Analisis Posisi Perempuan yang Bekerja Sebagai Sales Promotion Girl pada Acara GIIAS 2017

Jennifer Jennifer, Wulan Purnama Sari

Abstract


Sales Promotion Girl merupakan suatu profesi dalam pemasaran atau promosi suatu produk. Profesi ini biasanya menggunakan perempuan dengan karakter fisik yang menarik sebagai usaha untuk menarik perhatian konsumen. Perempuan yang bekerja sebagai Sales Promotion Girl otomotif pada acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 hanya sebagai pemanis atau pelengkap dan daya tarik pengunjung untuk melihat produk yang sedang dipamerkan. Profesi sebagai Sales Promotion Girl memiliki stigma negatif ataupun stereotip negatif dari pengunjung yang mayoritas laki-laki ataupun lingkungannya dan dari sebagian besar masyarakat. Stigma negatif atau stereotip negatif terhadap Sales Promotion Girl adalah genit, murahan, “bisa dipakai”, tidak berpendidikan. Sales Promotion Girl sering mendapat pelecehan komunikasi secara verbal atau non verbal dari pengunjung laki-laki seperti dicolek atau perkataan yang tidak pantas. Penelitian ini mengkaji tentang perempuan, khususnya perempuan yang bekerja sebagai Sales Promotion Girl pada acara GIIAS 2017. Penelitian dilakukan untuk menganalisis posisi perempuan yang bekerja sebagai Sales Promotion Girl pada acara GIIAS 2017. Penelitian menggunakan metode kualitatif, data diperoleh melalui wawancara dari tiga narasumber dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi Sales Promotion Girl hanya sebagai pemanis atau pelengkap dan daya tarik pengunjung.


Keywords


sales promotion girl, komunikasi, stereotip dan stigma, pengunjung, GIIAS 2017

References


Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Gunawan, Imam. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

https://otomotif.kompas.com/read/2017/08/21/180100915/hampir-2.000-mobil-laku-per-hari-di-pameran diakses pada tanggal 10 Juli 2018

https://www.merdeka.com/ diakses pada tanggal 5 Januari 2018

Koesoemo, A. Doni. Pendidikan Karakter (Strategi Mendidik Anak di Zaman Global). Jakarta: Grasindo.

Mulyana, Dedi. (2009). Ilmu Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Dedi. (2014). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Cetakan Ke-18. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Poerwadarminta, W.J.S. (2003). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Samovar, Larry A., Porter, Richard E., McDaniel, & Edwin R. (2010). Komunikasi Lintas Budaya. Jakarta: Salemba Humanika.

Sari, Lita Nurpuspita. (2015). Potret Perilaku Sosial Sales Promotion Girl Rokok Di Mata Masyarakat Kelurahan Benua Melayu Darat Kota Pontianak. Jurnal Komunikasi.




DOI: http://dx.doi.org/10.24912/kn.v2i1.2433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Our Journal Indexed by:

 

Reference Management Tool:


 ========================================================================================

Creative Commons License

KN by http://journal.untar.ac.id/index.php/koneksi  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

========================================================================================

   

Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara Jln. S. Parman No:1 Lantai 11 Gedung Utama Jakarta Barat: 11440
Phone : 021-5671747 (hunting)
Fax : 021-56958736, 56044

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats