Pengungkapan Diri Pada Komunikasi Kelompok Akun Media Sosial

Main Article Content

Stefanos Lemuel Surja
Riris Loisa

Abstract

Media sosial telah diterima kehadirannya di masyarakat modern sebagai sarana untuk melakukan proses pengungkapan diri. Aktivitas pengungkapan diri seperti, menggunggah berbagai macam aktifitas  berupa  foto dan video, mengunggah lokasi, dan menulis status. Penelitian ini membahas tentang pengungkapan diri dalam jaringan pada komunikasi kelompok akun media sosial Universitas Jendral Soedirman Purwokerto. Paradigma yang dipakai peneliti adalah paradigma interpretatif. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi dan menggunakan jenis penilitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa hasil observasi, studi dokumen, studi pustaka, serta penelusuran data online. Teknik analisis data yang dipakai dengan menggunakan berbagai sumber data seperti dokumen, arsip, hasil observasi, dan mewawancarai lebih dari subjek yang dianggap memiliki sudut pandang yang berbeda. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti terhadap akun Path Mahasiswa Unsoed Purwokerto ditemukan adanya motif interaksi dan informasi yang berbeda-beda dalam hal pengungkapan diri.

Article Details

How to Cite
Surja, S. L., & Loisa, R. (2018). Pengungkapan Diri Pada Komunikasi Kelompok Akun Media Sosial. Koneksi, 1(2), 565–569. https://doi.org/10.24912/kn.v1i2.2042
Section
Articles

References

Mulyana, Deddy. (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Bungin, Burhan. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologi ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Devito, Joseph. (2009). Komunikasi Antar Manusia. Jakarta: Profesional Books

Dijk, Jan van. (2006). The Network Society (Second Edition). London: SAGE Publication, Ltd.

Diki, Andreas. (2010). Chickenstrip: Why Did The Chicken Browse The Social Media. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Gunawan, Imam. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Griffin, Emory A. (2003). A First Look At Communication Theory (5th Edtition). New York: Me Graw-Hill.

Hamidi. (2010). Metode Penelitian dan Teori Komunikasi (3rd Edition). Malang: Hamidi.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>