Efektivitas Kampanye Ayo Minum untuk Sehat terhadap Kepercayaan Konsumen Le Minerale

Main Article Content

Jesslyn Herika Gracia
H.H. Daniel Tamburian

Abstract

In Indonesia, consuming water and exercising are done only by a few people, so various types of diseases and body fatigue attack them. So many public relations or marketing officers of  the company think of various ways in order to increase their sales. Therefore, Le Minerale created “Ayo Minum Untuk Sehat” campaign to familiarize people with a healthy life and consume quality mineral water. The purpose of this research was findout “Ayo Minum Untuk Sehat” campaign effectiveness into consumer trust. The main theories  used in this research are the campaign theory, consumer trust, and mass communication theory.The method used is a quantitative descriptive  method by taking simple random sampling as the simple technique. The population in this study was 7 thousand participants of the campaign of  “Ayo Minum Untuk Sehat” with a sample of 99 respondents. After the questionnaire was distributed, an analysis of validity, reliability, normality, correlation coefficient, coefficient of determination, simple regression, and hypothesis testing or t test were carried out. The result of the research reveals that the campaign “Ayo Minum Untuk Sehat” is effective related to consumer trust.

 

Di Indonesia, mengkonsumsi air putih dan olahraga secara rutin hanya dilakukan oleh sedikit orang, sehingga muncul berbagai jenis penyakit dan rasa tubuh yang cepat lelah. Hadirnya profesi dalam dunia public relations atau marketing membuat perusahaan memikirkan berbagai cara agar dapat mensukseskan perusahaannya. Oleh sebab itu, Le Minerale membuat kampanye Ayo Minum Untuk Sehat untuk membiasakan masyarakat agar hidup sehat dan mengkonsumsi air mineral berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas kampanye Ayo Minum Untuk Sehat terhadap kepercayaan konsumen Le Minerale. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kampanye dan komunikasi massa. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pengambilan teknik sampling berupa simple random sampling. Populasi pada penelitian ini sebanyak 7000 peserta kampanye Ayo Minum Untuk Sehat dengan jumlah sampel sebanyak 99 responden. Setelah kuesioner disebarkan, dilakukan analisis validitas, reliabilitas, normalitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi sederhana, dan uji hipotesis atau uji t. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kampanye  Ayo Minum Untuk Sehat efektif secara signifikan terhadap kepercayaan konsumen Le Minerale.

Article Details

How to Cite
Gracia, J. H., & Tamburian, H. D. (2020). Efektivitas Kampanye Ayo Minum untuk Sehat terhadap Kepercayaan Konsumen Le Minerale. Prologia, 4(1), 46–52. https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6426
Section
Articles

References

Effendi, Masri dan Sofian, Sisingamaribun. (2011). Metode Penelitian Survei. Jakarta: CV Haji Masagung

Effendy, Onong Uchjana. (2015). Ilmu, Komunikasi Teori dan Praktek Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditia Bakti

Ruslan, Rosady. (2013). Kiat dan Strategi Kampanye PR. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Venus, Antar. (2009). Manajemen Kampanye Panduan Teoritis dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset

Firdayanto, Restika. (2012). 13 Oktober 2019. Persepsi Risiko Melakukan E-Commerce Dengan Kepercayaan Konsumen Dalam Membeli Produk Fashion Online. Journal of Social and Industrial Psychology, 1, 1-7

Janne & Widayatmoko. (2014). Representasi Kampanye Politik Dalam Game (Analisis Semiotik Dalam Game Jokowi Go! Dan Game Prabowo The Asian Tiger). Jurnal Komunikasi, 7,1, 98-107

CNN Indonesia. (2018). 17 September 2019. Kurang Minum Air Mineral Berujung Penyakit Kronis. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20181108115037-255-344924/kurang-minum-air-mineral-berujung-penyakit-kronis