Pengaruh Strategi Komunikasi Terpadu terhadap Kinerja Penjualan PT Enagic Indonesia

Main Article Content

Heliza Septiani
Hetty Karunia Tunjungsari

Abstract

The purpose of this study was to examine the effect of the integrated communication strategy implemented by PT Enagic Indonesia. To determine the effect of the communication strategy applied by PT Enagic Indonesia, this research uses quantitative research methods. The data collection carried out by researchers is by using primary data and secondary data in data collection. From the results of the study, it can be concluded that an integrated communication strategy which includes advertising, sales promotion, public relations, individual sales, and marketing through the media has a positive effect on sales performance. The positive effect indicates that the better the integrated communication strategy, the higher the sales performance that will be generated by PT Enagic Indonesia. This is shown by the results of the SEM test. Advertising, sales promotion, public relations, individual selling, and marketing through the media have a CR greater than 1.960 and a p-value less than 0.05.


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi komunikasi pemasaran terpadu yang diterapkan oleh PT Enagic Indonesia. Untuk mengetahui pengaruh strategi komunikasi yang diterapkan oleh PT Enagic Indonesia, penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah dengan menggunakan data (angket, wawancara, observasi) dalam pengumpulan datanya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi terpadu yang meliputi periklanan, promosi penjualan, humas, penjualan individu, dan pemasaran melalui media berpengaruh positif terhadap kinerja penjualan. Pengaruh positif menunjukkan bahwa semakin baik strategi komunikasi terpadu, maka semakin tinggi kinerja penjualan yang akan dihasilkan oleh PT Enagic Indonesia. Hal ini ditunjukkan oleh hasil pengujian SEM terbukti bahwa periklanan, promosi penjualan, humas, penjualan individu, dan pemasaran melalui media memiliki CR lebih besar dari 1,960 dan p-value lebih kecil dari 0,05.

Article Details

How to Cite
Septiani, H., & Tunjungsari, H. K. (2022). Pengaruh Strategi Komunikasi Terpadu terhadap Kinerja Penjualan PT Enagic Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 6(6), 633–638. https://doi.org/10.24912/jmbk.v6i6.20690
Section
Articles
Author Biographies

Heliza Septiani, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

Hetty Karunia Tunjungsari, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

References

Aditya, W. R., & Lubis, E. E. (2017). Strategi komunikasi pemasaran (Studi pada event Tupperware Home Party dalam menjaga loyalitas konsumen PT. Riau Cahaya Utami di Kota Pekanbaru). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, 4(1), 1–15. https://jnse.ejournal.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/13499/13063

Alma, B. (2014). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa (Revisi). Alfabeta.

Dianti, R. (2018). Strategi komunikasi pemasaran Harian Republika untuk menciptakan kepuasan pelanggan (Studi kasus pada Harian Umum Republika). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(2), 132–146. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v1i2.859

Fauziah. (2020). Strategi komunikasi bisnis online shop “Shoppe” dalam meningkatkan penjualan. Jurnal Abiwara, 1(2), 45–53. https://ojs.stiami.ac.id/index.php/ABIWARA/article/viewFile/792/439

Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, & Rayendra, A. (2019). Pengaruh marketing digital terhadap kinerja penjualan produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantarsari Cilacap. Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan, 4(1), 50–61. https://doi.org/10.36914/jak.v4i1.189

Imanda, A., & Mahyuzar. (2018). Strategi komunikasi pemasaran Hotel Kyriad Muraya Aceh dalam menarik minat pengunjung. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM), 3(4). http://www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP/article/view/9027

Kim, J., & Morris, J. D. (2003). The effect of advertising on the market value of firms: Empirical evidence from the Super Bowl ads. Journal of Targeting, Measurement and Analysis for Marketing, 12(1), 53–65. https://doi.org/10.1057/palgrave.jt.5740098

Kitchen, P., & Schultz, D. (2003). Integrated corporate and product brand communication (1). Advances in Competitiveness Research, 11(1), 66–86. http://homes.ieu.edu.tr/bamirak/out.pdf

Kotler, P. (2003). Marketing management (11th ed.). Prentice Hall.

Latri, F. P. (2021). Strategi promosi online roti batik kukus Dapur Oliviaru Yogyakarta melalui Instagram dalam meningkatkan penjualan tahun 2020-2021 [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta]. https://etd.umy.ac.id/id/eprint/7024

Muhanji, E. M., & Ngari, B. (2014). Influence of integrated marketing communication and sales performance of commercial banks in Kenya. International Journal of Scientific and Research Publications, 5(1), 2250–3153. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.736.72&rep=rep1&type=pdf#page=525%0Awww.ijsrp.org

Rokhmawati, F. (2017). Strategi komunikasi pemasaran mengenai penanganan konsumen organisasi internasional di bagian penjualan ekspor institusi PT. Bio Farma (Persero): Studi kasus deskriptif kualitatif mengenai strategi komunikasi pemasaran di bagian penjualan ekspor institusi [Skripsi, Universitas Pasundan]. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15674

Suarni. (2018). Strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan penjualan PT. Mega Indah Sari Timor (Misi depo bangunan) di Kota Makassar [Skripsi, Universitas Dalam Negeri Alauddin Makassar]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8763/1/SUARNI_Optimized.pdf

Suherman, U. D. (2017). Kajian terhadap integrated marketing communication sebagai strategi komunikasi pemasaran. Jurnal Study and Management Research, 14(3), 1–9. https://doi.org/10.55916/smart.v14i3.11

Ubaidillah, & Fitriana, S. (2018). Strategi bauran pemasaran freeze communication dalam event pameran kuliner di Yogyakarta. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 9(1), 56–62. https://doi.org/10.31294/khi.v9i1.3636

Ulfa, A. (2019). Strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial Instagram @pempeksulthan_pindangagan [Skripsi, Universitas Sriwijaya]. http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/27767

Wulandary, C. A. (2019). Strategi komunikasi pemasaran Jigoku Ramen (Studi deskriptif kualitatif mengenai strategi komunikasi pemasaran Jigoku Ramen dalam meningkatkan penjualan di Kota Bandung) [Skripsi, Universitas Komputer Indonesia]. https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/783/

Yulianto, A. (2015). Strategi pemasaran PT. TWC dalam meningkatkan kunjungan wisatawan dan laba usaha pengelolaan Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko. Media Wisata, 13(2), 295–307. https://doi.org/10.36276/mws.v13i2.223

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.