Interaksi Simbolik pada Host Livestreamer di TikTok @Luunashop

Main Article Content

Regina Aurelia Halim
Muhammad Adi Pribadi

Abstract

Social media is a channel for product marketing and online communication. One of the selling accounts that uses TikTok social media as a promotional medium is @luunashop. There are various ways that sellers interact with audiences, one of which is through live-streaming activities. The purpose of this study is to analyze and describe the activities of live streamer hosts in conducting live streaming activities on the Tiktok @luunashop account. This research uses symbolic interaction theory and the concepts of live streamer host and brand recognition. This research uses a descriptive qualitative approach with a case study method. Data collection techniques with observation, documentation, and in-depth interviews. This research shows that livestreamer hosts play an important role in sales activities to make the brand recognized by many people.
 
Media sosial menjadi saluran pemasaran produk dan komunikasi secara online. Salah satu akun jualan yang menggunakan media sosial Tiktok sebagai media promosi adalah @luunashop. Terdapat berbagai macam cara yang dilakukan oleh penjual untuk berinteraksi dengan audiens, salah satunya melalui kegiatan live streaming. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kegiatan host livestreamer dalam melakukan kegiatan live streaming di akun Tiktok @luunashop. Penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik dan konsep host livestreamer dan brand recognition. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Penelitian ini menunjukkan host livestreamer memegang peran penting dalam kegiatan penjualan untuk membuat brandtersebut dikenal oleh banyak orang.

Article Details

How to Cite
Halim, R. A., & Pribadi, M. A. (2024). Interaksi Simbolik pada Host Livestreamer di TikTok @Luunashop. Koneksi, 8(2), 276–285. https://doi.org/10.24912/kn.v8i2.27528
Section
Articles
Author Biographies

Regina Aurelia Halim, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Muhammad Adi Pribadi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. Proceedings, 1(1), 173–186.

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Helm LTD (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Pendekatan. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 897.

Budiani, N. A., & Darmawan, F. (n.d.). Strategi Komunikasi Pemasaran House Of Smith Melalui Live Streaming Tiktok dalam Meningkatkan Brand Awarenes dan Penjualan di Era New Normal. 825–828.

Bulele, Y. N., & Wibowo, T. (2020). Analisis Fenomena Sosial Media Dan Kaum Milenial: Studi Kasus Tiktok. Conference on Business, Social Science and Innovation Technology, Vol 1(No 1), 565–572. http://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Moshinsky, M. (2019). Pembahasan Studi Kasus Sebagai Bagian Metodologi Penelitian. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.

Ramadayanti, F. (2019). Peran Brand Awereness terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 111–116. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6690

Ranti, S. (2023). Cara Live TikTok untuk Pemula, Syarat, dan Tips-tipsnya.

Ridho. (2018). Bab II Landasan Teori. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Rizaty, M. A. (2022). Pengguna Instagram di Indonesia Bertambah 3,9 Juta pada Kuartal IV-2021. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/10/pengguna-instagram-di-indonesia-bertambah-39-juta-pada-kuartal-iv-2021

Sandewi, C. J. (2017). Metode Penelitian. Unikom, 3, 52–74.

Tiktok. (2023). (3)Luunashop (@luunashop) | TikTok. https://www.tiktok.com/@luunashop?lang=en.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2