Analisis Semiotika Pesan Afirmasi pada Lirik Lagu DAY6 ‘Marathon’

Main Article Content

Cindy Cindy
Lusia Savitri Setyo Utami

Abstract

Song lyrics can be an effective communication medium to convey affirmation messages. Affirmation is needed in everyday life, as many people, especially the younger generation, often feel anxious or worried due to pressure from the surrounding environment. This research aims to find out and describe the affirmation message represented in the lyrics of the song 'Marathon.' This research uses mass communication, song lyrics, popular culture, affirmation messages, and semiotic analysis. The research used a qualitative approach using Ferdinand de Saussure's semiotic analysis method. The results of this study show the representation of affirmation messages in the lyrics of the song 'Marathon' in developing positive thoughts, increasing self-confidence and self-belief, and increasing calmness.
 
Lirik lagu dapat menjadi media komunikasi yang efektif untuk menyampaikan pesan afirmasi. Afirmasi dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari melihat banyaknya masyarakat terutama generasi muda yang sering merasa cemas atau khawatir akibat tekanan dari lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pesan afirmasi yang direpresentasikan dalam lirik lagu ‘Marathon’. Penelitian ini menggunakan konsep komunikasi massa, lirik lagu, budaya populer, pesan afirmasi, dan analisis semiotika. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan dilakukan dengan menggunakan metode analisis semiotika Ferdinand de Saussure. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya representasi pesan afirmasi pada lirik lagu ‘Marathon’ dalam mengembangkan pikiran positif, meningkatkan kepercayaan diri dan keyakinan diri, serta meningkatkan ketenangan.

Article Details

How to Cite
Cindy, C., & Utami, L. S. S. (2024). Analisis Semiotika Pesan Afirmasi pada Lirik Lagu DAY6 ‘Marathon’. Koneksi, 8(2), 286–294. https://doi.org/10.24912/kn.v8i2.27543
Section
Articles
Author Biographies

Cindy Cindy, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Lusia Savitri Setyo Utami, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Aji, P. T., & Rizkasari, E. (2021). Efektifitas Terapi Afirmasi Positif dan Relaksasi Terhadap Penurunan Tingkat Stres pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sinetik, 4(2), 196–208. https://doi.org/10.33061/js.v4i2.6716

Alam, S., & Nyarimun, A. J. (2017). Musik K-Pop Sebagai Alat Diplomasi Dalam Soft Power Korea Selatan. International & Diplomacy, 3(1), 75–100. https://isip.usni.ac.id/jurnal/5%20Syafril%20Alam%20dan%20Ansgrasia%20Jenifer%20Nyarimun.pdf

Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150. https://journal.ummat.ac.id/index.php/historis/article/view/3432

Aulia, E. I. (2022). Pesan Moral dalam Lirik Lagu (Analisis Semiotika Lirik Lagu RAN featuring Hindia dan Endah N Rhesa) [Undergraduate Thesis, Universitas Indonesia Islam Yogyakarta]. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/41609/18321066.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Cahya, S. I. A., & Sukendro, G. G. (2022). Musik sebagai Media Komunikasi Ekspresi Cinta (Analisis Semiotika Lirik Lagu “Rumah ke Rumah” Karya Hindia). Jurnal Koneksi, 6(2), 246–254. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/kn.v6i2.15565

Cohen, G. L., & Sherman, D. K. (2014). The Psychology of Change: Self-Affirmation and Social Psychological Intervention. Annual Review of Psychology, 65, 333–371. https://doi.org/10.1146/annurev-psych-010213-115137

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif (1st ed.). Wal Ashri Publishing.

Kustiawan, W., Siregar, F. K., Alwiyah, S., Lubis, R. A., Gaja, F. Z., Pakpahan, N. S., & Nurhayati. (2022). Komunikasi Massa. Analytica Islamica, 11(1). http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/article/view/11923

Prasetya, R. (2020, November 7). 7 Rekomendasi Lagu Pop Indonesia yang Bisa Menjadi Afirmasi Positif. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/reynalprasetya/5fa68e35d541df5781746d32/7-rekomendasi-lagu-pop-indonesia-yang-bisa-menjadi-afirmasi-positif?page=1&page_images=1

Purwa, N. A. I. P. (2019). Lagu Sebagai Media Kritik Sosial (Analisis Isi Pesan Kritik Sosial Pada Lirik Lagu Karya A. Muhibbin) [Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta]. https://eprints.ums.ac.id/77799/3/naskah%20publikasi-65%20nofanda.pdf

Tjahjadi, K. (2022, August 15). 5 Alasan Afirmasi Positif Penting bagi Milenial dan Gen Z. IDN Times. https://www.idntimes.com/life/inspiration/khariton-tjahjadi/afirmasi-positif-c1c2-1?page=all

Utami, L. S. S., & Winduwati, S. (2020). Fandom and Voluntary “ARMY”: Case Study on BTS Fans in Indonesia. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 570, 876–883. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201209.105

Wahiddah, S. A. N., & Julia, J. (2022). Afirmasi Positif : Booster untuk Meminimalisir Hambatan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(2), 189–199. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i2.50910

Yuliarti, M. S. (2015). Komunikasi Musik: Pesan Nilai-Nilai Cinta dalam Lagu Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 189–198. https://doi.org/10.24002/jik.v12i2.470