Pengaruh Daya Tarik Konten Media Sosial @akutahu terhadap Minat Baca Generasi Milenial

Main Article Content

Rika Veronika
Sisca Aulia

Abstract

Along with the development of information and communication technology, the millennial generation uses social media as a place to get information. One of the Instagram’s social media account that contains information is @akutahu. The existence of this account makes the millennial generation easier to read and increase knowledge. @akutahu is an online news platform with positive journalism principles that believe that consuming positive news will make the public smarter. The purpose of this study is to find out how much influence the attractiveness of @akutahu's social media content has on the reading interest of the millennial generation who are followers of @akutahu’s Instagram account. This study uses several of theories, namely content attractiveness, social media, reading interest, millennial generation. This study uses a quantitative research using survey methods. The population of this study is the millennial generation (aged 21-40) followers of the @akutahu’s Instagram account, using a sample of 100 people with non-probability sampling and purposive sampling techniques. The results of this study indicate that the attractiveness of @akutahu's social media content has an effect of 71.2% on millennial generation's reading interest. The influence of the attractiveness of content on Instagram @akutahu has a strong relationship to the reading interest of the millennial generation.


Seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, generasi milenial menjadikan media sosial sebagai tempat untuk mendapatkan informasi. Salah satu akun media sosial Instagram yang berisikan informasi ialah @akutahu. Adanya akun tersebut memudahkan generasi milenial membaca serta menambah pengetahuan. @akutahu merupakan platform berita online dengan prinsip jurnalisme positif yang meyakini bahwa dengan mengkonsumsi berita positif akan membentuk publik menjadi lebih cerdas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh daya tarik konten media sosial @akutahu terhadap minat baca generasi milenial yang merupakan followers dari akun Instagram @akutahu. Dalam penelitian ini  menggunakan beberapa teori  yaitu daya tarik konten, media sosial, minat baca, generasi milenial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi milenial (usia 21-40 tahun) pengikut (followers) akun Instagram @akutahu, dengan menggunakan sampel sebanyak 100 orang teknik non-probability sampling dan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa daya tarik konten media sosial @akutahu berpengaruh sebesar 71,2% terhadap minat baca generasi milenial. Pengaruh daya tarik konten pada Instagram @akutahu memiliki hubungan kuat terhadap minat baca generasi milenial.

Article Details

How to Cite
Veronika, R., & Aulia, S. (2022). Pengaruh Daya Tarik Konten Media Sosial @akutahu terhadap Minat Baca Generasi Milenial. Koneksi, 6(2), 295–304. https://doi.org/10.24912/kn.v6i2.15677
Section
Articles

References

Alexander, E. (2018). Pengaruh Daya Tarik Konten Media Sosial Instagram Terhadap Brand Image.

Aulia, S. (2020). Pola Perilaku Konsumen Digital Dalam Memanfaatkan Aplikasi Dompet Digital. Jurnal Komunikasi, 12(2), 311–324. https://doi.org/10.24912/JK.V12I2.9829

Hidayatullah, S., Hidayatullah, S., Waris, A., & Devianti, R. C. (2018). Perilaku Generasi Milenial dalam Menggunakan Aplikasi Go-Food. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(2), 240–249. https://doi.org/10.26905/jmdk.v6i2.2560

I Made Laut Mertha Jaya. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. In Anak Hebat Indonesia.

Kartika, A. W. (2019). Studi Korelasi Antara Kualitas Konten, Daya Tarik Konten dan Terpaan Tayangan Video Blog Pada Akun Beauty Blogger Abel Cantika di YouTube dengan Perilaku Imitasi Siswi di SMK Negeri 4 Surakarta. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. www.apjii.go.id,

Lorensia, L., & Tamburian, D. (2019). Humas Kantor Staf Presiden dalam Diseminasi Informasi Sosial dan Politik di Media Sosial. Prologia, 2(2), 408–414. https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/3720

Nasrullah, D. R. (2014). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia) (1st ed.). Prenada Media Grup.

Nuraji, H. W. (2019). Pengaruh Konten instagram @ Naikmotor Terhadap Minat Pengetahuan Modifikasi Motor di Kalangan Followers @ Naikmotor. Skripsi.

Octoreza, J. T. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada PT Sekawan Kontrindo.

Ramadhan, H. R. (2017). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua dengan Minat Membaca pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Minomartani 6.

Santri, A., & Abdillah. (2020). Pengaruh Minat Baca dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar PAI Siswa SDN 105304 Sarilaba Jahe Sibiru-biru Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 1(06), 1–9. https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/60

Setiawan, A., & Sari, W. P. (2021). Pengaruh Iklan Goyang Shopee Bersama Cr7 (Cristiano Ronaldo) Terhadap Citra Perusahaan Shopee. Prologia, 5(1), 28–35. https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/8083

Wijaya, N. (2020). Pengaruh Penyampaian Informasi pada Aplikasi TikTok terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z.

Winastiti, A. (2016). Generasi Millenial dan Karakteristiknya. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20160823145217-445-153268/generasi-millenial-dan-karakteristiknya