Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen di Optic Sun’s
Main Article Content
Abstract
The purpose of this research is to examine the effect of price perception and product quality on consumer buying interest in Sun's Optic Stores. The number of respondents examined in this study was 120 respondents, all respondents were consumers who had bought eyeglasses products at Optic Sun’s. The instrument used in this study was a questionnaire. The questionnaire had passed the instrument test phase and was declared valid and reliable in measuring all research variables. The method used in this research is a quantitative research method. Research data were analyzed using multiple linear regression analysis techniques with the help of the SPSS program. Based on the analysis of research data, the results are obtained that partially the price and quality of the product have a positive and significant effect on buying interest, this shows that the better the price and product quality suitability, the higher the consumer's buying interest. Furthermore, based on the results of simultaneous influences, it was found that the price and quality of the products together had a significant effect on buying interest with a contribution of 55.1%.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen di Toko Optic Sun’s. Jumlah responden yang diteliti dalam penelitian ini adalah sebanyak 120 responden, seluruh responden merupakan konsumen yang telah membeli produk kaca mata di Optic Sun’s. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa angket kuesioner. Kuesioner telah melalui tahap uji coba instrumen dna dinyatakan valid dan reliabel dalam mengukur seluruh variabel penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa metode penelitian kuantitatif. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS. Berdasarkan hasil analisa data penelitian, diperoleh hasil bahwa secara parsial harga dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kesesuaian harga dan kualitas produk maka semakin tinggi minat beli konsumen. Selanjutnya, berdasarkan hasil uji pengaruh simultan diperoleh hasil bahwa harga dan kualitas produk secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat beli dengan besar kontribusi sebesar 55,1%.
Article Details
This work is licensed under a Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adisaputro, Gunawan. (2010). Manajemen Pemasaran : Analisis untuk Perancangan Strategi Pemasaran. Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, Yogyakarta.
Anwar, Syaiiful. (2015). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian “Bunchbead Kota Malang”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 4 (12). ISSN: 2461-0593.
Tan, Erwin Rediono. (2011). Pengaruh Faktor Harga, Promosi dan Pelayanan terhadap Keputusan Konsumen untuk Belanja di Alfamart Surabaya. Jurnal Kewirausahaan, 5 (2). ISSN. 1978-4724
Ichwanul, Akbar. (2011). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Minuman Coca-cola. Universitas Mercubuana, Jakarta.
Kotler, Philip, & Keller, K.L., (2006). Marketing Management (12th ed.). Pearson
Kotler, Philip, & Armstrong, Gary. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran (Alih Bahasa). Jakarta : Penerbit Salemba Empat.
Kotler, Philip, & Susanto, A.B. (2001). Manajemen Pemasaran di Indonesia, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian (1st ed.). Jakarta : Penerbit Salemba Empat.
Lonardo, & Seolasih, Yasintha. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Lingkungan Fisik. Jurnal Manajemen, 1 (1).
Lutfiani, Eva. (2016). Pengaruh Persepsi Kualitas, Citra Merek, dan Persepsi Harga terhadap Minat Pembelian pada Produk Merek Toko Bio Organik. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Owusu, Alfred. (2013). Influences of Price and Quality on Consumer Purchase of Mobile Phone in The Kumasi Metropolis in Ghana a Comparative Study. European Journal of Business and Management, 5 (1).
Swastha, Basu Dharmmesta & Handoko, Hani. (2012). Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen (1st ed.). Yogyakarta : BPFE.
Tjiptono, Fandy. (2001). Strategi Pemasaran (2nd ed.). Yogyakarta : Penerbit Andi.
Tjiptono, Fandy & Gregorius Chandra. (2006). Manajemen Pelayanan Jasa (1st ed.). Yogyakarta : Andi.