Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Kualitas Produk terhadap Kinerja Bisnis UMKM (Studi Kasus pada Bakmi Alex TSS)

Main Article Content

Andre

Abstract

The purpose of this study was to see the effect of price, service quality, and product quality on MSME business performance. This study used a survey that was distributed to 100 customers in a case study at Bakmi Alex TSS. Sampling using non-probability sampling method and analysis using SPSS software. The results of SPSS show that price, service quality, and product quality each have a different influence and level of significance on MSME business performance. Price has a relationship that does not have a significant effect on business performance, service quality, and product quality influence MSME business performance. The results of this study can provide a broader perception of the business performance of MSMEs. The workforce must make more efforts to create positive perceptions of customers to produce good business performance.


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh harga, kualitas pelayanan, dan kualitas produk terhadap kinerja bisnis UMKM. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan pada 100 pelanggan pada studi kasus di Bakmi Alex TSS. Pengambilan sampel menggunakan metode Non-probability Sampling dan dianalisis menggunakan software SPSS. Hasil SPSS menunjukkan bahwa harga, kualitas pelayanan, dan kualitas produk masing-masing memiliki pengaruh dan tingkat signifikansi yang berbeda terhadap kinerja bisnis UMKM. Harga memiliki hubungan yang tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja bisnis, kualitas pelayanan, dan kualitas produk memiliki adanya pengaruh terhadap kinerja bisnis UMKM. Hasil penelitian ini dapat memberikan persepsi yang lebih luas mengenai kinerja bisnis UMKM. Para tenaga kerja harus lebih berusaha menciptakan persepsi positif kepada pelanggan agar menghasilkan kinerja bisnis yang baik.

Article Details

How to Cite
Andre. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Kualitas Produk terhadap Kinerja Bisnis UMKM (Studi Kasus pada Bakmi Alex TSS). Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 6(4), 364–368. https://doi.org/10.24912/jmbk.v6i4.19316
Section
Articles
Author Biography

Andre, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

References

Boniface, B., Gyau, A., & Stringer, R. (2012). Linking price satisfaction and business performance in Malaysia’s dairy industry. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 24(2), 288–304. https://doi.org/10.1108/13555851211218066

Haryono, T., & Marniyati, S. (2018). Pengaruh market orientation, inovasi produk, dan kualitas produk terhadap kinerja bisnis dalam menciptakan keunggulan bersaing. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 17(2), 51–68. https://doi.org/10.20961/jbm.v17i2.17174

Helfert, E. A. (1997). Analisis laporan keuangan (N. Sembiring (ed.); H. Wibowo (trans.); 7th ed.). Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of marketing (16th ed.). Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing management (14th ed.). Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.

Payne, A. (2000). The essence of service marketing: Pemasaran jasa (F. Tjiptono (trans.)). Andi.

Rivai, V., Basri, A. F. M., Sagala, E. J., & Murni, S. (2005). Performance appraisal: Sistem yang tepat untuk menilai kinerja karyawan dan meningkatkan daya saing perusahaan. RajaGrafindo Persada.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill building approach (7th ed.). John Wiley & Sons.

Sumardi, & Fernandes, A. A. R. (2020). The influence of quality management on organization performance: service quality and product characteristics as a medium. Property Management, 38(3), 383–403. https://doi.org/10.1108/PM-10-2019-0060