Representasi Perempuan dalam Film Dangal Karya Disney dan Aamir Khan Productions

Main Article Content

Myesha Adira
Wulan Purnama Sari

Abstract

Dangal merupakan film keluarga dengan genre drama bertemakan olahraga yang diproduksi oleh Walt Disney Pictures dan Aamir Khan Productions karya sutradara Nitesh Tiwari. Film yang diangkat dari kisah nyata ini, menceritakan tentang dua orang kakak beradik perempuan asal India bernama Geeta dan Babita, yang mengalami kehidupan tidak sewajarnya seperti perempuan kebanyakan. Geeta dan Babita sengaja dilatih oleh sang ayah menjadi atlet gulat untuk dapat mengibarkan bedera negaranya dalam ajang kejuaraan olimpiade, yang mana olahraga gulat sangat terkenal di India. Film ini berbeda dari film-film Disney terdahulu, karena dalam film Dangal ini menggambarkan perempuan mengambil peran yang sebelumnya didominasi oleh laki-laki dalam bidang gulat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi perempuan di dalam film tersebut. Dalam menganalisis film ini, metode yang digunakan yaitu semiotika yang dipelopori oleh Roland Barthes, yang membagi ke dalam denotasi, konotasi dan mitos. Hasil penelitian menunjukkan adanya pergeseran penggambaran perempuan sebagai karakter yang kuat dan berani, perempuan dengan sikap feminime mampu untuk bersaing dengan laki-laki.

Article Details

How to Cite
Adira, M., & Sari, W. P. (2019). Representasi Perempuan dalam Film Dangal Karya Disney dan Aamir Khan Productions. Koneksi, 2(2), 472–478. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3925
Section
Articles
Author Biographies

Myesha Adira, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Wulan Purnama Sari, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Djunina, Herlyn. (2014). Representasi Perempuan Dalam Surat Kabar Analisis Wacana Kritis Rubrik Tapale’uk Di Surat Kabar Harian Pos Kupang Edisi Hari Kartini Sejak Tahun 2008 Hingga 2012. Kupang: Politeknik Pertanian Negeri Kupang.

Dwiastono, Rivan. Gulat Putri Ubah Pradigma Sosial India. (7 Februari 2017). Diakses pada 3 September 2018 pukul 05.15 WIB, dari VOA Sports: https://www.voaindonesia.com/a/gulat-putri-ubah-paradigma-sosial-india/3709055.html

Mahfudzi, Nazar El. Humanitarisme Kehidupan Sosial Perempuan di India Tahun 2013-2015. (23 April 2018). Diakses pada 12 Desember 2018 pukul 10:42 WIB, dari Kumparan: https://kumparan.com/nazar-el-mahfudzi/humanitarisme-kehidupan-sosial-perempuan-di-india-tahun-2013-2015

Riswandi. (2009). Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rohim, Syaiful. (2016). Teori Komunikasi: Perspektif, Ragam, dan Aplikasi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Romli, Khomsahrial. (2016). Komunikasi Massa. Jakarta: PT Grasindo.

Simanjuntak, Asnika Putri. (2018). Perempuan Masa Kini. Dalam Basri (Penyunting), Chapter: Srikandi Menerjang Ombak: Terjebak, Terhempas, Terdampar. Sulawesi: Mahasiswa Berpendidikan Hukum (MBH).

Sobur, Alex. (2013). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Steven, Markus Hariadi. (2018). Perempuan Masa Kini. Dalam Basri. (Penyunting), Chapter: Ketertindasan Baru Wanita Karier (Telaah Berdasarkan Teori Simone De Beavoir). Sulawesi: Mahasiswa Berpendidikan Hukum (MBH).

Utaminingsih, Alifiulahtin. (2017). Gender dan Wanita Karir. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Wibowo, Indiwan Seto Wahyu. (2011). Semiotika Komunikasi – Aplikasi Praktis bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Yuliyanti, Friska Dewi; Bajari, Atwar, Mulyana, Slamet. (2017). Representasi Maskulinitas Dalam Iklan Televisi Pond’s Men #Lelakimasakini (Analisis Semiotika Roland Barthes Terhadap Representasi Maskulinitas). Bandung: Universitas Padjajaran.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>