Proses Kreatif dalam Komik (Studi Komik Indie Dagingtumbuh dan Komik Industri Juki)

Main Article Content

Mariana Martha
Gregorius Genep Sukendro

Abstract

Komik telah menjadi salah satu media cetak yang cukup populer di kalangan masyarakat. Peredaran komik tersebut terbagi menjadi dua jenis, yakni komik indie dan komik industri. Objek penelitian yang dipilih adalah komik indie Dagingtumbuh dan komik industri Juki. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus dimana penulis harus memahami persoalan lapangan atau lokasi penelitian di internet yang juga didukung dengan melakukan wawancara mendalam dilakukan terhadap dua narasumber, yakni Eko Nugroho, pencetus komik Dagingtumbuh dan Faza meonk, pencetus komik Si Juki. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan proses kreatif yang dilakukan oleh komik indie dan komik industri dengan menggunakan teori komik dan kreativitas. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat cukup banyak perbedaan dari proses kreatif yang dilakukan, baik mulai dari pencarian ide, pembuatan komik, makna yang ingin disampaikan, hingga strategi promosi. Namun ternyata terdapat kesamaan persepsi akan kreativitas dan sumber inspirasi komik, yaitu fenomena yang terjadi di masyarakat. Keduanya memakai budaya urban di masyarakat untuk menjadi ide cerita. Adanya persamaan dan perbedaan tersebut membuat masing-masing genre komik mempunyai keunikannya sendiri.

Article Details

How to Cite
Martha, M., & Sukendro, G. G. (2018). Proses Kreatif dalam Komik (Studi Komik Indie Dagingtumbuh dan Komik Industri Juki). Koneksi, 1(2), 473–478. https://doi.org/10.24912/kn.v1i2.2026
Section
Articles

References

Fajarwati, Diana. (2011). Analisis Penerapan Prinsip-prinsip Good Corporate Governance di Lingkungan Internal Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog). Jakarta: Universitas Indonesia.

Gumira, Seno. (2011). Panji Tengkorak: Kebudayaan dalam Perbincangan. Bogor: Grafika Mardi Yuana.

Hawkins, Alma M. (2003). Moving From Within: A New Method for Dancing Making, diterjemahkan oleh I. Wayan Dibia, Bergerak Menurut Kata Hati. Jakarta: Ford Foundation dan MSPI.

Moleong, Lexy J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sukendro, G. Gregorius. (2016). Kreativitas Indonesia: Analisis Iklan Pariwisata Indonesia “Pesona Indonesia”. Jakarta: Untar.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>