Minat Konsumen pada Flash Sale Tokopedia
Main Article Content
Abstract
This research discusses the application of marketing mix concept which consists of product, price, promotion, and distribution system in the implementation of marketing activity held by Tokopedia which called flash sale. The purpose of this research is to know what factors that influence consumer interest the most in Tokopedia’s flash sale. The theory used in this research are communication technology, new media, marketing mix, and consumer interest. In this research authors use qualitative descriptive methods, and in-depth interviews, as well as internet data observation to collect data. The result of this research is author found that product, price, promotional activities, and the platform where the flash sale takes place are each have effect on consumer interest. However, the most significant ones are products and price because those are considered the ones that could fulfil the needs and desires of consumers.
Penelitian ini membahas tentang penerapan konsep bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi, dan sistem distribusi atau dalam hal ini sebagai tempat atas penyelenggaraan kegiatan pemasaran yang diadakan Tokopedia yaitu flash sale. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara mendalam faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap minat konsumen pada kegiatan flash sale Tokopedia. Peneliti menggunakan teori teknologi komunikasi dalam turunannya yaitu media baru, penerapan konsep bauran pemasaran, dan minat konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan metode pengumpulan data yaitu wawancara secara mendalam serta penelusuran data secara online. Unsur produk, harga, kegiatan promosi, serta tempat dimana flash sale tersebut diselenggarakan menentukan minat konsumen terhadap kegiatan tersebut. Namun unsur yang paling signifikan dalam mempengaruhi minat konsumen adalah produk yang ditawarkan dan harga yang ditetapkan. Dua hal tersebut dianggap sebagai faktor utama oleh konsumen untuk dapat memenuhi kebutuhan serta keinginannya.
Article Details
References
Agus, H. & Martono. (2012). Manajemen Keuangan (Edisi 2). Yogyakarta: Ekonisia.
Ferdinand, A. (2002). Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, P. & Kevin, L, K. (2016). Marketing Management (Edisi 15). United Kingdom: Pearson Education.
Martono, N. (2012). Sosiologi Perubahan Sosial: Perspektif klasik, Modern, Postmodern, dan Postkolonial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Moleong, L, J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Prastowo, A. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-ruzzmedia.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, E, H. (2011). Media Baru: Kebebasan Informasi Dan Demokrasi Di Kalangan Generasi Muda. Surakarta: Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
www.tokopedia.com/about/ diakses pada 13 September 2020
We Are Social. 2020. <https://wearesocial.com/blog/2020/01/digital-2020-3-8-billion-people-use-social-media> diakses pada 13 September 2020.