Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap niat beli konsumen pada produk kerajinan tangan di toko Lind’s Craft, Jakarta

Main Article Content

Linda Bahari Putri
Carunia Mulya Firdausy

Abstract

This research aims to analyze the influence of product quality, price, and promotion on consumer purchasing intentions for handicraft products at the Lind’s Craft Store, Jakarta. The analytical research method used is multiple linear regression analysis with SPSS 25 tools. The sampling method in this research is nonprobability sampling with a convenience sampling technique. The number of samples in this research was 250 respondents. The results of this research show that the three variables of product quality, price, and promotion positively affect consumer purchase intentions for Lind’s Craft, Jakarta products, both partially and jointly. The suggestions from this research are that it is hoped that Lind’s Craft, Jakarta needs to pay attention to the level of product quality, price, and promotion to increase consumer and customer purchasing intentions for the handicraft products offered by Lind’s Craft. It would be better if product prices need to be designed and adjusted to the quality or perceived benefits so that consumers’ purchasing intentions increase. Promotion by recommending brands can also increase consumer purchasing intentions. Product quality by highlighting product innovation and after-sales service is also an effort that needs to be made to increase consumer purchasing intentions for handicraft products from Lind’s Craft, Jakarta.


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan melihat pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap niat beli konsumen pada produk kerajinan tangan di toko Lind’s Craft, Jakarta. Metode penelitian analisis yang digunakan, yakni analisis regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS 25. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah secara non-probability sampling dengan teknik convenience sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 250 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga variabel kualitas produk, harga dan promosi berpengaruh positif terhadap niat beli konsumen pada produk Lind’s Craft, Jakarta baik secara parsial maupun bersama-sama. Saran dari penelitian ini diharapkan pihak Lind’s Craft, Jakarta perlu memperhatikan tingkat kualitas produk, harga, serta promosi untuk meningkatkan niat beli konsumen dan pelanggan pada produk kerajinan tangan yang ditawarkan oleh Lind’s Craft. Sebaiknya harga produk perlu dirancang dan disesuaikan dengan kualitas atau manfaat yang dirasakan agar niat beli konsumen semakin naik. Promosi dengan cara merekomendasikan merek dapat pula membuat niat beli konsumen meningkat. Kualitas produk dengan menonjolkan inovasi produk dan pelayanan after sales juga merupakan upaya yang perlu dilakukan untuk meningkatkan niat beli konsumen pada produk kerajinan tangan Lind’s Craft, Jakarta.

Article Details

How to Cite
Putri, L. B., & Firdausy, C. M. (2024). Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap niat beli konsumen pada produk kerajinan tangan di toko Lind’s Craft, Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 8(3), 635–644. https://doi.org/10.24912/jmbk.v8i3.30224
Section
Articles
Author Biographies

Linda Bahari Putri, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

Carunia Mulya Firdausy, Universitas Tarumanagara

Program Studi Doktor Ilmu Manajemen, Program Pascasarjana

References

Boyd, H. W., Walker, O. C., & Larreche, J.-C. (2000). Manajemen pemasaran: Suatu pendekatan strategis dengan orientasi global (Y. Sumiharti (ed.); I. Nurmawan (trans.); 2nd ed.). Erlangga.

Chi, H. K., Yeh, H. R., & Huang, M. W. (2011). The influences of advertising endorser, brand image, brand equity, price promotion, on purchase intention-The mediating effect of advertising endorser. The Journal of Global Business Management, 5, 224–233. https://nhuir.nhu.edu.tw/bitstream/987654321/27156/1/The Influences of Advertising.pdf

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE.

Fenetta, A., & Keni. (2020). Pengaruh brand awareness dan perceived quality terhadap purchase intention: Brand loyalty sebagai variabel mediasi. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 4(6), 270–275. https://doi.org/10.24912/jmbk.v4i6.9792

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gorji, M., & Siami, S. (2020). How sales promotion display affects customer shopping intentions in retails. International Journal of Retail and Distribution Management, 48(12), 1337–1355. https://doi.org/10.1108/IJRDM-12-2019-0407

Haryono, J., & Wicaksono, H. (2022). Dampak kualitas layanan dan harga terhadap niat membeli. Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, 4(2), 110–114. https://doi.org/10.23887/jmpp.v4i2.44075

Ishtiaq, M. (2019). Book review: Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative and mixed methods approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage. English Language Teaching, 12(5), 40–41. https://doi.org/10.5539/elt.v12n5p40

Islamiah, F., Harmayanto, & Jayanti, R. D. (2019). Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian minuman merek Teh Pucuk Harum pada toko Dhea Sembako di Tanah Grogot. Gajah Putih Journal of Economics Review, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.55542/gpjer.v1i1.376

Juli, P. R., Suardhika, I. N., & Hendrawan, G. Y. (2021). Pengaruh inovasi produk , kualitas produk dan digital marketing terhadap keputusan pembelian pada Angelo Store Ubud Bali. Jurnal Values, 2(2), 373–385. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/value/article/view/2687

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing (17th ed.). Pearson Education.

