Strategi Komunikasi Kampanye Budaya Sensor Mandiri Lembaga Sensor Film Republik Indonesia di Media Sosial TikTok

Main Article Content

Andinar Putri Prasetya
Riris Loisa

Abstract

The Indonesian Film Censorship Board (LSF) plays a crucial role in educating the public about the importance of selecting age-appropriate content through the National Movement for Independent Censorship Culture. This study analyzes LSF's communication strategies in promoting this culture on the social media platform TikTok. Utilizing public communication theory, the research employs a qualitative approach, including in-depth interviews with LSF’s Public Relations team and direct observation. The findings indicate that LSF has successfully implemented an effective communication strategy. The campaign content, which provides information and knowledge about Independent Censorship Culture, has been effective in raising public awareness. Overall, the study concludes that LSF’s campaign on TikTok has made a positive contribution to enhancing the public's understanding of the importance of selecting age-appropriate content in line with classification standards.


Lembaga Sensor Film (LSF) RI berperan penting dalam mengedukasi masyarakat mengenai pemilihan tontonan yang sesuai usia melalui Gerakan Nasional Budaya Sensor Mandiri. Penelitian ini menganalisis strategi komunikasi LSF RI dalam mengkampanyekan budaya tersebut di media sosial TikTok. Menggunakan teori komunikasi publik, penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan wawancara mendalam bersama Tim Publikasi LSF RI dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LSF RI berhasil menerapkan strategi komunikasi yang efektif, dengan konten kampanye yang menyajikan informasi dan pengetahuan mengenai Budaya Sensor Mandiri. Konten ini dianggap berhasil meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memilih tontonan yang sesuai dengan klasifikasi usia. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa kampanye LSF RI di TikTok memberikan kontribusi positif dalam memperluas pemahaman publik tentang pentingnya sensor film dan pengawasan tontonan berdasarkan usia.

Article Details

How to Cite
Prasetya, A. P., & Loisa, R. (2025). Strategi Komunikasi Kampanye Budaya Sensor Mandiri Lembaga Sensor Film Republik Indonesia di Media Sosial TikTok. Prologia, 9(1), 139–146. https://doi.org/10.24912/pr.v9i1.33211
Section
Articles
Author Biography

Riris Loisa, Universitas Tarumanagara

Fikom Untar

References

Bernadette, S., Ronnfeld, S. A., Miranda, M., & Tarigan, Y. (2024). Penerapan Sensor Mandiri di Bioskop: Sebuah Kajian atas Kampanye “Bioskop Sadar Sensor Mandiri” oleh LSF. 5(2). https://doi.org/10.55314/tsg.v5i2.733

Data Primer adalah Jenis Data Utama, Berikut Penjelasan Lengkapnya. (2023). Merdeka.Com.

Hasan, M., & Khairani, T. (2022). METODE PENELITIAN KUALITATIF.

Kusmayani, Z., & Winduwati, S. (2024). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Dalam Membangun Citra Lembaga Sensor Film (LSF) RI. 483–492. https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/27680/18946

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787

Rahardjo, H. M., & Si, M. (2017). STUDI KASUS DALAM PENELITIAN KUALITATIF: KONSEP DAN PROSEDURNYA oleh.

Ramadani, T., & Sofyaningrum, E. D. (2020). Strategi Komunikasi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dalam Penyetaraan Jabatan Administrasi ke Jabatan Fungsional. Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja Dan Administrasi Pelayanan Publik, 23(2), 239. https://doi.org/10.31845/jwk.v23i2.677

Renanda, T. (2018). EVALUASI KUALITATIF KEBERHASILAN SISTEM.

Sarjana, N. (2023, July 26). Definisi Data Sekunder dan Cara Memperolehnya. DetikEdu.

Susanto, D., Jailani, Ms., & Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, U. (n.d.). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim

Syafnidawaty. (2020, November 10). Observasi. Raharja.Ac.Id.

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.