Harga Diri dan Kepercayaan Diri terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa
Main Article Content
Abstract
Interpersonal communication skills are important skills that every individual carries out in their daily lives. Interpersonal communication skills can be linked to self-esteem and self-confidence. This study was conducted to meet the curiosity of Taruna Bangsa Sentul High School teachers about what causes students to have difficulty communicating their ideas and opinions. This study intends to analyse the effect of self-esteem and self-confidence on the interpersonal communication skills of Taruna Bangsa Sentul High School students. This research uses survey techniques with a quantitative approach. This study took 88 respondents who were students of Taruna Bangsa Sentul High School. Sample withdrawal is done with a non-probability sampling technique. The achievement is to show the influence of self-esteem and self-confidence on the interpersonal communication skills of Taruna Bangsa Sentul High School students. Thus, students of SMA Taruna Bangsa Sentul need to improve their self-esteem and self-confidence first to be able to improve interpersonal communication skills.
Kemampuan komunikasi interpersonal merupakan kemampuan penting yang dilaksanakan tiap individu dalam kesehariannya. Kemampuan komunikasi interpersonal dapat dikaitkan dengan harga diri dan kepercayaan diri. Penelitian ini dilakukan untuk memenuhi rasa keingintahuan guru SMA Taruna Bangsa Sentul mengenai hal yang menyebabkan siswa dan siswinya mengalami kesulitan dalam mengomunikasikan ide dan pendapatnya, sehingga penelitian ini bermaksud untuk menganalisis pengaruh harga diri dan kepercayaan diri pada kemampuan komunikasi interpersonal siswa – siswi SMA Taruna Bangsa Sentul. Penelitian ini menggunakan teknik survei dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini mengambil responden sebanyak 88 responden yang merupakan siswa – siswi SMA Taruna Bangsa Sentul. Penarikan sampel dikerjakan dengan teknik non-probabillity sampling. Capaiannya ialah memperlihatkan adanya pengaruh harga diri dan kepercayaan diri pada kemampuan komunikasi interpersonal siswa SMA Taruna Bangsa Sentul. Dengan demikian, siswa SMA Taruna Bangsa Sentul perlu meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri terlebih dahulu untuk bisa meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Koneksi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka cipta.
Creswell, J. W. (2017). Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. (Edisi Ketiga). Pustaka Pelajar.
Elviana, N. (2022). Pengaruh Terapi Hipnotis Lima Jari Terhadap Tingkat Depresi Pada Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Padang Tahun 2022. (Tesis Diploma, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Alifah Padang). http://repo.stikesalifah.ac.id/id/eprint/383
Fadhilla, M. (2018). Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN 130 Batununggal Sekelimus Kota). (Skripsi S1, FKIP UNPAS). http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35968
Harapan, E., & Ahmad, S. (2022). Komunikasi Antarpribadi: Perilaku Insani dalam Organisasi Pendidikan. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=0955EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=pendidikan&ots=22P999DJrU&sig=rqMCArEEknqbbV8eb8qVANq-0u0
Huda, I. A. (2020). Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125. https://dx.doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622
Irawan, S. (2017). Pengaruh Konsep Diri terhadap Komunikasi Interpersonal Mahasiswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 39-48. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p39-48
Kvintová, J., & Cakirpaloglu, S. D. (2019). Self-Esteem, Social Network Use and Life Satisfaction Among College Students of Generation XY and Z. ICERI2019 Proceedings. 5527–5532. https://doi.org/10.21125/iceri.2019.1324
Murniarti, E. (2019). Pengertian Komunikasi, Pengaruh Komunikasi Terhadap Perilaku Organisasi, Bagaimana Komunikasi Terjadi, Dan Pendekatan Komunikasi Organisasi. (Buku, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UKI Jakarta). http://repository.uki.ac.id/id/eprint/2895
Pribadi, E. A., & Erdiansyah, R. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Harga Diri terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal Remaja di Jakarta. Koneksi, 3(2), 453-462. https://doi.org/10.24912/kn.v3i2.6454
Sahrina, S., Syarifudin, A., & Darmawan, C. (2021). Pengaruh Komunikasi Interpersonal terhadap Self- Esteem Korban Body Shaming: Studi Kasus. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 10(1), 207–215. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v10i1.8785
Sareong, I. P., & Supartini, T. (2020). Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMA Kristen Pelita Kasih Makassar. Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 29. https://doi.org/10.25278/jitpk.v1i1.466
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & R&D. Alfabeta.
Suhron, M. (2016). Konsep Diri Self Esteem. Unmuh Ponorogo Press.
Suprihatin, T. (2018). Dampak Pola Asuh Orang Tua Tunggal ( Single Parent Parenting ) Terhadap Perkembangan Remaja. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Unissula, 145–160. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/psnpu/article/view/3796
Yolanda, W., Hadi, I., Susilowati, E., Novalia, A., Eka, A., Jabaruddin, I., Lusiana, N., & Novi, E. (2021). Kepercayaan Diri dan Kesadaran Diri Terhadap Komunikasi Interpersonal dan Pengembangan Karir. Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 10. https://doi.org/10.21009/JPPP.102