Efektivitas Konten Tiktok @Tribunnews terhadap Minat Baca Mahasiswa

Main Article Content

Jessica Veron
Moehammad Gafar Yoedtadi

Abstract

The use of social media is now able to be an incentive for the public to get news packaged shorter, more compact, clear and have an attractive visual. One of the social media that has an important role to play today is TikTok.TikTok is a soyaila media that delivers interesting and unique special effects that can be used by all users. Not only that, Tiktok also provides mass media accounts to sign in so users can keep up with what's happening every day. One of the mass media that is making news and information content is Tribunnews. Now TikTok @Tribunnews account already has 2.9 million followers. In this case, Tribunnews and other digital media should compete with the creative ideas created by other content creators so that their audiences are not far different and the information provided is easy to accept users of TikTok This research is aimed at finding out how effective the content of tikTok @Tribunnews against the interest of reading news students of the Faculty of Communications University of Tarumanagara. The researchers used the mass communication theory and the new media theory. The research method is quantitative and the survey of 100 respondents as samples with the questionnaire as the research instrument used by the researchers. The results of the research gained a positive influence between the variable of the effectiveness of TikTok @Tribunnews content (X) on the interest in reading news students Fikom University of Tarumanagara.


Penggunaan media sosial kini mampu menjadi pendorong untuk masyarakat mendapatkan berita yang dikemas lebih singkat,padat, jelas dan memiliki visual yang menarik. Salah satu media sosial yang mempunyai peranan penting saat ini adalah TikTok. TikTok ialah media sosial yang menyuguhkan efek spesial yang menarik dan unik yang bisa dipergunakan oleh semua pengguna. Tiktok juga memberikan kesempatan pada akun media massa untuk berpartisipasi menciptakan konten sehingga para pengguna dapat mengkonsumsi berita yang terjadi setiap harinya. Salah satu media massa yang ikut membuat konten berita dan informasi adalah Tribunnews. Kini akun TikTok @Tribunnews sudah memiliki 2,9 juta pengikut. Dalam hal ini, Tribunnews dan media digital lainnya patut bersaing dengan ide kreatif yang dibuat oleh content creator agar para audiens mereka tidak jauh beda dan informasi yang disampaikan mudah untuk diterima pengguna TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif konten TikTok @Tribunnews terhadap minat baca berita mahasiswa. Peneliti menggunakan teori komunikasi massa dan teori media baru. Metode penelitian berupa kuantitatif dan survei terhadap 100 responden sebagai sampel dengan kuisioner sebagai instrument penelitian yang dipergunakan peneliti. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh positif antara variabel efektivitas konten TikTok @Tribunnews (X) terhadap minat baca berita mahasiswa. Efektivitas konten Tiktok @Tribunnews memiliki pengaruh terhadap variabel terhadap minat baca berita mahasiswa sebesar 81,8%.  

Article Details

How to Cite
Veron, J., & Yoedtadi, M. G. (2024). Efektivitas Konten Tiktok @Tribunnews terhadap Minat Baca Mahasiswa. Koneksi, 8(2), 343–350. https://doi.org/10.24912/kn.v8i2.27607
Section
Articles
Author Biographies

Jessica Veron, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Moehammad Gafar Yoedtadi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Abdokhoda, M. (2019). Faktor Investigasi yang Mempengaruhi Penerimaan Teknologi oleh Teknologi Bagian Catatan Medis Berdasarkan Model Penerimaan Teheran, di Rumah Sakit Universitas Ilmu Kedokteran.

Anjani, S. N., & Artawan Dantes, G. (2019). Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca dan Kemampuan Mmebaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Gugus II Kuta Utara. Pendidikan Dasar Indonesia, 74–83. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpdi.v3i2.2869

Gabore, S. M. (2020). Western and Chinese media representation of Covid-19 news coverage Africa. Journal of Communication, 5, 30. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/01292986.2020.1801781

Habibie, D. K. (2018). Dwi Fungsi Media Massa. Jurnal Ilmu Komunikasi, 79. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/interaksi.7.2.79-86

Mulawarman, M., & Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial Beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terpaan. Buletin Psikologi, 36–44. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.22759

Narullah, R. (2017). Media Sosial : Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknolog. Simbiosa Rekatama Media.

Nugroho Aji, W. (2018). Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia | 431 (PIBSI) XL.

Pramiyanti, A., Putri, P. I., & Nureni, R. (2014). Motif Remaja dalam Menggunakan Media Baru (Studi pada Remaja di Daerah Sub-Urban Kota Bandung). KomuniTi, 95–103. https://doi.org/10.23917/komuniti.v6i2.2783

Prosenjit, G. A. (2021). An Unusual Case of Video App Addiction Presenting as Withdrawl Psychosis. International Journal of Recent Scientific Research. https://doi.org/10.24327/ijrsr.2021.1201.5700

Tarigan, H. G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31332/am.v10i2.812

Most read articles by the same author(s)