Membangun Personal Branding di Linkedin: Perspektif Generasi Z dalam Pencarian Kerja

Main Article Content

Fanneza Rahmawati
Lina Sinatra Wijaya

Abstract

Generation Z is a generation that grows up with technology. Along with the rapid development of technology, everything has been modernized, as well as in the career world that currently has taken advantage of LinkedIn. Generation z must be able to compete in using LinkedIn by showing strong personal branding. This is because the fierce competition for jobs makes every individual must be able to compete to get a job they want. Thus, before entering the world of career, the thing that must be done by generation z is to prepare as best as possible. The same thing was also done by students of Satya Wacana Christian University (UKSW) who are classified as generation z. Students take advantage of linkedin social media to prepare for their careers. This research aims to find out personal branding on Linkedin social media in the view of generation Z to find a job. This study uses a descriptive qualitative method to obtain data through interviews with 10 resource persons from various faculties and departments at UKSW. The results of the study show that UKSW final semester students have understood that content creation on linkedin must be in accordance with the personal branding criteria, namely Authenticity, Integrity, Consistency, Specialization, Authority, Distinctiveness, Relevant, Visibility, Persistence, Goodwill and Performance. With this strategy, it can increase the opportunity to get a job during existing competition.


Generasi Z merupakan generasi yang tumbuh bersama dengan teknologi. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi menjadikan semua hal mengalami modernisasi, begitu pula dalam dunia karir yang saat ini telah memanfaatkan linkedin. Generasi z harus mampu bersaing dalam menggunakan linkedin dengan memperlihatkan personal branding yang kuat. Hal ini dikarenakan ketatnya persaingan kerja menjadikan setiap individu harus mampu bersaing untuk mendapatkan suatu pekerjaan yang diinginkan. Dengan demikian sebelum terjun ke dunia karir, hal yang harus di lakukan oleh generasi z yaitu dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin. Hal serupa juga turut dilakukan oleh mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) yang tergolong kedalam generasi z. Mahasiswa memanfaatkan media social linkedin untuk mempersiapkan karir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui personal branding pada media social Linkedin dalam pandangan generasi Z untuk mencari pekerjaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk memperoleh data melalui wawancara terhadap 10 narasumber yang berasal dari berbagai fakultas dan jurusan di UKSW. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya mahasiswa semester akhir UKSW telah  memahami bahwa dalam pembuatan konten di linkedin harus sesuai dengan kriteria personal branding yaitu Authenticity, Integrity, Consistency, Specialization, Authority, Distinctiveness, Relevant, Visibility, Persistence, Goodwill dan Performance. Dengan adanya strategi tersebut, dapat memperbesar peluang untuk mendapatkan pekerjaan di tengah persaingan yang ada.

Article Details

How to Cite
Rahmawati, F., & Wijaya, L. S. (2024). Membangun Personal Branding di Linkedin: Perspektif Generasi Z dalam Pencarian Kerja. Prologia, 8(2), 522–537. https://doi.org/10.24912/pr.v8i2.31791
Section
Articles
Author Biographies

Fanneza Rahmawati, Universitas Kristen Satya Wacana

Fakultas Teknologi Informasi

Lina Sinatra Wijaya, Universitas Kristen Satya Wacana

Fakultas Teknologi Informasi

References

Ainul Hakim. (2023). Aplikasi Linkedin Sebagai Media Eksistensi Diri Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi tidak di terbitkan, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Amalia, T. W., & Satvikadewi, P. (2020). Personal Branding Content Creator Arif Muhammad. Jurnal Representamen, 6(1). https://www.researchgate.net/publication/341249328_Personal_Branding_Content_Creator_Arif_Muhammad_Analisis_Visual_pada_Akun_Youtube_Arif_Muhammad

Ayu Rizaty, M. (2023). Data Jumlah Penduduk Indonesia (2013-2023). DataIndonesia.id. https://dataindonesia.id/varia/detail/data-jumlah-penduduk-indonesia-20132023

Chandra, E. (2003). Manfaat Personal Branding & Professional Networking Untuk Hiring Decisions Pada Media Linkedin Bagi Perusahaan. AKSES : JOURNAL OF PUBLIK & BUSINESS ADMINISTRATION SCIENCE, 5(1), 21–34. https://doi.org/10.58535/jasm.v5i1.35

Collins, B. (2012). The Importance of Personal Branding: Uses of Personal Branding for Career Development and Success [Not Published,Science in Journalism, California Polytechnic State University]. https://digitalcommons.calpoly.edu/joursp/46

Ghassani, N. A. M. (2021). Tips Menyusun Profil LinkedIn yang Baik untuk Mahasiswa. Linkedin. https://id.linkedin.com/pulse/tips-menyusun-profil-linkedin-yang-baik-untuk-mutik-ghassani

Hood, K. M., Robles, M., & Hopkins, C. D. (2014). Personal Branding and Social Media for Students in Today’S Competitive Job Market. The Journal of Research in Business Education, 56(2), 33–47.

