Efektivitas Penggunaan Media Sosial Akun Instagram @panncafe dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Penggemar K-Pop

Main Article Content

Difdha Aurellia Belatrix Putri Sarasak
Lusia Savitri Setyo Utami

Abstract

@panncafe is an Instagram social media account that has informational content about the activities of South Korean celebrities. The existence of this account makes it easier for K-Pop fans in Indonesia to fulfill their information needs about something that happened or what activities were carried out by their idols. The purpose of this research was to determine how much effectiveness the use of social media accounts for the Instagram @panncafe account in meeting the information needs of K-Pop fans who are followers of the account. This study uses several supporting theories, namely mass communication, new media, social media, information needs, and effectiveness. This study uses a quantitative approach, using a survey method. The population in this study were K-Pop fans who became followers of the @panncafe Instagram account. The data collection technique used in this study was by distributing questionnaires to 100 respondents who were determined through probability sampling and simple random sampling techniques. The data obtained were then analyzed by validity test, reliability test, normality test, linearity test, simple linear regression analysis, partial correlation analysis, determination coefficient analysis and t test. From this research, it was found that the linear regression equation Y = 9.504 + 0.955X with a significance value (Sig) of 0.000. The T test also shows a significant effect, which means that the use of social media @panncafe is significantly effective in meeting the needs of K-Pop fans.

@panncafe adalah akun media sosial Instagram yang memiliki konten informasi seputar aktivitas selebritas Korea Selatan. Adanya akun tersebut memudahkan para penggemar K-Pop di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan informasi mengenai sesuatu hal yang terjadi atau apa saja kegiatan yang dilakukan oleh idolanya. Tujuan dari  penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan akun media sosial akun Instagram @panncafe dalam memenuhi kebutuhan informasi penggemar K-Pop yang menjadi pengikut dari akun tersebut. Penelitian ini menggunakan beberapa penunjang teori yaitu komunikasi massa, media baru, media sosial, kebutuhan informasi, dan efektivitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah penggemar K-Pop yang menjadi pengikut (followers) akun instagram @panncafe. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang ditentukan melalui probability sampling dan teknik simple random sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, analisis regresi linier sederhana, analisis korelasi parsial, analisis koefisien determinasi, dan uji t. Dari penelitinan ini didapati persamaan regresi linier Y = 9.504 + 0.955X dengan nilai signifikansi (Sig) sebesar 0.000. Uji T juga menunjukan adanya pengaruh yang signifikan, yang berarti penggunaan media sosial @panncafe efektif secara signifikan dalam pemenuhan kebutuhan penggemar K-Pop.

Article Details

How to Cite
Sarasak, D. A. B. P., & Utami, L. S. S. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Akun Instagram @panncafe dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Penggemar K-Pop. Prologia, 5(2), 277–284. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10177
Section
Articles
Author Biographies

Difdha Aurellia Belatrix Putri Sarasak, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Lusia Savitri Setyo Utami, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Ardianto, E., Komala, L., & Karlinah, S. (2007). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung. Simbiosa Rekatama Media.

Arifin, F. N., & Aprianti, A. (2015). Efektivitas Akun Instagram@ filmnasional Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. eProceedings of Management. 2(3).

Djazari, M., Rahmawati, D., & Nugraha, M. A. (2013). Pengaruh Sikap Menghindari Risiko Sharing dan Knowledge Self-Efficacy Terhadap Informal Knowledge Sharing Pada Mahasiswa Fise UNY. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen. 2(2). 181-209.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS (VIII). Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handayaningrat, Soewarno. (1994). Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta: CV. Haji Masagung

Iman, Mustafa. (2020). Pengguna Instagram di Indonesia Didominasi Wanita dan Generasi Milenial. <https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/06/14/pengguna-instagram-di-indonesia-didominasi-wanita-dan-generasi-milenial> diakses pada tanggal 13 September 2020.

Ma'aruf, A. R. S., & Putra, D. K. S. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Personal Branding Joko Widodo Pada Pemilih Pemula Pemilu 2019. Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna. 15(2). 1-18.

Nasrullah, Rulli. (2016). Media Sosial:Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung:Simbiosa Rekatama Media.

Puspita Y. (2015). Pemanfaatan New Media dalam Memudahkan Komunikasi dan Transaksi Pelacur Gay. Jurnal Pekommas. 18(3). 203-212

Solis, B. (2010). Engage: The complete guide for brands and businesses to build, cultivate, and measure success in the new web. John Wiley & Sons.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta..

Suliyanto, D. (2011). Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: Penerbit Andi

Tawaf, T., & Alimin, K. (2012). Kebutuhan Informasi Manusia: Sebuah Pendekatan Kepustakaan. Kutubkhanah. 15(1). 50-59.