Pemberitaan Kampanye Pemilihan Presiden 2019 Di Media Siber dan Penerapan Elemen Jurnalisme (Analisis Framing Pada Okezone.Com dan Suara.Com)

Main Article Content

Esti Sri Handayani
Ahmad Junaidi

Abstract

Proses kampanye Pemilu 2019 tidak luput dari mata media. Undang Undang No.40 Tahun 1999 tentang Pers, sistem komunikasi politik dan relasi antara pemerintah dengan pers dapat berlangsung seimbang. Berbagai media massa termasuk media daring di Indonesia, menyajikan berbagai informasi dan berita terkait dengan kampanye pemilihan umum. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana okezone.com dan suara.com merekonstruksikan sebuah realita untuk membingkai peristiwa menjadi berita serta mengetahui bagaimana aplikasi elemen jurnalisme dalam pembingkaian berita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode penelitian Analisis Framing Model Zhongdan Pan & Kosicki. Data dalam kerangka framing dikaji menggunakan Elemen-Elemen Jurnalisme Bill Kovach. Pengumpulan data menggunakan observasi non-partisipan pada masing-masing media, studi kepustakaan, penelusuran data daring serta didukung wawancara informan. Kesimpulan penelitian ini adalah okezone.com berada di garis belakang kubu petahana. Sementara suara.com yang mengklaim sebagai media independen, beberapa pemberitaan mengindikasikan keberpihakan pada kubu Prabowo. Penerapan kaidah Elemen Jurnalisme cukup baik, karena selama pemberitaan tentang kampanye Pilpres 2019. Namun, pada poin ke-8 sering terindikasi adanya pengabaian dalam pemberitaan tentang kampanye Pilpres 2019.

Article Details

How to Cite
Handayani, E. S., & Junaidi, A. (2019). Pemberitaan Kampanye Pemilihan Presiden 2019 Di Media Siber dan Penerapan Elemen Jurnalisme (Analisis Framing Pada Okezone.Com dan Suara.Com). Koneksi, 2(2), 321–328. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3902
Section
Articles
Author Biographies

Esti Sri Handayani, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Ahmad Junaidi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Ardianto, Elvinaro. (2007). Komunikasi massa: suatu pengantar. Bandung: Simbiosis Rekatama Media

Azeharie, S. (2016). Analisis Penggunaan Twitter Sebagai Media Komunikasi Selebritis Di Jakarta. Jurnal Komunikasi, 6(2), 83-98. Retrieved from https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/35/17

Bungin, Burhan. (2013). Metodologi penelitian sosial & ekonomi: format-format kuantitatif dan kualitatif untuk studi sosiologi, kebijakan publik, komunikasi, manajemen dan pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Eriyanto. (2011). Analisis framing. Yogyakarta: Lkis Group

Hikmat, M. (2018). Jurnalistik: literary journalism. Jakarta Timur: Prenadamedia group

Paramita, S. (2018). Framing Portal Berita Dalam Isu Akulturasi Kampung KNG Bogor. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora dan Seni, 2(1), 14-23. Retrieved from https://journal.untar.ac.id/index.php/jmishumsen/article/view/2057/1148

Sobur, Alex. (2009). Analisis teks media. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

https://news.okezone.com/read/2018/08/09/605/1934264/jokowi-kh-maruf-amin-mendampingi-saya-sebagai-cawapres (dikunjungi pada 31 Agustus 2018, 19.03)

https://news.okezone.com/read/2018/08/09/605/1934406/sandiaga-uno-jadi-cawapres-prabowo-subianto-di-pilpres-2019 (dikunjungi pada 31 Agustus 2018, 18.25 WIB)

https://www.suara.com/foto/2018/08/10/101304/prabowo-resmi-gandeng-sandiaga-uno-sebagai-cawapres (dikunjungi pada 31 Agustus 2018, 18.41 WIB)

https://www.suara.com/news/2018/08/09/180156/jokowi-pilih-maruf-amin-sebagai-cawapres (dikunjungi pada 31 Agustus 2018, 19.27 WIB)

https://news.okezone.com/read/2018/09/03/338/1945242/jelang-pilpres-2019-lagi-lagi-beredar-uang-berstempel-prabowo (dikunjungi pada 30 September 2018, 11.59 WIB)

https://sports.okezone.com/read/2018/09/02/601/1944873/jokowi-saksikan-closing-ceremony-asian-games-2018-dari-lombok (dikunjungi pada 30 September 2018, 14.02 WIB)

https://www.suara.com/news/2018/09/02/061120/jokowi-nonton-penutupan-asian-games-bersama-korban-gempa-lombok (dikunjungi pada 30 September 2018, 15.07 WIB)

https://www.suara.com/news/2018/09/03/101054/heboh-uang-dari-atm-berstempel-prabowo-di-tangerang (dikunjungi pada 30 September 2018, 10.10 WIB)

https://news.okezone.com/read/2018/10/03/337/1959349/prabowo-minta-maaf-telah-sebarkan-kebohongan-ratna-sarumpaet (dikunjungi pada 1 November 2018, 9.28 WIB)

https://news.okezone.com/read/2018/10/24/605/1968169/elektabilitas-prabowo-sandi-turun-pasca-kasus-ratna-sarumpaet-ini-kata-tim-pemenangan (dikunjungi pada 30 Oktober, 21.17 WIB)

https://www.suara.com/news/2018/10/03/221304/terpancing-hoaks-ratna-sarumpaet-prabowo-minta-maaf-ke-publik (dikunjungi pada 1 November 2018, 8.40 WIB)

https://www.suara.com/news/2018/10/05/211158/berkat-hoaks-jubir-bpn-sebut-elektabilitas-prabowo-bakal-naik (dikunjungi pada 30 Oktober 2018, 19.54 WIB)

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>