Strategi Komunikasi Humas Galeri Nasional Indonesia (Studi Kasus pada Pameran Trienal Seni Patung Indonesia #3 “SKALA”)

Main Article Content

Agnes Yunita
Sinta Paramita

Abstract

Museum dianggap sebagai tempat yang menyeramkan, gelap dan sepi sehingga kurangnya minat masyarakat untuk datang berkunjung. Hal tersebut membuat humas Galeri Nasional Indonesia melakukan perencanaan agar dapat menarik pengunjung untuk datang melalui special event yang akan diadakan berupa pameran. Pameran tersebut menjadi program utama karena diadakan setiap tiga tahunnya yaitu Pameran Trienal Seni Patung Indonesia #3 “SKALA”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh Humas Galeri Nasional Indonesia melalui pameran yang akan diadakan. Teori yang digunakan adalah teori komunikasi, strategi komunikasi public relations, special event. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Data diperoleh melalui hasil observasi dan wawancara melalui empat narasumber yaitu Kepala Seksi Pameran dan Kemitraan, humas bagian media sosial dan digital, humas bagian publikasi dan media massa, serta pengunjung yang kemudian akan dianalisis dengan sumber lain melalui studi kepustakaan dan diperkuat dengan adanya dokumentasi. Hasil dari penelitian ini bahwa perlunya strategi komunikasi yang dilakukan pada museum terutama Galeri Nasional Indonesia melalui pameran.

Dimensions

Article Details

How to Cite
Yunita, A., & Paramita, S. (2018). Strategi Komunikasi Humas Galeri Nasional Indonesia (Studi Kasus pada Pameran Trienal Seni Patung Indonesia #3 “SKALA”). Prologia, 1(2), 304–308. https://doi.org/10.24912/pr.v1i2.1932
Section
Articles
Author Biographies

Agnes Yunita, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Sinta Paramita, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Bungin, Burhan. (2009). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Bungin, Burhan. (2015). Komunikasi Pariwisata (Tourism Communication) Pemasaran dan Brand Destinasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Emzir. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: PT

RajaGrafindo Persada.

Idrus, Muhammad. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan

Kuantitatif Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.

Ruslan, Rosady. (2008). Metode Penelitian dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Susanto, E.H.,& Natasya, R. (2011). Peran Public Relations Dalam Pembentukan Citra Merek Mal Central Park: Studi Tentang Jakarta Great Sale 2010 Mal Central Park. Jurnal Komunikasi, 3, 2, 1-66.

Effendy, Onong Uchjana. (2013). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.