Analisis Branding Haka Dimsum Melalui Komunikasi Visual
Main Article Content
Abstract
Digital era is a phenomenon that happening in the present and digital era is a technological advancement that is used by everyone. Haka Dimsum in conducting promotions in the digital era is the most important activity. The goal promotional activities carried out by Haka Dimsum is to trigger branding, it serves to provide an identity that has a characteristic of the product. To do the branding, Haka Dimsum creates contents in the form of photos and videos. Contents presented to the public, the contents have a role to convey the message by visual communication. This can be helped by using social media, especially Instagram because there are many users. This research discusses about, how to do branding analysis by Haka Dimsum with visual communication.This research method is done by way of case studies theory, which means learning more about a process in this research. This research aims to determine and describe the branding analysis conducted by Haka Dimsum through visual communication. The results of this research, can be seen with the interesting content like to tell a story and entertaining, can make audiences interested with the sales of product and interesting content is the most important part to do selling activity.
Era digital adalah fenomena yang terjadi pada masa kini. Era ini merupakan kemajuan teknologi yang dimanfaatkan oleh semua orang. Haka Dimsum dalam melakukan promosi di era digital merupakan kegiatan terpenting. Kegiatan promosi yang dilakukan Haka Dimsum mempunyai tujuan untuk branding, hal tersebut berfungsi untuk memberikan identitas agar mempunyai ciri khas terhadap produk. Untuk melakukan branding Haka Dimsum membuat konten berupa foto dan video, konten yang disajikan kepada khalayak mempunyai peran untuk menyampaikan pesan yaitu dengan cara komunikasi visual. Hal tersebut dapat dibantu dengan menggunakan media sosial terutama Instagram karena penggunanya banyak. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui dan menggambarkan analisis branding yang dilakukan Haka Dimsum melalui komunikasi visual. Metode penelitian ini dilakukan dengan cara studi kasus yang berarti mempelajari lebih lanjut tentang suatu proses dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan agar mengetahui dan menggambarkan branding Haka Dimsum melalui komunikasi visual. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa dengan konten yang menceritakan dan menghibur dapat membuat khalayak tertarik dengan produk yang dijual dan betapa pentingnya ketika menjual produk dengan menggunakan ide konten yang menarik.
Article Details
References
Adi, Aghni & Ali Hidayat. (2017). 45 juta pengguna Instagram Indonesia pasar terbesar di Asia. Retrieved April 24, 2020. Tempo. https://bisnis.tempo.co/read/894605/45-juta-pengguna-instagram-indonesia-pasar-terbesar-di-asia
Asih, Anik Budi. (2012). Pengaruh komunikasi visual puteri body mist cologne fashionista terhadap keputusan pembelian. Skripsi Universitas Islam Negeri Sultan Kalijaga Yogyakarta. Februari 17 2020 Terarsip di: http://digilib.uin-suka.ac.id/7855/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
Diniarum, FiniNur Aulidia. (2019), STRATEGI BRANDING PT. BERKAH CATERING NUSANTARA DI SIDOARJO. Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Februari 17 2020. Terarpsi di: http://digilib.uinsby.ac.id/29984/3/Fini%20Nur%20Aulidia%20Diniarum_B06215016.pdf
Pertiwi, Wahyunanda Kusuma. (2019). Sebanyak inikah Jumlah Pengguna Instagram Di Indonesia? Retrieved Maret 12, 2020. Kompas. https://tekno.kompas.com/read/2019/12/23/14020057/sebanyak-inikah-jumlah-pengguna-instagram-di-indonesia
Sholihah, Afiffatus. (2018). Penggunaan Instagram Melalui Media Promosi (studi Deskriptif kualitatif pada Produk Teh Thailand Pikameame di Yogyakarta) Skripsi Universtias Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia. Maret 12 2020 Terarsip di: http://digilib.uin-suka.ac.id/31929/1/14730003_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
Stevani., & Widayatmoko. (2017). Kepribadian Dan Komunikasi Susi Pudjiastuti Dalam Membentuk Personal Branding. Jurnal Komunikasi. Terarsip di: https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/225/644