Iin Soraya. (2017). Personal Branding Laudya Cynthia Bella Melalui Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @Bandungmakuta). Jurnal Komunikasi, 8(2), 30–38. www.antara.com

Irma Shyle. (2015). The Importance and The Process Of Personal Branding In Nowadays. UNIVERSI-International Journal of Education, Science, Technology, Innovation, Health and Environment, 1(3), 64–70. https://www.researchgate.net/publication/281435382_The_importance_and_the_process_of_personal_branding_in_nowadays

Ishihara, Y. Y. U., & Oktavianti, R. (2021). Personal Branding Influencer di Media Sosial TikTok. Koneksi, 5(1), 76. https://doi.org/10.24912/kn.v5i1.10162

Kurniati, S. S., Valdiani, D., Rusfien, I. T., & Korespondensi, S. (2022). Analisis Personal Branding Fadil Jaidi Di Media Sosial (Studi Kasus Konten Instagram, Tik Tok, Dan Youtube). Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi, 6(2), 112–121. https://journal.unpak.ac.id/index.php/apik

Lexy, M. J. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Nomor Maret). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Nuraini, D. (2017). Pengaruh Fleksibilitas Kerja Dan Spesialisasi Pekerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediating Pada PT. Daya Manunggal Salatiga [Univesitas Muhammadiyah Surakarta]. In Jurnal Penelitian. https://eprints.ums.ac.id/56652/1/NASKAH PUBLIKASI.pdf

Nurgiansah, T. H. (2018). Pengembangan Kesadaran Hukum Berlalu Lintas Siswa Melalui Model Pembelajaran Jurisprudensial Dalam Pendidikan Kewarganegaraan: Studi Kasus Di Smk Bina Essa Kabupaten Bandung Barat Kelas X Administrasi Perkantoran [Thesis tidak diterbitkan. Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/id/eprint/37064

Pamungkas, P. D. A., Maturbongs, Y. H., & Oetomo, R. K. (2021). Pelatihan Pembuatan Portofolio Pribadi Menarik Dalam Mempersiapkan Diri Melamar Pekerjaan Bagi Orang Muda Binaan Marga Sejahtera. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 1(2), 140–146. https://doi.org/10.58466/literasi.v1i2.144

Rachmawati, D. (2022). Pandangan Generasi Z Mengenai Personal Branding Online Fresh Graduates Dalam Mencari Pekerjaan. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 21(1), 137–149. https://doi.org/10.32509/wacana.v21i1.1916

Rainer, P. (2023). Sensus BPS: Saat Ini Indonesia Didominasi Oleh Gen Z. GoodStats. https://data.goodstats.id/statistic/pierrerainer/sensus-bps-saat-ini-indonesia-didominasi-oleh-gen-z-n9kqv

Rampersard, H. K. (2008). Authentic Personal Branding : A New Blueprint For Building And Aligning Powerful Leadership Brand. PPM Publishing. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/pfi.20007

Salwa, A., Away, Y., & Tabrani, M. (2018). Pengaruh komitmen, integritas dan kompetensi terhadap kinerja pegawai serta dampaknya pada kinerja komisi independen pemilihan (kip) aceh. Jurnal Magister Manajemen, 2(1), 58–67. https://jurnal.usk.ac.id/JMM/article/view/10242

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (19 ed., Nomor Oktober). CV ALFABETA.

Uyun, M. (2023). Pembinaan Karir Pada Mahasiswa Persiapan Memasuki Dunia Kerja Di Era Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(3), 2688. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i3.14989

Wijono, S., Soetjiningsih, C. H., & Prapunoto, S. (2020). Pelatihan Memasuki Dunia Kerja. Repositori Institusi | Universitas Kristen Satya Wacana, 3(1), 49–64. https://repository.uksw.edu//handle/123456789/114

Wijoyo, A., Mustofa, F. B., Febriana, I., Khalisa, S., & Muldani, V. (2023). Sistem E-RECRUITMENT Atau Proses Perekrutan Berbasis Elektronik: Studi Kasus Pada PT. Astra Internasional Tbk. TEKNOBIS: Jurnal Teknologi, Bisnis dan Pendidikan, 1(2), 247–252. https://jurnalmahasiswa.com/index.php/teknobis

Winoto, H. Y. (2016). Peranan Brand Endorser Dan Personal Branding Pustakawan Dalam Membangun Citra Perpustakaan: Dalam Tinjauan Komunikasi. Visi Pustaka, 18(2), 107–116. https://www.academia.edu/download/92501295/97-175-1-PB.pdf