Komunikasi Interpersonal dan Komunikasi Antarbudaya di Antara Pasangan Suami Istri Berbeda Kewarganegaraan

Harlyn Yolanda, Eko Harry Susanto
| Abstract views: 139

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai komunikasi interpersonal pada pernikahan berbeda kewarganegaraan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari teori-teori yang berkaitan dengan komunikasi antara lain fungsi komunikasi, hambatan komunikasi, komunikasi interpersonal, tujuan dan fungsi komunikasi interpersonal, hambatan komunikasi interpersonal, komunikasi verbal dan nonverbal, komunikasi antarbudaya, tujuan dan fungsi komunikasi antarbudaya, hambatan komunikasi antarbudaya dan pernikahan campuran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer berupa hasil observasi penulis dan informasi yang diperoleh dari hasil wawancara dengan tiga pasangan suami istri berbeda kewarganegaraan sebagai key informant. Sedangkan data sekunder berupa data yang diperoleh dari buku dan sumber lain termasuk dari internet. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, penelusuran data online dan studi kepustakaan. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa terjadi hambatan komunikasi dalam pernikahan pasangan berbeda kewarganegaraan. Hambatan komunikasi meliputi perbedaan bahasa dan pola pikir, sehingga membutuhkan penyesuaian diri dari masing-masing pasangan suami istri berbeda kewarganegaraan. 

Keywords

komunikasi interpersonal, komunikasi antarbudaya, pernikahan beda kewarganegaraan

References

Devito, Joseph. A. (2011). Komunikasi Antarmanusia. Tanggerang: Karisma Publishing Group.

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencan Prenada Media Group.

Nazir, Mohammad. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Samovar, L. A., Porter, R. E., & Daniel, E. R. (2014). Komunikasi Lintas Budaya. Jakarta: Salemba Humanika.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Eko Harry. (2010). Komunikasi Manusia: Esensi & Aplikasi Dalam Dinamika Sosial Ekonomi Politik. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Turner, L. H., & West, R. (2008). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi Edisi ke-3. Jakarta: Salemba Humanika.

Copyright (c) 2018 Koneksi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.