Proses Komunikasi Organisasi di dalam Biro Iklan di Ada Indonesia dan Ada Singapura

Main Article Content

Claudia Harlim
Gregorius Genep Sukendro

Abstract

This research is studying the process of organization communication in an advertising agency at ADA Indonesia and ADA Singapore. This research is done using a qualitative descriptive approach with ethnography method. The data that has been used was prim and secondary data. Prim’s data was one that contains interviews with the resource of information. Hence secondary data was one that contains data that resource from books and other resources. The Theories that have been used were Organizational theory, Organizational Culture theory, Climate of Organization, and Organization Communication. To gather the data, interviews, observation, bibliography study and online searching technique was used. The outcome from this research shows that the communication process that was used now is right and comfortable to apply on company’s daily organizational life. It also shows that even though the company is organizational, it didn’t imply any seniority concept or cultures that could corrupt the communication flow that has been functioning up until now on the company.

 

Penelitian ini membahas mengenai proses komunikasi organisasi di dalam biro iklan di ADA Indonesia dan ADA Singapura. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode penelitian etnografi. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer berupa hasil wawancara penulis dengan para narasumber, sedangkan data sekunder berupa data yang diperoleh dari buku dan sumber lain. Teori yang digunakan terdiri dari organisasi, budaya organisasi, iklim organisasi, dan komunikasi organisasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, studi kepustakaan dan penelusuran data online. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses komunikasi yang berjalan sekarang dinilai tepat dan nyaman untuk dijalankan. Bahwa walaupun perusahaan bersifat organisasional tetapi tidak memiliki kesenioritasan maupun budaya yang dapat mengacaukan komunikasi di dalam organisasi perusahaan tersebut.

Article Details

How to Cite
Harlim, C., & Sukendro, G. G. (2020). Proses Komunikasi Organisasi di dalam Biro Iklan di Ada Indonesia dan Ada Singapura. Koneksi, 3(2), 501–505. https://doi.org/10.24912/kn.v3i2.6491
Section
Articles
Author Biographies

Claudia Harlim, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmuu Komunikasi

Gregorius Genep Sukendro, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Gregorius, Genep Sukendro., & Pandrianto, Nigar. (2019). Diagnosa Komunikasi Brand Activation Dan Media Digital Atas Eksistensi Brand Studio Rekaman Lokananta. Jurnal Komunikasi, Vol. 11, No. 2, Desember 2019.

Kuswarno, Engkus. (2008). Etnografi Komunikasi. Bandung: PT. Widyapadjaran.

Moleong, Lexy J. (1990). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Remaja Karya.

Pace, R. Wayne & Faules, Don F. (2010). Komunikasi Organisasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>