Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu terhadap Minat Investasi Mahasiswa Universitas Tarumanagara di Aplikasi Bibit

Main Article Content

Bryan Purnama
Yugih Setyanto

Abstract




Technological advances have changed human lifestyles. This change in lifestyle is used by various industrial sectors to penetrate the digital realm, one of which is the economic sector. This research was conducted to determine how much influence the integrated marketing communication has on the investment interest of UNTAR students in the Seed application. The author uses a quantitative approach by distributing questionnaires. The population of the study was a student of Universitas Tarumanagara and the sample used was a purposive sampling technique with a total of 100 people. The theories used in this research are integrated marketing communication theory and buying intention theory. The data analysis techniques used in this study are a simple linear regression test, a T test, a correlation coefficient test and a determination coefficient test. The results of this study state that there is an influence between integrated marketing communication and the investment intention of UNTAR students in Bibit applications. From the T test hypothesis it is known that HA is accepted due to the significance value of < 0.05 and the value t obtained 14,255 > t table 1.984. The results of the coefficient of determination test also proved that there was an influence between exposure to advertising and buying intention by 67.5%.





Kemajuan teknologi telah mengubah gaya hidup manusia. Perubahan gaya hidup ini dimanfaatkan berbagai sektor perindustrian untuk merambah ke ranah digital salah satunya sektor perekonomian. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi pemasaran terpadu terhadap minat investasi mahasiswa UNTAR pada aplikasi Bibit. Penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Tarumanagara dan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling berjumlah 100 orang. Teori yang digunakan adalah teori komunikasi pemasaran terpadu dan teori minat beli. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linier sederhana, uji T, uji koefisien korelasi dan uji koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara komunikasi pemasaran terpadu dengan minat investasi Mahasiswa UNTAR pada Aplikasi Bibit. Dari hasil uji T dapat diketahui bahwa Ha diterima karena nilai signifikansi < 0,05 dan nilai t yang didapatkan 14.255 > t tabel 1,984. Hasil uji koefisien determinasi yang didapatkan juga membuktikan bahwa terdapat pengaruh antara terpaan iklan dan minat beli sebesar 67,5%







Article Details

How to Cite
Purnama, B., & Setyanto, Y. (2023). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu terhadap Minat Investasi Mahasiswa Universitas Tarumanagara di Aplikasi Bibit. Prologia, 7(1), 31–37. https://doi.org/10.24912/pr.v7i1.15695
Section
Articles
Author Biographies

Bryan Purnama, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Yugih Setyanto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Kartini, E. D. (2019). Aplikasi Perhitungan Analisis Kelayakan Investasi Dengan Metode Average Rate Of Return (Arr) Dan Profitability Index (Pi). Diploma Thesis, STMIK AKAKOM Yogyakarta.

Nisfiannoor, M. (2013). Pendekatan Statistika Modern. Jakarta: Universitas Trisakti.

Satyagaha. (2019, Maret 28). ANTARANEWS. Retrieved from Darmin: perkembangan teknologi informasi ciptakan ekonomi digital: https://www.antaranews.com/berita/816726/darmin-perkembangan- teknologi-informasi-ciptakan-ekonomi-digital Stephanie, E., Rumambi, L. J., &

Kunto, Y. S. (2013). Analisa Pengaruh Rio Dewanto Dan Donita Sebagai Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk Axe Anarchy Dengan Daya Tarik Iklan Dan Efek Iklan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Pemasaran Petra.

Syukur, R. M. (2019). Pengaruh Teknnologi Informasi Terhadap Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Yang Berdampak Pada Kualitas Laporan Keuangan (Survei Pada Kantor Pemerintahan Desa Yang Terdapat Di Kabupaten Majalengka). Other thesis, Universitas Komputer Indonesia.