Pemanfaatan Media Sosial (Youtube) Yang Digunakan Beauty Vlogger Dalam Mengedukasi Viewer

Main Article Content

Lestri Fitirah
Gufroni Sakaril

Abstract

Youtube merupakan wadah yang saat ini dimanfaatkan oleh konten creator untuk menuangkan segala ide dan kreativitasnya. Dengan Youtube lahir beragam konten creator yang salah satunya adalah beauty vlogger. Beauty vlogger merupakan sebutan untuk pembuat konten berupa video yang fokus pada dunia kecantikan. Kehadiran beauty vlogger saat ini digemari oleh para wanita. Beauty vlogger berbagi pengetahuan dan informasi seputar kecantikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat yang diberikan dari adanya kehadiran Youtube terhadap beauty vlogger dalam mengedukasi viewers. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini media sosial yang merupakan media online di mana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan menciptakan konten baik itu blog, social network atau jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dimana objek penelitian yakni media sosial Youtube. Subyek penelitian yaitu beauty vlogger dan viewers. Hasil kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bawa fungsi media sosial yang paling dominan adalah fungsi informasi, dimana fungsi ini sekaligus berfungsi untuk mengedukasi viewers.

Article Details

How to Cite
Fitirah, L., & Sakaril, G. (2018). Pemanfaatan Media Sosial (Youtube) Yang Digunakan Beauty Vlogger Dalam Mengedukasi Viewer. Koneksi, 1(2), 455–459. https://doi.org/10.24912/kn.v1i2.2022
Section
Articles

References

Ardianto, Elvinaro. dkk. (2011). Handbook Of Public Relation. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Hamid, Usman. (2014). Dinamo: Digital National Movement. Yogyakarta: PT. Bentang Pustaka.

Irawan, Pramadafi. (2014). Internet dan Fenomena Bangkitnya Peran Aktor Non Negara. Jurnal Komunikasi, 6, 3, 62.

Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media Bandung.

Nurjaman, Kadar., & Khaerul Umam. (2012). Komunikasi dan Public Relation. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Saebani, Beni Ahmad. (2008). Metode Penelitian. Bandung: CV. Pustaka Setia Bandung.

Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metodologi Penelitian: Lengkap, Praktis dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustakabarupress.

Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.