Analisis Pesan Sosial Pada Film ‘Cek Toko Sebelah’

Main Article Content

Nathania Nathania
Gregorius Genep Sukendro

Abstract

Media massa adalah alat yang digunakan dalam penyampaian pesan dari sumber kepada khalayak sebagai penerima pesan. Film merupakan salah satu media massa yang dapat digunakan sebagai alat untuk menyampaikan pesan. Dalam penelitian ini, film ‘Cek Toko Sebelah’ digunakan untuk menyampaikan pesan sosial budaya kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja pesan sosial budaya yang disampaikan melalui media film ‘Cek Toko Sebelah’ kepada masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis wacana. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan, wawancara dan observasi. Sejumlah konsep yang digunakan dalam penelitian ini yakni film, budaya, kreatifitas, hubungan interpersonal, inkulturasi budaya dan pluralisme. Dengan demikian, penelitian ini mampu menganalisis film ‘Cek Toko Sebelah’ dengan rinci dan jelas. Hasil pengumpulan dan analisis data, menunjukkan bagaimana film ‘Cek Toko Sebelah’ mampu menyampaikan pesan sosial budaya seperti nilai moral, sopan santun, menghormati orang tua dan toleransi hidup dalam keberagaman kepada masyarakat sehingga menjadikan industri film di Indonesia semakin berkembang dan tidak monoton.

Article Details

How to Cite
Nathania, N., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis Pesan Sosial Pada Film ‘Cek Toko Sebelah’. Koneksi, 1(2), 501–506. https://doi.org/10.24912/kn.v1i2.2031
Section
Articles

References

Biran, Misbach Yusa. (2009). Sejarah Film 1900-1950: Bikin Film di Jawa. Depok: Komunitas Bambu dan Jakarta Arts Council.

Rakhmat, Jalaludin. (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Weruin, Urbanus Ura. (2014). Manusia, Kebudayaan & Masyarakat. Tangerang: Pustaka Mandiri.

West, Richard., & Lynn H. Turner. (2013). Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi Edisi 3. Jakarta: Salemba Humanika.

http://www.kompasiana.com/ekogenshter/pengertian-kreatif-dan-inovatif_552feef86ea834b36b8b45ac

https://www.scribd.com/mobile/doc/56975811/Inkulturasi

http://www.indonesiastudent.com/pengertian-pluralisme-menurut-para-ahli-lengkap/

Utami, L. S. S. (2015). Teori-Teori Adaptasi Antar Budaya. Jurnal Komunikasi, 07,2, 180-197.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>