Pengaruh Promosi Gratis Ongkos Kirim Shopee Terhadap Minat Beli Konsumen di Toko Non Star Seller
Main Article Content
Abstract
This study aims to determine whether or not Shopee's free shipping has an effect on consumer buying interest in non-star seller stores. The theory used by the writer is marketing communication, promotion and buying interest. This study uses a quantitative research approach with a questionnaire method. The research technique used is non-probability sampling with a purposive sampling approach, in which samples are taken by determining criteria or special characteristics that can provide the desired and appropriate information and are expected to be able to answer research problems. Respondents in this study were 100 respondents. The population of this research is Shopee e-commerce users who have made transactions using free shipping vouchers. Data collection techniques using a questionnaire and literature study. The test requirements used are validity test, reliability test and normality test. Data analysis using the T test, correlation coefficient test, coefficient of determination and simple regression analysis. The results of this study indicate the promotion of free shipping has a low effect on consumer buying interest in non-star seller stores by 7.9%.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh gratis ongkos kirim Shopee terhadap minat beli konsumen di toko non star seller. Teori yang digunakan penulis adalah komunikasi pemasaran, promosi dan minat beli. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode kuesioner. Teknik penelitian yang digunakan adalah non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling yaitu sampel di ambil dengan cara menetapkan kriteria atau ciri-ciri khusus yang dapat memberikan informasi yang diinginkan dan sesuai dan diharapkan mampu menjawab permasalahan penelitian. Responden dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Populasi penelitian ini adalah pengguna e-commerce Shopee yang pernah bertransaksi dengan menggunakan voucher gratis ongkos kirim. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan studi kepustakaan. Uji pesyaratan yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas dan uji normalitas. Analisis data dengan menggunakan uji T, uji koefisien korelasi, koefisien determinasi dan analisis regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan promosi gratis ongkos kirim memiliki pengaruh rendah terhadap minat beli konsumen di toko non star seller sebesar 7,9%.
Article Details
References
Aprianto, N., & Candraningrum, D. A. (2020). Pengaruh personal selling terhadap Minat Beli Produk PRUlink Generasi Baru Nasabah prudential life assurance Indonesia. Prologia, 3(2), 313-319. < https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/6348/4912>, diunduh tanggal 29 September 2020
Boone, Louis E dan Kurtz, David L. (2002) Pengantar bisnis jilid ke-1. Terjemahan Anwar Fadriansyah, Jakarta: Penerbit Erlangga.
Fandy Tjiptono, Ph.D. (2015) Strategi pemasaran edisi 4, Yogyakarta: Penerbit Andi,
Geraldine, G., & Candraningrum, D. A. (2020). Pengaruh Kredibilitas brand ambassador non-celebrity Analisa Widyaningrum terhadap Keputusan Pembelian Hijabenka. Prologia, 4(1), 25. https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/6422/4963
Julianti, D. A., & Junaidi, A. (2020). Pengaruh word of mouth Terhadap Keputusan Pembelian Baso Aci Akang Citra Raya Tangerang. Prologia, 4(1), 75-81. <https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/6437/4973>, diunduh tanggal 20 Oktober 2020
Kara, Anastasia (2016) Pengaruh promosi penjualan pakaian online shop elevenia di BBM grup terhadap minat beli mahasiswi. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. 5(1). 2016 <https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fisip/article/view/218>, diunduh tanggal 29 September 2020
Kotler, P., dan Keller, K.L., (2012) Marketing management, Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.
Wijaya, V. A., & Oktavianti, R. (2019). Pengaruh brand image e-Commerce Terhadap Minat Beli Konsumen (Survei Pada Pelanggan Tokopedia). Prologia, 2(2), 531-537. <https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/3740/2176> diunduh tanggal 29 September 2020
Wong, Jony. (2010) Internet marketing for beginners, Jakarta: Elex Media Komputindo. Diakses dari https://www.carashopee.com/2018/10/perbedaan-seller-biasa-star-seller-shopee-mall.html pada 28 September 2020