Analisis Komunikasi Pemasaran Media Sosial Instagram @rotiunyilvenusofficial dalam Memperluas Jangkauan Pasar

Main Article Content

Glessya Vynika Leonard
Sisca Aulia

Abstract

Roti Unyil Venus is a popular brand in the city of Bogor. The purpose of this study is to explain social media marketing communications on Instagram @rotiunyilvenusofficial and explain the steps in making effective marketing communications on Instagram @rotiunyilvenusofficial. This study uses several supporting concepts, namely Marketing Communication, Social Media, and Instagram. The author uses the case study method. The subject of this research is the Marketing Manager of Roti Unyil Venus. Meanwhile, the object of this research is an analysis of social media marketing communication Instagram @rotiunyilvenusofficial. Data from the results of the author's research were obtained through interviews, documentation, observation, and literature study. The results of the study show that in making marketing communications on Instagram social media @rotiunyilvenusofficial several steps are carried out, namely, determining the target audience, clear goals and messages, determining unique selling propositions, displaying Instagram with consistent nuances, understanding the mix of marketing communications carried out, planning the success of each uploaded content, as well as executing and evaluating uploaded content. In addition, to support social media marketing communications, Instagram @rotiunyilvenusofficial utilizes features according to their function to expand market reach and establish positive communication relationships with consumers.


Roti Unyil Venus adalah merek roti yang populer hingga saat ini di Kota Bogor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan komunikasi pemasaran media sosial Instagram @rotiunyilvenusofficial dan menjelaskan langkah-langkah dalam membuat komunikasi pemasaran yang efektif di Instagram @rotiunyilvenusofficial. Penelitian ini menggunakan beberapa konsep penunjang yaitu Komunikasi Pemasaran, Media Sosial, dan Instagram. Penulis menggunakan metode studi kasus. Subjek penelitian ini adalah manager marketing Roti Unyil Venus sedangkan objek penelitian ini adalah analisis komunikasi pemasaran media sosial Instagram @rotiunyilvenusofficial. Data dari hasil penelitian penulis peroleh melalui wawancara, dokumentasi, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan dalam membuat komunikasi pemasaran media sosial Instagram @rotiunyilvenusofficial dilakukan beberapa langkah yaitu, menentukan target audiens, tujuan dan pesan yang jelas, menentukan unique selling proposition, tampilan Instagram dengan nuansa yang konsisten, memahami bauran komunikasi pemasaran yang dilakukan, merencanakan keberhasilan dari setiap konten yang diunggah, serta melakukan eksekusi dan evaluasi terhadap konten yang sudah diunggah. Selain itu, untuk mendukung komunikasi pemasaran media sosial Instagram @rotiunyilvenusofficial memanfaatkan fitur-fitur sesuai dengan fungsinya untuk memperluas jangkauan pasar serta menjalin hubungan komunikasi positif dengan konsumen.

Article Details

How to Cite
Leonard, G. V., & Aulia, S. (2023). Analisis Komunikasi Pemasaran Media Sosial Instagram @rotiunyilvenusofficial dalam Memperluas Jangkauan Pasar. Prologia, 7(2), 329–335. https://doi.org/10.24912/pr.v7i2.21405
Section
Articles
Author Biographies

Glessya Vynika Leonard, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Sisca Aulia, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Nasution, H., Dawud Faza, A. M., & Siregar, A. A. (2021). Pengaruh Medsos Terhadap Religiusitas Mahasiswa. Studia Sosia Religia, 4(1), 42–51. http://dx.doi.org/10.51900/ssr.v4i1.9552

Nuryama, R. (2022, Juni 14). Jumlah Pengguna Instagram Di Indonesia Pada 2022. Tinewss.com. https://www.tinewss.com/indonesia-news/amp/pr-1853617991/jumlah-pengguna-instagram-di-indonesia-pada-2022

Nurahma, G. A., & Hendriani, W. (2021). Tinjauan sistematis studi kasus dalam penelitian kualitatif. Mediapsi, 7(2), 119–129. https://doi.org/10.21776/ub.mps.2021.007.02.4

Suka, E. A. A. G., & Lubis, S. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Mempromosikan Produk Homemade Kefir di Kota Medan. Jurnal Network Media, 2(2), 1–27. https://doi.org/10.46576/jnm.v2i2.562

Yusra, Z., Zulkarnain, R., & Sofino. (2021). Pengelolaan LKP Pada Masa Pendmik Covid-19. Zhara Yusra/Journal Lifelog Learning, 4(1), 15–22. https://doi.org/10.33369/joll.4.1.15-22