Interaksi Simbolik dalam Perencanaan Komunikasi Pemasaran PT. Microad Indonesia (Studi Etnografi: Systema Solution di Media Sosial)

Main Article Content

Andre Wijaya
Muhammad Adi Pribadi

Abstract

Marketing communication activities carried out to be able to increase sales and introduce a brand to the wider community, in the current technological era social media plays an important role in conducting marketing communication. Lots of people use social media, this is an opportunity to do marketing communication through social media. PT. MicroAd Indonesia is an advertising company engaged in digital. PT. MicroAd Indonesia has its own way of marketing communication that is different from other advertising companies. Symbolic interactions also affect the marketing communication of PT. MicroAd Indonesia. This research uses a qualitative methodology with ethnographic methods. Data collection was carried out using participant observation, in-depth interviews with several teams at PT. MicroAd Indonesia, and also document analysis. The conclusion of this study is that there are several stages of marketing communication planning consisting of first meeting with clients, Kick Off, Doing research such as searching for key messages, Content Pillar and Content Mapping and then creating content for on social media such as Instagram, Facebook and Twitter to the final stage that is Monitoring.

Kegiatan komunikasi pemasaran dilakukan untuk dapat meningkatkan penjualan dan memperkenalkan sebuah merek kepada masyarakat luas, di era teknologi saat ini media sosial sangat berperan penting dalam melakukan komunikasi pemasaran, Banyak sekali orang-orang yang menggunakan media sosial, ini merupakan suatu kesempatan untuk melakukan komunikasi pemasaran melalui media sosial. PT. MicroAd Indonesia adalah suatu perusahaan periklanan yang bergerak dibidang digital. PT. MicroAd Indonesia memiliki cara tersendiri untuk melakukan komunikasi pemasaran yang berbeda dengan perusahaan periklanan lainnya. Interaksi simbolik juga mempengaruhi komunikasi pemasaran PT. MicroAd Indonesia. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan metode etnografi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dengan beberapa tim di PT. MicroAd Indonesia, dan juga analisis dokumen. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat beberapa tahapan perencanaan komunikasi pemasaran yang terdiri dari pertemuan pertama dengan klien, Kick Off, Melakukan riset seperti mencari key message, Content Pillar dan Content Mapping lalu pembuatan konten untuk di media sosial seperti Instagram, Facebook dan Twitter hingga ketahap akhir yaitu adalah Monitoring.

Article Details

How to Cite
Wijaya, A., & Pribadi, M. A. (2020). Interaksi Simbolik dalam Perencanaan Komunikasi Pemasaran PT. Microad Indonesia (Studi Etnografi: Systema Solution di Media Sosial). Prologia, 4(2), 402–410. https://doi.org/10.24912/pr.v4i2.6712
Section
Articles

References

Donni Juni Priansa. (2017) Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: Pustaka Setia.

Kotler Philip, Keller Kevin Lane (2012). Manajemen Pemasaran Terpadu edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kuswarno, Engkus. (2008). Etnografi Komunikasi: Suatu pengantar dan contoh penelitiannya. Bandung: Widya Padjadjaran.

Kuswarno, Engkus. (2009). Metode Penelitian Komunikasi : Fenomenologi, Konsepsi, Pedoman dan Contoh Penelitiannya. Bandung: Widya Padjajaran.

Pribadi, Muhammad Adi, Suganda, Venus & Susanto, Eko Harry (2018). Dinamika Perusahaan Periklanan Indonesia: Studi Kasus Komunikasi dan Budaya Organisasi Dwi Sapta IMC dan Fortune Indonesia. Disertasi Universitas Padjajaran. Bandung: Universitas Padjajaran.

Richard West, Lynn H.Turner. (2008). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi (buku 1) (Edisi 3). Jakarta: Salemba Humanika.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

MicroAd Indonesia. (n.d). Tentang MicroAd Indonesia. Oktober 17, 2019. https://microad.co.id/about-us/