Analisis Komunikasi Kelompok Adi and Friends Organizer Menggunakan Teori Leader-Member Exchange (Studi Pada Pernikahan Klien)

Main Article Content

Cecilia Sissy
Sisca Aulia

Abstract

The wedding organizer builds a work team to organize and ensure the event runs smoothly according to the agreement in the planning process. Smoothness of group communication, there is a good team dynamic, when a group is a whole unit and is not separated from each other, so that it influences each other. This research uses the Leader-Member Exchange theory and the concept of group communication in Wedding organizing. This research also aims to know the group communication process, obstacles, and barriers of the Adi and Friends Organizer team. The subjects of this research are Adi and Friends Organizer, and the object of research is their group communication. The results of the research showed that comfort in the work grew from the comfort of the family atmosphere and understanding the requests and needs at wedding events to achieve client loyalty or satisfaction. This research found that obstacles are sudden changes that affect time and communication tools, also, the crew's communication experience was not good in using words that caused miscommunication and misinformation. The management barriers included a lack of understanding of the wedding organizer's sense of responsibility and work culture.


Wedding organizer membentuk tim kerja untuk mengatur dan memastikan acara berjalan dengan baik sesuai kesepakatan dalam proses perencanaan. Kelancaran komunikasi kelompok terdapat dinamika tim yang bagus, yaitu ketika sebuah kelompok sebagai kesatuan yang utuh dan tidak terlepas satu sama lain sehingga saling mempengaruhi. Penelitian ini menggunakan teori Leader-Member Exchange dan menggunakan konsep komunikasi kelompok dan wedding organizer. Penelitian bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi kelompok, kendala, dan hambatan tim Adi and Friends Organizer. Subjek penelitian ini adalah Adi and Friends Organizer dan objek penelitian adalah komunikasi kelompok Adi and Friends Organizer. Hasil penelitian menunjukan bahwa kenyamanan dalam lingkungan kerja tumbuh karena rasa solidaritas dari suasana kekeluargaan yang diberikan serta memahami keinginan dan kebutuhan klien pada acara pernikahan untuk mencapai loyalitas atau kepuasan klien. Selain itu, penelitian ini mengetahui kendala seperti perubahan mendadak yang mempengaruhi waktu yang terbatas serta tidak mendukungnya alat komunikasi dan mengetahui hambatan komunikasi serta hambatan manajemen dalam tim Adi and Friends Organizer. Hambatan komunikasi yang dialami crew adalah kurang baik dalam penggunaan kata yang menimbulkan miskomunikasi dan misinformasi. Hambatan manajemen yaitu belum memahami rasa tanggung jawab dan budaya kerja Wedding organizer.

Article Details

How to Cite
Sissy, C., & Aulia, S. (2025). Analisis Komunikasi Kelompok Adi and Friends Organizer Menggunakan Teori Leader-Member Exchange (Studi Pada Pernikahan Klien). Koneksi, 9(2), 404–412. https://doi.org/10.24912/kn.v9i2.33330
Section
Articles
Author Biographies

Cecilia Sissy, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Sisca Aulia, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Hanifah, A. P., Hermanto, B., & Tresna, P. W. (2022). Analisis Leader Member Exchange Pada Bisnis Keluarga. Jurnal Bahtera Inovasi, 6(1). https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.xxx

Hariani, F. O. (2021). Analisis Manajemen Event Wedding Organizer di Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 16.

Harilama, C., Mingkid, E., & Kalesaran, E. (2020). Efektivitas Komunikasi Kelompok Dalam Membangun Komitmen Anggota Paduan Suara Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi. Ilmu Komunikasi, 2(4), 1–16. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/31567

Keni, J. D. (2020). Prediksi Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan. In Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan: 2 (1).

Marendah, E. R., Ramli, Syafruddin, Saputra, E., Suliwati, D., Nugroho, B. T. A., Karimuddin, Aminy, M. H., Saputra, N., Khaidir, & Jahja, A. S. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif.

Muzaiyin, A. M. (2021). Analisis Sistem Pelayanan Jasa Wedding Organizer Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Di UD. Santoso Wedding Organizer). Fenomena, 20(1). https://doi.org/10.35719/fenomena.v20i1.56

Nurdin, A. (2014). Buku Komunikasi Kelompok dan Organisasi. Komunikasi Kelompok Dan Organisasi, 26–29.

Purwono. (2014). Konsep dan Definisi Dokumentasi. https://repository.ut.ac.id/4141/

Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1

Sari, W. P. (2020). Job Satisfication and Job Performance Dalam Konteks Komunikasi Organisasi. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 29. https://doi.org/10.24912/jmieb.v4i1.7537

Sari, W. P., Bajari, A., Hafiar, H., & Lestari, P. (2024). Pola Komunikasi Beda Generasi (Studi Etnografi Komunikasi Abdi Dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat). Jurnal Komunikatif, 13(1), 100–110. https://doi.org/10.33508/jk.v13i1.5412

Sinaga, R., & Ramadhana Sembiring, R. (2021). Analisis Peluang Usaha Wedding Organizer Pada Kaum Millennial. Journal of Millennial Community, 3(2). https://doi.org/10.24114/jmic.v3i2.32346

Syarifah, S., Syifanaya, R., Azharul Fahira, D., Mulyaningsih, I., Syekh Nurjati Cirebon Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, I., & Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, F. (2023). CERITA RAKYAT DEWI RENGGANIS: KAJIAN FEMINIS. In Jurnal Tradisi Lisan Nusantara 3(2).

Yanti, F. (2021). Psikologi Komunikasi (D. Anugrah & O. Agustin, Eds.; 1st ed.). Agree Media.

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.