Pro dan Kontra Cross Cover Dance (Studi Kasus Komentar di Akun TikTok @aiueza)

Main Article Content

Honey Florence Wibowo
Farid Rusdi

Abstract

The presence of popular South Korean music or K-pop has led to the emergence of cross dance cover activities, the existence of which often elicits various reactions from netizens on social media. These reactions can be in the form of opinions that agree (pro), disagree (con), or neither (neutral). The existence of opposing opinions regarding cross dance covers occurs because people often assume that cross dance cover dancers are people who violate religion and norms that apply in Indonesia. Therefore, the purpose of this study is to determine the pros and cons of K-pop cross dance covers in the comment’s column of the TikTok account @Aiueza for the period 2023-2024 based on the ABC of Attitude concept of opinion-forming components (affect, behavior, and cognition). The theories and concepts that support this research are new media theory and the concept of opinion. This research was conducted using a qualitative approach with a case study method. After conducting the research process, the results showed that there were only 2 of the 3 components that formed the ABC of Attitude opinion, namely affect and cognition.


Hadirnya musik populer Korea Selatan atau K-pop menyebabkan munculnya aktivitas cross dance cover, yang keberadaannya kerap menimbulkan beragam reaksi dari netizen di media sosial. Reaksi tersebut dapat berupa opini yang setuju (pro), tidak setuju (kontra), ataupun tidak keduanya (netral). Adanya opini kontra mengenai cross dance cover terjadi karena masyarakat kerap menganggap bahwa penari cross dance cover adalah orang yang melanggar agama dan norma yang berlaku di Indonesia. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pro dan kontra K-pop cross dance cover dalam kolom komentar akun TikTok @Aiueza periode tahun 2023-2024 berdasarkan konsep ABC of Attitude dari komponen pembentuk opini (affect, behavior, dan cognition). Teori dan konsep yang mendukung penelitian ini adalah teori media baru dan konsep opini. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Setelah melakukan proses penelitian, didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa hanya terdapat 2 dari 3 komponen pembentuk opini ABC of Attitude, yaitu affect dan cognition.

Article Details

How to Cite
Wibowo, H. F., & Rusdi, F. (2025). Pro dan Kontra Cross Cover Dance (Studi Kasus Komentar di Akun TikTok @aiueza). Koneksi, 9(1), 133–140. https://doi.org/10.24912/kn.v9i1.33293
Section
Articles

References

Aldira, A. A. (2022, December 2). Lengger Lanang, Tari Tradisional yang Penarinya Laki-laki Berpenampilan seperti Perempuan. INews. https://jateng.inews.id/berita/lengger-lanang-tari-tradisional-yang-penarinya-laki-laki-berpenampilan-seperti-perempuan

Bella Berliana. (2020). Impression Management Profesi Penari Cross Dress Dalam Komunitas Kpop Dance Cover Surabaya. Universitas Airlangga.

Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Citra Aditya Bakti.

Hastasari, C., Chandra W, D. T., Sari, D. K., Rahayu, I. B., Lestari, I. G., Rusdiana, J., Karunianingsih, Wijaya, M., Ratu MS, P. S., Kusuma, R., Herwandito, S., Sukmi, S. N., Syaibani, Y. A., & Muktaf, Z. M. (2011). New Media Teori dan Aplikasi (C. Hastasari, D. T. Chandra, D. K. Sari, I. B. Rahayu, I. G. Lestari, J. Rusdiana, Karunianingsih, M. Wijaya, P. S. Ratu MS, R. Kusuma, S. Herwandito, S. N. Sukmi, Y. A. Syaibani, & Z. M. Muktaf, Eds.). Karanganyar : Lindu Pustaka.

Ida Ri’aeni, Musiam Suci, Mega Pertiwi, & Tias Sugiarti. (2019). Pengaruh Budaya Korea (K-Pop) Terhadap Remaja Di Kota Cirebon. Communications Journal, 1(1), 3–4.

Kemp, S. (2023). The Changing World of Digital in 2023. We Are Social. Wearesocial.com. https://wearesocial.com/id/blog/2023/01/the-changing-world-of-digital-in-2023-2/

Kriyantono, R. (2021). TEKNIK PRAKTIS RISET KOMUNIKASI KUANTITATIF DAN KUALITATIF Disertai Contoh Praktis Skripsi, Tesis, dan Disertasi Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran (2nd ed., Vol. 9). Kencana.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36 (36th ed.). PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Wulan, D. A. N. (2023). Pelajar Pria Dicibir Gegara Nari Jaipong, Sejak Kapan Seni Tari Hanya Untuk Perempuan? Suara.Com. https://www.suara.com/lifestyle/2023/10/17/135533/pelajar-pria-dicibir-gegara-nari-jaipong-sejak-kapan-seni-tari-hanya-untuk-perempuan#goog_rewarded

Zikri Fachrul Nurhadi, Novie Susanti Suseno, & Ade Sujana. (2019). Model Komunikasi Tentang Presentasi Diri Grup K-POP Cross Cover Dance Grup EX(SHIT). Commed: Jurnal Komunikasi Dan Media, 4(1), 49–50.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >> 

Similar Articles

<< < 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.