Kotler, P., & Bliemel, F. (2001). Marketing-Management (10th ed.). Schäffer-Poeschel.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran (A. Maulana & W. Hardani (eds.); B. Sabran (trans.); 13th ed.). Erlangga.

Kumesan, B. Y., Wenas, R. S., & Poluan, J. G. (2021). Analisis pengaruh diferensiasi produk, persepsi harga dan promosi terhadap niat beli konsumen di restoran cepat saji Richeese Factory Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(4), 1187–1197. https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.37304

Kuswoyo, C., Lu, C., Abednego, F., & Veronica, S. (2022). Peran citra merek dalam memediasi pengaruh influencer instagram terhadap niat beli produk pakaian pada kaum wanita generasi Z di Kota Bandung. Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri), 16(1), 75–89. https://doi.org/10.22441/pasti.2022.v16i1.007

Laksamana, P. (2018). Impact of social media marketing on purchase intention and brand loyalty: Evidence from Indonesia’s banking industry. International Review of Management and Marketing, 8(1), 13–18. https://econjournals.com/index.php/irmm/article/view/5838

Lee, S., Illia, A., & Lawson-Body, A. (2011). Perceived price fairness of dynamic pricing. Industrial Management and Data Systems, 111(4), 531–550. https://doi.org/10.1108/02635571111133533

Lionitan, W., & Firdausy, C. M. (2023). Pengaruh persepsi harga, word of mouth dan customer satisfaction terhadap purchase intention pelanggan Mixue di Cibubur. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 5(3), 805–813. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i3.25450

Maharani, N., Helmi, A., Mulyana, A., & Hasan, M. (2020). In-store promotion and customer value on private label product purchase intention. Innovative Marketing, 16(4), 104–116. https://doi.org/10.21511/im.16(4).2020.09

Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh kualitas produk, citra merek, kepercayaan, kemudahan, dan harga terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee (Survei pada mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen), 7(1), 43–53. https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i1.1528

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2013). Perilaku konsumen dan strategi pemasaran (D. T. Dwiandani (trans.)). Salemba Empat.

Putra, W. R., & Dirgantara, I. M. B. (2018). Analisis pengaruh kualitas produk, persepsi harga, promosi, dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk bawang hitam Myrican di Bandung. Diponogoro Jurnal of Management, 7(4), 743–751. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/22502

Rai, P., & Gupta, O. J. (2019). Measuring the mediating effect of utilitarian motive in the relationship of product quality, product price with consumer purchase intention. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(2 Special Issue 10), 809–816. https://doi.org/10.35940/ijrte.B1148.0982S1019

Rizellia, Sampurno, & Fudholi, A. (2014). Analisis pengaruh atribut yang berhubungan dengan produk dan pembelian terhadap loyalitas: Studi pada konsumen produk Martha Tilaar di Kabupaten Blora. Jurnal Manajemen Dan Pelayanan Farmasi (Journal of Management and Pharmacy Practice), 4(1), 7–12. https://doi.org/10.22146/jmpf.250

Salsabillah, N., & Arifiansyah, R. (2022). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Al-Buraq Cafe. Jurnal Panorama Nusantara, 17(2), 1–15. https://erepository.stein.ac.id/index.php/panorama/article/view/1944

Sunyoto, D. (2014). Dasar-dasar manajemen pemasaran: Konsep, strategi, dan kasus. CAPS.

Teo, L. X., Leng, H. K., & Phua, Y. X. P. (2019). Marketing on Instagram: Social influence and image quality on perception of quality and purchase intention. International Journal of Sports Marketing and Sponsorship, 20(2), 321–332. https://doi.org/10.1108/IJSMS-04-2018-0028

Yuwono, W., & Wiwi, J. (2021). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keinginan konsumen untuk melakukan pembelian online di Kota Batam. Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Science, 1(1), 2207–2220. https://journal.uib.ac.id/index.php/combines/article/view/4755

Zahra, K. F., Listyorini, S., & Pinem, R. J. (2021). Pengaruh celebrity endorser, electronic word of mouth, dan harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen koesmetik Wardah di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 965–973. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.30604

Zeeshan, Z. M. (2013). The impact of mobile service attributes on males’ and females’ purchase decision. Management & Marketing, 8(4), 669–682. http://www.managementmarketing.ro/pdf/articole/332.pdf