Pengaruh Motif Mengakses Akun Video dalam Aplikasi Chatting terhadap Kepuasan Khalayak (Survei terhadap Generasi Milenial yang Menggunakan LINE TODAY)

Parousia Parousia, Riris Loisa
| Abstract views: 136 | views: 102

Abstract

Humans who continue to communicate with other humans cause the spread and acceptance of information increasingly consciously or unconsciously. This also causes a lot of renewal in various fields of life, including information technology. Now, information are more easily and quickly accessed through various existing media, including through new media and social media. The study aims to determine the effect of motives for accessing video accounts in chat applications towards audience satisfaction. This research uses social media theory, new media, and uses and gratification theory. The approach used is quantitative. The sampling technique used was non probability sampling, purposive sampling with a sample of 100 respondents who are millennials who access video accounts in a chat application (LINE TODAY). The technique of data collection is done by distributing Google Forms questionnaires consisting of 18 indicators. The final result obtained are the closeness between the two variables included in the high criteria. And there is an influence between the two variables whose direction is said to be positive.

Manusia yang terus menerus melakukan komunikasi dengan manusia lain menyebabkan persebaran dan penerimaan terhadap informasi semakin meningkat secara sadar maupun tidak disadari. Ini juga menyebabkan banyak pembaharuan di berbagai bidang kehidupan, tak terkecuali teknologi informasi.  Kini, informasi semakin mudah dan cepat diakses melalui berbagai media yang ada, termasuk melalui media baru dan media sosial. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh motif mengakses akun video dalam aplikasi chatting terhadap kepuasan khalayak. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teori sosial media, media baru, penggunaan dan kepuasan media. Teknik sampling yang digunakan adalah non probabilitas, yaitu teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 100 responden yang merupakan generasi milenial yang mengakses akun video dalam aplikasi chatting (LINE TODAY). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner Google Forms yang terdiri dari 18 indikator.  Hasil akhir yang diperoleh adalah keeratan antara dua variabel termasuk dalam kriteria tinggi. Serta terdapat pengaruh antara kedua variabel yang arahnya dikatakan positif.

Keywords

audience satisfaction; motives; video accounts

Full Text:

PDF

References

Digital 2019: Indonesia — DataReportal – Global Digital Insights. (n.d.). Retrieved December 15, 2019, from https://datareportal.com/reports/digital-2019- indonesia

Kriyantono, Rachmat. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Martono, Nanang. (2016). Metode penelitian kuantitatif: analisis isi dan analisis data sekunder (Ed. Revisi 2.). Jakarta: Rajawali Pers 2016.

Nisfiannoor, Muhammad. (2013). Pendekatan Statistika Modern: Aplikasi Dengan Software Dan E-Views. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Pengguna LINE di Indonesia Capai 90 Juta, Didominasi Anak Muda - kumparan.com. (n.d.). Retrieved November 16, 2019, from https://kumparan.com/kumparantech/pengguna-line-di-indonesia-capai-90- juta-didominasi-anak-muda

Siregar, Sofyan. (2012). Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sujarweni, V.Wiratna. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PUSTAKA BARU PRESS.

Azeharie, Suzy dan Kusuma, Octavia. (2014). Analisis Penggunaan Twitter Sebagai Media Komunikasi Selebritis Di Jakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.6, No2, 82-96.

Copyright (c) 2020 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.