Studi Budaya pada Komunitas Slankers di Jakarta

Antony Antony, Suzy Azeharie

Abstract


Slankers merupakan sebuah nama bagi penggemar Grup Band Slank yang mayoritas terdiri dari anak-anak muda yang memiliki kesamaan kegemaran. Komunitas Slankers memiliki tempat berkumpul yang dikenal dengan sebutan Gang Potlot. Awalnya penggemar yang datang berharap dapat bertemu dengan para personel Grup Band Slank. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui sejarah terbentuknya, budaya yang terbentuk serta komunikasi yang terjalin antar sesama anggota komunitas Slankers di Jakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori budaya, teori subkultural dan teori komunikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif fenomenologi secara deskriptif. Data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan narasumber dan dari hasil observasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah komunitas Slankers dibagi menjadi dua kategori yaitu anggota resmi dan anggota tidak resmi. Komunitas Slankers berasal dari kalangan bawah dilihat dari segi pendidikan yaitu Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas serta pekerjaannya yaitu pedagang, office boy, karyawan dan pelayan. Komunitas Slankers memiliki kebiasaan unik yang dilakukan sehari-hari hingga menjadi budaya sampai saat ini dan komunikasi yang terjalin antar sesama anggota Slankers berjalan dengan baik secara verbal dan nonverbal.


Keywords


Slank, Komunitas Slankers, Gang Potlot, Komunikasi, Budaya Subkultur

References


Ariefa’ie, Sendy Rizky. (2015). Komunikasi Sosial Budaya Komunitas Slankers Club Solo Dengan Masyarakat. Diunduh pada tanggal 15 Maret 2018 pukul 10.15 WIB. (https://digilib.uns.ac.id/dokumen/abstrak/45630/Komunikasi-Sosial-Budaya-Komunitas-Slankers-Club-Solo-dengan-Masyarakat)

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Gunawan, Imam. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Safitri, Riezki Hadi. (2012). Pola Komunikasi Slankers Club Solo Dalam Mempertahankan Eksistensi Komunitas. Diunduh pada tanggal 15 Maret 2018 pukul 10.35 WIB. (https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/24827/Pola-komunikasi-Slankers-Club-Solo-dalam-mempertahankan-eksistensi-komunitas-studideskriptif-kualitatif-tentangpola-komunikasi-slankers-club-solo-dalam-mempertahankan-eksistensi-komunitas)

Sari, Wulan Purnama. (2017). Diseminasi Informasi Terkait Pariwisata Berwawasan Lingkungan dan Budaya Guna Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan (Studi pada Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat). Jurnal Karya Ilmiah Dosen Fikom Untar. 9(2). 164-175.




DOI: http://dx.doi.org/10.24912/kn.v2i1.2425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Our Journal Indexed by:

 

Reference Management Tool:


 ========================================================================================

Creative Commons License

KN by http://journal.untar.ac.id/index.php/koneksi  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

========================================================================================

   

Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara Jln. S. Parman No:1 Lantai 11 Gedung Utama Jakarta Barat: 11440
Phone : 021-5671747 (hunting)
Fax : 021-56958736, 56044

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats