Peran Komunikasi Antarpribadi Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Anak

Main Article Content

Stella Tjang
Yugih Setyanto

Abstract

The Covid-19 outbreak has an impact on education where learning is done online. Parents get an additional role or task, namely being a companion for children in online learning. Therefore, effective communication must be established between parents and children. The author wants to know how the role of parents in improving children's achievement through interpersonal communication. Researchers use the theory of interpersonal communication according to Joseph DeVito, namely the existence of aspects of openness, empathy, support, positive attitude and similarity. Researchers conducted a qualitative method by conducting interviews with parents in this case the mother and child. In fact, interpersonal communicationplays an important role in improving children's achievement. In addition to support, openness, empathy, and a positive attitude, parents need to provide feedback or rewards during learning so that children feel valued.


Wabah Covid-19 berdampak bagi pendidikan dimana pembelajaran dilakukan dengan secara online. Orang tua mendapatkan peran atau tugas tambahan yaitu menjadi pendamping anak dalam pembelajaran online. Oleh karena itu, komunikasi yang efektif harus terbangun antara orang tua dan anak. Penulis ingin mengetahui bagaimana peran orang tua dalam meningkatkan prestasi anak melalui komunikasi antarpribadi. Peneliti menggunakan teori komunikasi antarpribadi menurut Joseph DeVito yaitu adanya aspek keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif dan kesamaan. Peneliti melakukan metode kualitatif dengan melakukan wawancara terhadap orangtua dalam hal ini ibu dan anaknya. Faktanya komunikasi antarpribadi berperan penting dalam meningkatkan prestasi anak. Selain dukungan, keterbukaan, empati, dan sikap positif, orangtua perlu memberikan timbal balik atau reward selama pembelajaran agar anak merasa dihargai.

Article Details

How to Cite
Tjang, S., & Setyanto, Y. (2023). Peran Komunikasi Antarpribadi Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Anak. Koneksi, 7(1), 58–64. https://doi.org/10.24912/kn.v7i1.16047
Section
Articles
Author Biographies

Stella Tjang, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Yugih Setyanto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Gian, Lando Lanes. (2021). Peran Komunikasi Antarpribadi Orang Tua Dalam Proses Belajar Daring Bagi Anak Di SD Negeri 15 Manado. E-Journal Unsrat. Vol 3 Stella Tjang, Yugih Setyanto: Peran Komunikasi Antarpribadi Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Anak 64 No 1. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/32079/30464

Kadariah. (2016). Peranan Komunikasi Antarpribadi Orang Tua Dengan Anak Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Di Kelas VI Pada SD Negeri BTN PEMDA Kota Makassar. E-Journal Acta Diurna Vol 5 No 2. https://media.neliti.com/media/publications/90143-ID-peran-komunikasiantarpribadi-orang-tua.pdf

Liliweri, Alo. (1991). Komunikasi Antarpribadi. Bandung:Citra Aditia Bakti.

Nisa, Adiantin. (2015). Pengaruh Peran Orang Tua Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. E-Journal Ilmiah Kependidikan Vol 2 No 1. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/370/355

Muhamad Edra, K. E. N. (2017). Proses Komunikasi Antarpribadi Dalam Mengembangkan Potensi Anak Jalanan (Studi Kasus di Sanggar Alang-Alang Surabaya). Stikosa-AWS.

Parcilla, M, Kawung. (2016). Peran Komunikasi Antarpribadi Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Di Desa Sea Satu Kecamatan Pineleng Kabupaten Minahasa. E-Journal Unsrat. Vol 5 No 2. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/11727

Rohim. (2019). Pengertian Komunikasi Antarpribadi. Buku Teori Komunikasi. CV. Putra Media Nusantara (PMN). Yuliana Rakhmawati

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>