Upaya Dinas Pariwisata dalam Mengembangkan Pariwisata di Pulau Kemaro

Novika Anggrilita, Sinta Paramita
| Abstract views: 125

Abstract

Pulau Kemaro merupakan objek wisata alam di kota Palembang. Pulau Kemaro terbentuk karena tokoh Tan Bun An dan Siti Fatimah. Pulau Kemaro berada di pinggiran Sungai Musi. Jumlah tempat wisata Palembang yang masih sedikit membuat Dinas Pariwisata Palembang menujuk Pulau Kemaro untuk menjadi salah satu objek wisata alam dan bersejarah di Palembang. Dinas Pariwisata melakukan beberapa upaya agar pariwisata di Pulau Kemaro dapat berkembang dengan baik. Penelitian ini membahas tentang upaya Dinas Pariwisata Palembang dalam mengembangkan pariwisata di Pulau Kemaro. Dengan menjadikan Pulau Kemaro sebagai salah satu destinasi pariwisata, maka membuat pulau ini lebih dikenal oleh masyarakat secara luas. Dengan studi pustaka, penulis menggunakan sejumlah konsep di bidang pariwisata, dan komunikasi pariwisata. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme. Metodologi yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, menyajikan data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian mengenai Pulau Kemaro didapatkan bahwa Pulau Kemaro belum memiliki aksesibilitas dan sumber daya dan kelembagaan.

Keywords

Dinas Pariwisata Palembang, komunikasi pariwisata, Pulau Kemaro

References

Ardianto, Elviaro. (2014). Metodologi Penelitian untuk Public Relation. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Bungin, Burhan. (2015). Komunikasi Pariwisata. Jakarta: Prenadamedia Group

Kottler, Philip., & Keller. (2008). Manajemen Pemasaran : Analisa Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Erlangga.

Mill, Robert Christine. (2000). Tourism The International Business. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Paramita, Sinta. (2015). Lokal Persepktif Komunikasi Pariwisata Masyarakat Di Desa Sade Lombok. Jurnal Visi Komunikasi. 4(2). 149.

Pitana, I Gde., & I Ketut Surya Diarta. (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Agustini, Rahayu., & Yayu. (2017). Selama April 2017, 1,14 juta turis asing berlibur di Indonesia. Data diakses pada 28 Agustus 2017, 21.03 WIB. Data terarsip di:

https://www.merdeka.com/uang/selama-april-2017-114-juta-turis-asing-berlibur-di-indonesia.html

Hasibuan, Malayu S.P. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Copyright (c) 2018 Koneksi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.