Pengaruh Motif Penggunaan Media dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pembaca Detikcom

Elsa Susanto, Rezi Erdiansyah

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh motif dan kualitas informasi terhadap kepuasan pembaca Detikcom. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification, motif penggunaan media, kualitas informasi dan kepuasan. Detikcom adalah sebuah portal web yang berisi artikel online di Indonesia. Pendekatan yang digunakan untuk penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunduh detikcom dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 orang dan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini denggan menggunakan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil bahwa secara parsial atau simultan, motif dan kualitas informasi berpengaruh terhadap kepuasan pembaca detikcom. Pada dimensi motif, indikator motif informasi merupakan indikator yang paling banyak dipilih oleh responden sedangkan pada dimensi kualitas informasi, indikator relevansi berita merupakan indikator yang paling banyak dipilih oleh responden. Variabel yang lebih berpengaruh terhadap kepuasan merupakan variabel kualitas informasi. Persentase kepuasan yang didapatkan responden dalam penelitian terhadap detikcom adalah sebesar 74,23%.

Keywords


motif; kualitas informasi; berita online; kepuasan

Full Text:

PDF

References


Ahmadi dan Hermawan. (2013). E-Business & E-Commerce. Yogyakarta: Andi.

_____________. (2015). Strategi Pemasaran (Edisi 4). Yogyakarta: Andi.Ardianto, Karlinah, & Komala. (2005). Komunikasi Massa Suatu Pengantar, Cetakan kedua. Bandung: Simbiosa.

Assauri, Sofjan. (2012). Strategic Marketing (Cetakan satu, Edisi 1). Depok: RajaGrafindo Persada.

Azeharie, S., & Kusuma. (2014). Analisis Pengunaan Twitter Sebagai Media Komunikasi Selebritis di Jakarta. Jakarta: Universitas Tarumanagara.

Gerungan. (2009). Psikologi Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Ghozali, Imam. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro

Husein, Umar. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

McQuail, Dennis. (1991). Teori Komunikasi Massa. Jakarta : Erlangga.

Nisfiannoor. (2013). Pendekatan Statistika Modern Aplikasi Dengan Software SPSS dan E-Views. Jakarta: Universitas Trisakti.

O'Brien, James. (2005). Pengantar Sistem Informasi Perspektif Bisnis dan Manajerial. Jakarta: Salemba Empat

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sutabri, Tata. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi.

Tjiptono, Fandy. (2012). Strategi Pemasaran (Edisi 3). Yogyakarta: Andi.

https://www.alexa.com/siteinfo/detik.com

https://kbbi.kemdikbud.go.id/ entri/daring




DOI: http://dx.doi.org/10.24912/kn.v2i2.3898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal Indexed by:

 

Reference Management Tool:


 ========================================================================================

Creative Commons License

KN by http://journal.untar.ac.id/index.php/koneksi  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

========================================================================================

   

Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara Jln. S. Parman No:1 Lantai 11 Gedung Utama Jakarta Barat: 11440
Phone : 021-5671747 (hunting)
Fax : 021-56958736, 56044

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats