Selektivitas Gen Z dalam Memilih Media Informasi di Instagram (Studi Kasus Mahasiswa Di Jakarta)

Main Article Content

Bagas Syarip Hidayatullah
Septia Winduwati

Abstract

Social media is not only used as a means of entertainment. This cannot be separated from technological developments that are increasingly developing and forming new lifestyles for people. the use of social media has no limits, users can freely take advantage of what is in it. All features available in the known space in cyberspace can be used for online business, entertainment, information and communication in cyberspace, which can connect all Internet users in the world so that distances are not visible. This study aims to determine the selectivity and motives of students in Jakarta in fulfilling information needs on Instagram. The theory that researchers use is the Use and Gratification theory with a qualitative descriptive research method. The data obtained in this study were obtained through interviews and documentation. The results obtained from this study were that seven out of eight students in Jakarta read information media on Instagram with informational motives. And six of the eight informants continued to read the media even though they were not registered with the press council.


Media sosial tidak hanya digunakan sebagai sarana hiburan. Hal tersebut tidak lepas dari perkembangan teknologi yang semakin berkembang dan membentuk pola hidup yang baru bagi masyarakat. Pemakaian media sosial tidak memiliki batasan, pengguna dapat memenfaatkan secara bebas apa yang ada didalamnya. Semua fitur yang tersedia di ruang yang dikenal di dunia maya dapat digunakan untuk bisnis online, hiburan, informasi dan komunikasi di dunia maya, yang dapat menghubungkan semua pengguna Internet di dunia sehingga jarak tidak terlihat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui selektivitas dan motif mahasiswa di Jakarta dalam memenuhi kebutuhan informasi di Instagram. Teori yang peneliti gunakan adalah teori use and gratification dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini didapatkan melalui wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah tujuh dari delapan mahasiswa di Jakarta membaca media informasi di instagram dengan motif informasi dan enam dari delapan informan tetap membaca media tersebut meskipun tidak terdaftar di dewan pers.

Article Details

How to Cite
Hidayatullah, B. S., & Winduwati, S. (2023). Selektivitas Gen Z dalam Memilih Media Informasi di Instagram (Studi Kasus Mahasiswa Di Jakarta). Prologia, 7(2), 398–406. https://doi.org/10.24912/pr.v7i2.21430
Section
Articles
Author Biographies

Bagas Syarip Hidayatullah, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Septia Winduwati, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Amiruddin. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matemetika Bernuansa Islami Berbantuan. https://digilib.uinsa.ac.id/38484/

Allaili, Z. (2020). Motif Kepuasan Penonton Dalam Program Acara Spotlite Trans7 Dan Tik Tok-an Di Net Teori Use And Gratification Pada Masa Pandemi Covid-19 [Universitas Muhammadiyah Ponorogo]. http://eprints.umpo.ac.id/5944/

Awaliah, L., Sarjana, G., & Komunikasi, I. (2020). Efektivitas Komunikasi dalam Penggunaan Aplikasi Taekwang Messenger Sebagai Media Komunikasi Disusun untuk Melengkapi Syarat Guna Memperoleh.

Estrella, N. (2021). Pengaruh Motivasi Pembaca Media Online Tempo.co Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Di Generasi Z. http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34396

Gede, D., Mangku, S., Putu, N., & Yuliartini, R. (2020). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Media Ganesha FHIS. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/Communications.2.1.1

Hidayanto, S. (2019). Youtube-VLOG: Lahirnya Era User-Generated Content Dan Industri Vlog Di Indonesia (Vol. 2, Issue 1). www.ejurnal.stikpmedan.ac.id

Meilinda, N. (2018). Social Media On Campus: Studi Peran Media Sosial sebagai Media Penyebaran Informasi Akademik pada Mahasiswa di Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNSRI. In The Journal of Society & Media (Vol. 2, Issue 1). https://journal.unesa.ac.id/index.php/jsm/index

Meutia, O. :, Sari, P., Evawani, P. :, Lubis, E., Jurusan, M. S., Komunikasi, I., Konsentrasi, ±, & Masyarakat, H. (2017). Fenomena Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pembelajaran Agama Islam Oleh Mahasiswa FISIP Universitas Riau. In JOM FISIP (Vol. 4, Issue 2). https://www.neliti.com/publications/199560/fenomena-penggunan-media-sosial-instagram-sebagai-komunikasi-pembelajaran-agama

Mujahidin, M. A. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE%20PENELITIAN%20KUALITATIF%20DI%20BIDANG%20PENDIDIKAN.pdf

Sekarwulan, A., Novita, Purwanto, H., & Safitri, D. (2020). Peran Instagram @p2ptmkemenkesri Sebagai Media Kampanye Kesehatan. Communications, 2(1), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/Communications.2.1.1

Solekha, S. N., Sely, O., & Solekha, N. (2022). Analisis Self Esteem Anak Usia Dini Ditinjau Dari Pola Asuh Demokratis. http://repository.upi.edu/78189/

Tasrif, M. (2020). Strategi Pengelonaan Instagram @infoponorogo Sebagai Media Informasi Tentang Kabupaten Ponogoro. http://etheses.iainponorogo.ac.id/12061/1/FITRI%20ALAM%20N%2021101641.pdf