarta Timur). Dalam Journal Repository STIE Indonesia. http://repository.stei.ac.id/id/eprint/6070

Fiando, Yongki Karisma & Fiando, Y. (2020). Pengaruh Iklan Media Sosial (Youtube) Dan Word Of Mouth Terhadap Brand Awareness Shopee Pada Mahasiswa UIN Maliki Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/19305/