Studi Komunikasi Antar Pribadi Perempuan Pengemudi dan Laki-Laki Pengemudi Transjakarta

Main Article Content

Anastasia Putri Yuniarti
Suzy Azeharie

Abstract

Sejak awal pengoperasian pada tahun 2004, Transjakarta sudah mempercayakan perempuan sebagai pengemudi. Pada tahun 2017, jumlah pengemudi Transjakarta didominasi oleh laki-laki dengan jumlah 540, dan perempuan sengan jumlah 35 orang. Penelitian ini dibuat dengan maksud untuk mengetahui bagaimana komunikasi antar pribadi yang terjalin antara perempuan pengemudi dengan laki-laki pengemudi Transjakarta. Sejumlah konsep yang dipaparkan dalam penelitian berupa komunikasi antar pribadi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan strategi fenomenologi. Analisis data diperoleh dari hasil wawancara dengan narasumber. Penelitian menyimpulkan bahwa komunikasi antarpribadi yang terjalin antara perempuan pengemudi dan laki-laki pengemudi Transjakarta bersifat informal. Komunikasi dilakukan pada saat bertemu langsung. Untuk menghindari kesalahpahaman antar keluarga laki-laki pengemudi dan perempuan pengemudi tidak berkomunikasi secara pribadi melalui telepon. Komunikasi antarpribadi yang terjalin antara perempuan pengemudi dengan laki-laki pengemudi Transjakarta mencapai tahap penetrasi sosial yang menghasilkan keterbukaan diri dan hubungan yang semakin dekat. Terdapat grup WhatsApp yang terdiri dari perempuan pengemudi dan laki-laki pengemudi Transjakarta yang hanya digunakan untuk keperluan kerja. Penelitian juga menemukan bahwa tidak terjadi diskriminasi terhadap perempuan pengemudi Transjakarta namun terdapat hambatan pada saat bekerja.

Article Details

How to Cite
Yuniarti, A. P., & Azeharie, S. (2018). Studi Komunikasi Antar Pribadi Perempuan Pengemudi dan Laki-Laki Pengemudi Transjakarta. Koneksi, 1(2), 231 –. https://doi.org/10.24912/kn.v1i2.1945
Section
Articles

References

Bungin, Burhan. (2013). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana

Cangara, Hafield. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Kuswarno, Engkus. (2008). Etnografi Komunikasi. Bandung: Widya Padjadjaran.

Loisa, Riris., & Yugih Setyanto. (2014). Penyingkapan Diri Melalui Internet Di Kalangan Remaja (Studi Komunikasi Antarpribadi). Jurnal Komunikasi 6(3), 31-43.

Ngalimun. (2017). Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar Komunikasi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.